Beauty

Menurut Dokter Kulit, Makanan Ini Dapat Mengurangi Jerawat

  by: Kissy Aprilia       31/12/2019
  • It’s a real talk. Cosmo yakin kalau kamu (lebih tepatnya kita semua) sudah mencoba berbagai obat jerawat, mulai dari facial wash, krim topikal, bahkan mencoba clean eating. Akan tetapi, jerawat tetap saja kembali muncul, bahkan menjadi semakin parah. Ada yang merasakan hal serupa?

    Menurut ahli dermatolog ternama, Dendy Engelman, MD, terdapat hubungan kuat antara kecantikan kulit dengan kesehatan usis. Racun di dalam usus dapat terlepas ke aliran darah dan menyebabkan peradangan ke seluruh tubuh, termasuk kulit. Karena itu, kamu memerlukan keseimbangan vitamin dan mineral untuk kulit yang lebih sehat. Ini yang kamu butuhkan:




    Probiotics



    Penelitian telah menemukan manfaat baik dan buruk dari bakteri strains. Orang dengan kulit bersih ternyata memiliki bakteri strains baik yang berfungsi menjadi pelindung, sementara orang yang berjeawat terinfeksi dengan bakteri strains buruk. Bakteri strains baik itu sendiri ditemukan dalam probiotik seperti yogurt dan kimchi, atau jenis makanan fermentasi lainnya. Kandungan ini bekerja mengontrol inflamasi dalam tubuh, yang artinya terhindar dari tumbuhnya jerawat.


    Kacang dan Biji-bijian

    Jenis superfood ini kaya akan asam lemak omega-3, vitamin A, B, dan E, lemak tak jenuh tunggal, mineral, dan antioksidan. Karena kepadatannya, kacang dan biji-bijian juga membantu melembapkan kulit, meningkatkan elastisitas, membantu regenerasi sel, dan melindungi dari radikal bebas. One for all!


    Buah





    Menurut dokter Engelman, sebagian besar buah tinggi akan vitamin A dan C, serta antioksidan powerful yang dapat memberikan nutirisi untuk kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan menjaga kulitmu tetap kenyal dan kencang. Dan antioksidan yang terkandung di dalam buah melindungi kulit dari radikal bebas; faktor peradangan kulit yang menyebabkan tumbuhnya jerawat.


    Alpukat

    Don’t stress! Kamu tetap diperbolehkan untuk mengonsumsi avocado toast yang sangat lezat untuk sarapan. Berkat kandungan lemak, protein, dan vitamin dalam buah hijau ini, kulitmu akan bebas dari dehidrasi, kondisi kulit yang memicu produksi kelenjar sebum miningkat. 


    Sayuran Hijau



    Perbanyaklah mengonsumsi bayam, kale, brokoli, dan semua sayuran hijau yang kamu benci saat kecil (mungkin sampai saati ini). Jenis makanan ini mengandung zat besi, asam lemak omega 3, vitamin A, B, dan E, yang berfungsi meningkatkan sistem imun. Say bye-bye to your favorite burger.


    (Kissy Aprilia, images: Lawrson Pinson on Unsplash)