Celebrity

Alasan MDL Beast Festival di Arab Saudi Kontroversial

  by: Shamira Priyanka Natanagara       29/12/2019
  • Jika kamu mengikuti beberapa model dan influencer di Instagram dan memerhatikan bahwa mereka sempat mengunjungi tempat yang sama pada awal minggu ini, then good for you—kamu memiliki keterampilan observasi yang tajam! Namun yang terlihat seperti sebuah liburan di luar negeri yang membuat para followers iri hati adalah festival MDL Beast di Riyadh, Arab Saudi—dan inilah alasan mengapa festival tersebut kontroversial.

    Arab Saudi telah berkali-kali dikritik karena kerap tidak memenuhi hak asasi manusia masyarakatnya. Dikutip dari Washington Post, pada Maret 2019 Arab Saudi ditegur di Dewan Hak Asasi Manusia PBB terkait kurangnya kebebasan dan hak yang negara tersebut berikan pada rakyatnya, seperti masalah pelecehan seksual dan kejahatan terhadap perempuan, serta membungkam kebebasan berpendapat.

    Oleh karena itu, ketika Diet Prada menegur para selebriti, termasuk Irina Shayk dan Scott Disick, yang hadir di festival MDL Beast Festival pada weekend lalu, banyak warganet kecewa. Berikut adalah seluruh hal yang kamu perlu ketahui tentang drama terkait festival tersebut dan mengapa acara tersebut kontroversial untuk dikunjungi influencer di tahun 2019.





    Apa itu MDL Beast Festival?

    Menurut situs resmi festival tersebut, "MDL Beast adalah festival yang berlangsung selama tiga hari untuk menyatukan yang terbaik dalam musik elektronik, seni pertunjukan, dan kuliner—berlokasi tak jauh dari Riyadh." Festival ini menampilkan kombinasi bakat Arab dan internasional dan menghadirkan penampilan imersif dan visual spektakuler kepada para hadirin. Festival tersebut pun menawarkan butik luks agar para hadirin dapat berbelanja di antara pertunjukan.




    Siapa saja yang hadir di MDL Beast Festival?

    Hampir seluruh seleb dan influencer terkenal, dan ini bukan pernyataan yang berlebihan—Joan Smalls, Elsa Hosk, Armie Hammer, Ryan Philippe, Ed Westwick, Luka Sabbat, Olivia Culpo, Winnie Harlow, Wilmer Valderrama, Alessandra Ambrosio, Sofia Richie, Scott Disick, dan Irina Shayk, dan masih banyak lagi.



    Berapa jumlah bayaran para seleb dan influencer untuk menghadiri festival ini?

    Menurut laporan Diet Prada, beberapa sumber anonim mengungkapkan bahwa para influencers ditawarkan bayaran enam digit untuk menghadiri MDL Beast Festival dan mengunggah konten di Instagram dengan geo tag. Ini menjelaskan mengapa hampir semua yang menghadiri festival ini tidak menggunakan ciri khas posting yang disponsori, seperti '#ad'. 



    Mengapa para seleb dan influencer diundang ke MDL Beast Festival?

    Pada Oktober kemarin, media Inggris The Guardian menerbitkan sebuah artikel yang mengklaim Arab Saudi sedang melakukan kampanye untuk memperbaiki citra negara. Bagian dari rehabilitasi citra tersebut termasuk mengundang influencers ke Arab Saudi untuk membuat negara tersebut tampak lebih asyik dan menyenangkan untuk para turis (terutama turis dari negara Barat) yang melihat Arab Saudi secara negatif.

    "Pemerintah Arab Saudi banyak berinvestasi untuk merekonstruksi citra negara, apalagi setelah pembunuhan Jamal Khashoggi, wartawan Arab Saudi yang dibunuh di konsulat Arab di Turki," ujar Dr. Raihan Ismail, seorang dosen pengajar studi Arab dan Islam di Australian National University.

    "Jika seseorang pergi ke Arab Saudi dan melihat segala perubahan yang terjadi di Arab Saudi dan melihat bagaimana beberapa [orang] Arab, terutama yang [berusia] muda, sedang menikmati [waktu], tentu saja mereka akan berkata, 'Ini bagus, negara Arab sedang meliberalisasi.' Namun di sisi lain, kami berurusan dengan negara yang sangat represif," tambahnya.





    Apa saja peristiwa kontroversial lainnya yang pernah terjadi di Arab Saudi?

    • Tahun lalu, jurnalis Washington Post Jamal Khashoggi dibunuh secara brutal. Khashoggi adalah pembangkang Arab (seseorang yang menantang kebijakan dan/atau doktrin yang telah ditetapkan) yang terakhir kali terlihat mengunjungi konsulat Arab di Istanbul, Turki; dipercayai bahwa ia dibunuh oleh keluarga kerajaan Arab. Ketika festival berlangsung, dibuat keputusan mengenai sekitar lima pria yang akhirnya dihukum mati akibat pembunuhan Khashoggi.
    • Pada bulan Agustus, Loujain al-Hathloul, seorang aktivis hak wanita yang sedang dipenjara di Arab Saudi, ditawarkan kesempatan untuk mengadvokasi untuk hak-hak wanita hanya jika ia merekam video pernyataan bahwa tidak disiksa selama di penjara. Ia menolak.
    • Beberapa hari yang lalu, Twitter harus menghapus 88.000 akun dari platform mereka karena semua akun tersebut terkait dengan kampanye disinformasi pemerintah Arab Saudi. Akun-akun tersebut, menurut Twitter, secara agresif "Like, retweet, dan reply untuk meperkuat pesan-pesan yang menguntungkan bagi pemerintah Arab Saudi."


    Bagaimana reaksi orang-orang terhadap seleb dan influencer yang menghadiri MDL Beast Festival?

    Well, not good.







    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan US / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Images: Dok. Instagram)