Fashion

Sustainable! Loungewear Cloth Inc Ini Berbahan Fiber TENCEL™

  by: Shamira Priyanka Natanagara       4/12/2020
  • Mungkin selama ini kamu belum menganggap sleepwear atau loungewear sebagai sebuah prioritas—rasanya kurang butuh piyama jika bisa pakai item lain dari lemari pakaian untuk bersantai-santai, kan? Namun berkat pandemi ini, rasanya tidak sedikit orang mulai melirik kembali sleepwear dan loungewear. We get it, though. Kebanyakan aktivitas kini berlangsung di rumah, mulai dari kerja, menghibur diri, hingga beristirahat, maka lebih banyak orang menginginkan pakaian yang multifungsi: nyaman digunakan di rumah, tapi tetap tampak stylish dan rapi, seperti koleksi pakaian rumah persembahan Cloth Inc.

    Label fashion yang telah berdiri sejak 2012 ini menghadirkan koleksi loungewear bernuansa minimalis, tentunya dengan desain yang apik agar kamu bisa tetap terlihat ready meski beraktivitas di rumah saja. Dan yang membuat Cosmo semakin tertarik adalah bahannya—semua pakaian dalam koleksi ini terbuat dari bahan fiber TENCEL™ Lyocell yang sustainable.





    About sustainable fashion

    Menurut laporan dari UN Environment Programme dan Ellen MacArthur Foundation, disadur dari World Bank Group, 20% air limbah di dunia berasal dari pewarnaan dan produksi kain, dan industri fesyen sendiri merupakan penghasil 10% dari emisi karbon dioksida dunia. Yes, proses produksi pakaian-pakaian yang melengkapi penampilan kita sehari-hari berkontribusi dalam jumlah emisi karbon dioksida tersebut, ditambah lagi 85% tekstil dibuang setiap tahunnya, menurut World Economic Forum. Kesimpulannya: fashion berisiko terhadap Bumi. Dan oleh karena itulah sekarang adalah waktunya untuk mulai beralih ke sustainable fashion.




    About the material

    Sebanyak 78% material koleksi loungewear Cloth Inc ini terbuat dari TENCEL™ Lyocell, yakni serat yang berasal dari sumber kayu terbarukan yang diolah menjadi pulp kayu, yang lalu diolah lagi menjadi serat selulosa. It’s renewable, dan prosesnya pun bertanggung jawab terhadap lingkungan. Serat TENCEL™ Lyocell melalui proses produksi closed loop yang minim dampak buruk terhadap Bumi, dengan tingkat pemulihan yang telah mencapai lebih dari 99%, lho! 

    Selain itu, fiber TENCEL™ ini juga dapat terurai secara alami alias biodegradable. Oleh karena itu, penggunaan fiber ini dapat mengurangi kerugian yang disebabkan industri fesyen terhadap planet kita.

    Nah, dan yang paling penting: material loungewear Cloth Inc ini ramah pada kulit! Selain ramah pada kulit, fiber TENCEL™ Lyocell memiliki kemampuan untuk mengatur panas agar dan penyerap kelembapan yang efisien, sehingga dapat membuat tidurmu semakin nyaman serta tidak mendukung pertumbuhan bakteri. Terutama mengingat Indonesia beriklim tropis, bahan loungewear yang sejuk ini cocok untuk digunakan sehari-hari agar tubuh terus terasa adem.




    About the design

    Gaya khas Cloth Inc ialah desain yang minimalis dan effortless. Kamu yang menggemari pakaian bernuansa simpel tentu akan menyukai warna loungewear Cloth Inc yang hadir dalam dua varian warna basic: hitam dan krem. Soal desain, Cosmo rasa koleksi ini berfungsi lebih dari pakaian rumah saja—modelnya yang cukup sleek dan terlihat semi-formal bahkan cocok untuk dipakai saat menghadiri rapat online. And yet, it still feels super comfortable!

    Tidak percaya? Mari kita tengok pilihan loungewear Cloth Inc yang berbahan sustainable dari TENCEL™ berikut ini:


    The Collection


    Emma Pyjama Set — Tersedia dalam warna hitam dan krem, setelan piyama ini sungguh apik. Atasannya yang dilengkapi kerah langsung membuatmu tampak lebih rapi, dan bawahannya yang pendek sejuk untuk menemanimu beraktivitas di rumah.





    Jade Shift DressWhen in doubt, put on a little black dress. Kamu bisa memakai shirtdress hitam simpel ini untuk bekerja, menyiram koleksi indoor plants, mengajak anjing peliharaan jalan sore di sekitar rumah, bahkan untuk bermalas-malasan di sofa pun super nyaman! 



    Louise Shorts — Celana pendek nyaman yang bisa dipadu padan dengan atasan apapun. Versatility and comfort is key!



    Square Neck TankSaat merasa gerah, atasan tanpa lengan ini bisa menyelamatkanmu. Modelnya yang loose pun bisa membuatmu merasa lebih sejuk. 



    Luke OuterUpgrade pakaian rumahmu dengan outer ini! Coba pasangkan dengan Square Neck Tank, dan bisa juga dengan T-shirt atau tank top manapun yang kamu punya agar tampak lebih rapi saat harus meeting mendadak.


    Pelajari lebih lanjut kampanye sustainable fashion #FeelsSoRight oleh TENCEL™ yang diikuti oleh beberapa label fesyen, termasuk Cloth Inc.

    Kamu bisa melihat dan mendapatkan koleksi loungewear Cloth Inc yang berbahan TENCEL™ Lyocell di situs resmi Cloth Inc. Harga dimulai dari Rp199.000,- hingga Rp299.000,-.


    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Rhani Shakurani / Images: Dok. Cloth Inc, TENCEL™)