Love & Sex

10 Cara untuk Membangun Rasa Percaya dalam Hubungan Cinta

  by: Givania Diwiya Citta       1/12/2020
  • Rahasia dari hubungan yang langgeng adalah berdasar pada rasa percaya, itulah lem yang rapuh namun sekaligus kuat yang bisa merekatkan suatu pasangan. Membangun rasa percaya mungkin bisa menjadi hal paling berat untuk dilakukan ketika kamu baru saja memulai sebuah hubungan, tapi justru akan lebih menantang lagi ketika kamu dan si dia sudah menjalani hubungan tersebut bersama.-sama. 


    Arfeen Khan, life coach bagi para bintang Bollywood seperti Hrithik Roshan, berujar, “Membangun rasa pecaya itu seperti memahat. Rasa percaya hanya akan terjadi ketika kamu berubah dari AKU menjadi KITA. Orang-orang yang masih selalu berfokus pada ‘aku’ akan selalu berakhir menyabotase kehidupan mereka tapi selalu mencari apa yang masih kurang baginya. Sementara orang-orang yang sudah bisa berfokus pada orientasi ‘kita’ akan berusaha untuk membangun sesuatu bersama-sama dengan pola pikir yang jernih.” 




    Satu-satunya cara untuk meraih hubungan emosional yang intim dan langgeng adalah lewat rasa percaya. Arfeen pun membagikan daftar tip efektif yang akan membantu kamu membangun rasa percaya, merasa dicintai, dihormati, dan yang paling penting, merasa aman dan utuh.




    1. Bangun kerangka hubungan kalian. Pahamilah alasan mengapa kalian bisa bersama dan pastikan bahwa alasan-alasan ini valid.


    2. Hormati definisi asli dari cinta. Semakin kamu bisa membangun rasa menghormati di antara kalian, maka cinta yang bertumbuh akan semakin besar. Seseorang bukannya bisa kehilangan rasa cintanya; namun mereka kehilangan rasa hormat terhadap pasangannya. Definisikan apa yang membuat kalian masing-masing merasa tak dihormati, dan sepakatilah untuk tidak menggunakan hal tersebut sebagai senjata kepada satu sama lain.


    3. Jangan ekspektasi bahwa romansa seperti di film-film yang melibatkan tarian dan nyanyian itu nyata. “Ubah ekspektasi kamu tentang hubungan dan romansa jadi lebih realistis. Romansa yang sejati itu adalah hasil dari rasa hormat dan percaya serta kebebasan dalam berekspresi,” ujar Arfeen.



    4. Berekspresi itu menjadi lem yang akan merekatkan hubungan; jadi jika kamu merasa takut untuk berbicara tentang sesuatu pada si dia, maka akan ada hal yang berjalan salah di masa depan.




    5. Jangan pernah menyerang keluarga masing-masing, itu adalah tanda paling signifikan yang memicu rasa tidak hormat.


    6. Hubungan yang hebat artinya bisa menjernihkan pikiran serta tubuh yang sehat. Saat kalian tetap merawat diri sendiri masing-masing, maka itu akan membantu menjaga gairah dalam hubungan tetap hidup.


    7. Beri ruang bagi satu sama lain, tapi bukan beri ‘jarak’. Ruang artinya kalian berdua harus bisa menikmati hal-hal yang kalian masing-masing senang lakukan, meski itu tak melibatkan si dia. Cinta itu bukanlah selalu tentang menempel bersama terus; itu justru akan memicu kebosanan dalam hubungan.


    8. Kalian berdua akan berubah dalam arti apapun itu, bahkan tentang hal-hal yang tak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Terimalah. Orang-orang bisa berubah, dan justru bersiaplah akan hal itu; berubah adalah sifat alami milik manusia.



    9. Kalian berdua pasti akan berargumen, memperjuangkan suatu hal antara satu sama lain. Bahkan terkadang ada pertengkaran yang terlibat, tapi bertengkar bukanlah tentang melukai atau menang atas sesuatu; ini adalah tentang progres.


    10. Semakin cepat kamu bisa MEMAAFKAN, maka hubungan kamu akan jadi lebih kuat. Belajarlah untuk minta maaf pada satu sama lain sebelum hari berganti jadi baru.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.in / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Image: Olya Kobruseva from Pexels / Chirag Mohanty Samal)