Better You

7 Seleb Ini Hobi Golf, Mari Intip Manfaatnya untuk Kesehatan

  by: Shamira Priyanka Natanagara       1/12/2020
  • Psst… Memperhatikan asupan nutrisi agar sistem imun tubuh tetap terjaga saja belum cukup untuk membuat tubuh tetap fit, lengkapi juga rutinitas kesehatanmu dengan rajin berolahraga! Sesuai saran National Health Service UK, orang-orang yang berusia 19 hingga 64 tahun sebaiknya berolahraga dengan intensitas sedang setidaknya 150 menit per minggu, atau sama dengan 75 menit olahraga intensitas tinggi per minggu. Mungkin akhir-akhir ini kamu kurang semangat berolahraga, tapi justru rutin menggerakkan tubuh bisa terasa refreshing… apalagi jika dilakukan di luar ruangan. 

    Beberapa orang telah memilih yoga untuk workout di rumah, ada pula yang menjadikan bersepeda sebagai hobi baru di tengah pandemi ini. Dan kalau kamu ingin menjaga kebugaran tubuh sekaligus menghirup udara segar, kamu bisa mencoba bermain golf! Mungkin selama ini kamu menganggap golf adalah aktivitas yang, err, kurang ~menguras keringat~, tapi sebenarnya olahraga ini memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan (dan bahkan digemari sejumlah seleb!). 

     



    Golf for Your Heart

    Gerakan yang dilakukan saat bermain golf tidak terlalu banyak—kamu hanya perlu squat dan mengayunkan tongkat golf agar bola golf bisa sampai pada lubang sasaran. No running, no lifting. So, bagaimana golf bisa menjaga kebugaran tubuh? Well, menurut Harvard Health Publishing, manfaat kesehatan golf tidak datang dari mengayunkan tongkat, melainkan dari berjalan. Yes, saat bermain golf kamu harus berjalan menyusuri lapangan, berjalan dari satu lubang ke lubang lain. Dan di satu lapangan golf ada 18 hole, jadi kamu akan banyak berjalan dalam satu permainan. It’s good exercise for your heart!



    More Vitamin D!

    Selain itu, penyedia layanan kesehatan BMI Healthcare mengatakan bahwa bermain golf pun dapat meningkatkan asupan vitamin D yang dibutuhkan untuk memperkuat tulang. So kamu tak hanya dapat menghirup udara segar saja saat bermain di luar ruangan, berada di bawah sinar matahari juga mendukung produksi vitamin D. Tapi ingat: jangan lupa gunakan sunscreen agar kulit tetap terjaga.


    Keep It Balanced

    Bagi para pemain yang lebih berumur, British Journal for Sports Medicine menyatakan bahwa olahraga ini bagus untuk menjaga keseimbangan dan kekuatan tubuh. Hmm… Tapi Cosmo rasa tak ada salahnya untuk mulai melatih tubuh sedari sekarang, bukan? Time to practice your squat, and then swing! 

    Golf memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, dan bisa menjadi kegiatan yang tepat untuk menghabiskan waktu luang. Bahkan beberapa seleb berikut ini telah memilih golf sebagai salah satu hobi mereka:

     

    Yuri & Hyoyeon SNSD


     

    Nia Ramadhani Bakrie


     



    Luna Maya


     

    Jessica Jung


     

    Farah Quinn


     

    Ayu Dewi


     

    Hyomin T-ara


     

    (Shamira Natanagara / Ed. / Images: Dok. Instagram/yulyulk, Instagram/ramadhaniabakrie, Instagram/lunamaya, Instagram/jessica.syj, Instagram/farahquinnofficial, Instagram/mrsayudewi, Instagram/hyominnn)