Lifestyle

12 Lagu Ballad Terbaik BTS yang Wajib Kamu Dengarkan!

  by: Giovani Untari       2/12/2020
    • Tak hanya mempunyai lagu dengan beat yang dinamis dan powerful, BTS juga memiliki begitu banyak lagu ballad terbaik yang wajib kamu dengarkan.
    • Ini dia 12 lagu ballad terbaik milik BTS yang tak boleh kamu lewatkan.
    • BTS juga baru saja menorehkan prestasi yang membanggakan melalui lagu “Life Goes On”, di mana lagu tersebut berhasil menduduki peringkat 1 dalam chart Billboard’s Hot 100.


    Selain memiliki lagu-lagu dengan lirik yang powerful dan musik beat penuh semangat, grup BTS nyatanya juga mempunyai deretan lagu ballad yang amazing. 

    Ada begitu banyak lagu ballad yang telah dirilis oleh grup pelantun Dynamite ini sepanjang perjalanan karier mereka, babes! Untuk itu Cosmo pun memilih 12 lagu ballad terbaik milik BTS yang wajib kamu dengarkan dan masukkan ke dalam playlist musikmu.



    Alexa, play our queen Spring Day right now!


    1. Spring Day



    Meski dirilis sejak tahun 2017 silam, lagu Spring Day milik BTS menjadi salah satu lagu ballad terfavorit bagi ARMY dan banyak orang. Tidak mengherankan jika lagu yang masuk dalam album BTS You Never Walk Alone ini selalu menempati chart di sejumlah layanan musik streaming Korea. Bahkan ketika BTS merilis lagu terbaru sekalipun, Spring Day akan kembali ikut didengarkan kembali. Bogoshipda...


    2. Life Goes On



    Setelah ON, Black Swan, dan Dynamite yang lekat dengan beat musik yang begitu unbeatable, BTS juga melengkapi musikalitas mereka tahun 2020 lewat sebuah lagu ballad berjudul Life Goes On. Lagu yang mengangkat tentang kehidupan semasa pandemi ini menjadi sebuah lagu ballad BTS yang menenangkan hati para pendengarnya. ICYDK, Life Goes On pun menjadi lagu non bahasa Inggris pertama yang meraih posisi pertama dalam chart Billboard’s Hot 100. Congrats boys!


    3. The Truth Untold



    Dibawakan oleh vocal line BTS yaitu: Jin, Jimin, V, dan Jungkook, The Truth Untold merupakan sebuah lagu kolaborasi spesial BTS bersama DJ Steve Aoki. Lagu ballad BTS satu ini begitu menampilkan kematangan vokal dan harmonisasi yang menawan dari ke-empat vokalis BTS tersebut.


    4. 00:00 (Zero O’Clock)



    Another song from uri vocal line! Selain memiliki lirik lagu yang membuat kita semua bersemangat saat mendengarnya, 00:00 (Zero O’Clock) dari BTS ini menjadi sebuah lagu ballad yang begitu meneduhkan terutama ketika didengar saat situasi pandemi saat ini. Selalu ingat lirik dari lagu BTS ini girls, “And you gonna be happy..


    5. Butterfly



    Menjadi salah satu lagu dalam album The Most Beautiful Moment In Life Pt.2, Butterfly juga sampai hari ini masih menjadi salah satu lagu ballad terbaik dari BTS. Bahkan lagu Butterfly sukses masuk ke dalam top 10 lagu BTS favorit ARMY pada ajang 2020 BTS Music Elections


    6. I NEED U



    Belum lengkap rasanya jika tak memasukkan lagu I NEED U ke dalam list lagu ballad BTS terbaik yang wajib kamu dengarkan. Lagu yang dirilis tahun 2015 ini juga menjadi salah satu lagu yang membawa BTS kepada puncak popularitas mereka. Lirik lagu I NEED U sendiri berkisah tentang cinta yang begitu besar namun bertepuk sebelah tangan. Relateable enough?


    7. Love Is Not Over



    "Love is so painful, but goodbye are even more painful." Perpisahan dengan orang yang kita sayangi memang terasa menyakitkan. Terkadang kita pun ingin menyerah dan kembali ke masa di mana perpisahan ini belum terjadi. Seperti itulah hal yang ingin coba BTS gambarkan ke dalam lagu ballad terbaik mereka selanjutnya pilihan Cosmo, Love Is Not Over.




    8. Jamais Vu



    Jin, J-Hope, dan Jungkook BTS juga merilis sebuah lagu ballad BTS yang indah sekaligus emosional berjudul Jamais Vu. Lagu yang masuk dalam album BTS Map of the Soul: Persona ini menghadirkan perpaduan vokalisasi yang brilliant sekaligus melankolis antara Jin dan Jungkook, berikut rapp yang menawan dari J-Hope.


    9. EPILOGUE: Young Forever



    Tak hanya bagi para pendengarnya dan ARMY, lagu ballad BTS satu ini pun memiliki makna yang mendalam bagi ketujuh personil BTS. Lagu Epilogue: Young Forever merefleksikan sisi lain dari popularitas BTS di atas panggung. FYI, ketika tampil di Speak Yourself tur di Wembley Stadium, Jimin, Jungkook, dan J-Hope ikut menangis terharu saat ARMY memberi kejutan dengan menyanyikan lagu Young Forever.


    10. Hold Me Tight



    Rasa perihnya sebuah perpisahan juga kembali BTS sampaikan dalam lagu Hold Me Tight. Lagu ballad ini mengisi salah satu tracklist dari album The Most Beautiful Moment In Life pt. 1 yang dirilis tahun 2015. It’s oldies but goodies!


    11. Answer: Love Myself



    Selain memiliki melodi yang indah, lagu Answer: Love Myself milik BTS juga punya lirik lagu yang begitu inspiring, babes! Lagu ballad BTS satu ini mengajak para pendengarnya untuk belajar mencintai diri mereka sendiri. Termasuk menerima segala kelebihan dan kekurangan yang kita miliki. I’m learning how to love myself.


    12. We are Bulletproof: the Eternal



    Perasaan cinta yang besar dari BTS kepada para penggemarnya yaitu ARMY, melahirkan sebuah lagu ballad yang begitu indah yaitu We are Bulletproof: the Eternal. Lirik lagu ballad BTS tersebut pun tak kalah meaningful dan berisi ketulusan BTS untuk seluruh ARMY yang sudah mendukung perjalanan karier mereka sampai sejauh ini. 


    (Giovani Untari / Images: Dok. Big Hit Entertainment)