Beauty

Patut Dicoba! Ini 5 Cara Mengoleskan Aloe Vera

  by: Astriana Gemiati       7/12/2020
    • Ya, aloe vera memberikan banyak manfaat tak hanya untuk kesehatan namun juga untuk kulit.
    • Gunakan gel aloe vera langsung dari sukulen, dan aplikasikan pada wajah dan tubuh sebagai beauty regime kamu sehari-hari.


    Mereka menyebutnya sebagai ‘tanaman ajaib’! Mengingat berbagai manfaat kesehatan dan sifat penyembuhan, serta bantu melembapkan kulit. Mulai dari masalah kulit seperti jerawat hingga kulit kering, sun burn, eksim, aloe vera diperkaya dengan unsur-unsur penting yang dikenal untuk mengobati beberapa masalah kecantikan. Aloe vera memiliki aloin, senyawa depigmentasi alami yang terbukti bermanfaat untuk tujuan pencerahan dan depigmentasi kulit. 

    Mungkin beberapa dari kamu, ada yang memilih untuk menerapkan ekstraknya secara langsung dari sukulen, dan ada juga yang lebih memilih membeli dari kemasaan yang tersedia. Namun, yang pasti bahwa bagian dalam daun tanaman lidah buaya dalam bentuk gel aloe vera adalah yang paling manjur, dibandingkan dengan gel dan krim tropikal yang dijual di pasaran.



    Untuk memandu kamu tentang cara mengapllikasikan aloe vera dan menemukan berbagai manfaatnya, Cosmo telah menanyakan kepada Dr. Simal Soin, ahli kosmetic pendiri daru Aayna Clinic untuk memberikan informasinya kepada kamu.

    1. Cara ideal untuk menggunakan aloe vera secara teratur adalah dengan menanam tanaman aloe vera di rumah. Petik daun tanaman sukulen, ambil gel bening dari dalam, dan langsung oleskan ke wajah kamu setiap hari.


    2. Sebagai alternatif lainnya, kamu bisa menggunakan aloe vera sebagai pembersih wajah, lho! Setelah mencuci tangan, gunakan ujung jari kamu untuk mengoleskan sedikit gel ke wajah. Bersihkan wajah dengan lembut menggunakan aloe vera melalui gerakan memutar. Lalu, bilas dengan air dingin dan keringkan.


    3. Jika kamu mengalami kulit yang terasa kering, coba ambil satu sendok makan gel lidah buaya, air perasan parut dari ketimun, satu sendok makan madu, lalu aduk semua hingga semua bahan merata. Oleskan campuran tersebut ke wajah kamu dan bilas dengan air hangat setelah 20 menit.


    4. Jika kamu memiliki kulit yang cenderung berminyak, ambil gel aloe vera segar dan tambahkan 10 tetes tea tree oil ke dalamnya. Diamkan selama semalaman, lalu bilas dengan air hangat di pagi hari.


    via GIPHY



    5. Kamu juga bisa menggunakannya sebagai makeup remover. Setetes gel aloe vera di atas kapas dapat bantu menghapus riasan tipis kamu dari kulit, dan sekaligus melembapkannya! Untuk menghilangkan riasan membandel, campurkan gel aloe vera dengan olive oil. Untuk area di sekitar mata termasuk bulu mata, oleskan perlahan coconut oil dan aloe vera dengan bantuan kapas. Ini tidak hanya menghilangkan noda riasan namun juga bantu menutrisi kulit kamu.



    6. Selain untuk kulit, aloe vera dikenal untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan dapat digunakan untuk mengkondisikan dan mengencangkan alis kamu. Campurkan gel aloe vera dengan sedikit castor oil dan oleskan dengan menggunakan tongkat maskara untuk hasil terbaik. Castor oil bertindak seperti pelumas, coating, dan kondisioner untuk bantu berikan manfaat tekstur lebih halus dan tampak kilau. Ini yang perlu kamu tahu tentang aloe vera untuk rambut, klik di sini! 



    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.in  / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati Image: Dok. GIPHY.com, Freepik.com )