Beauty

Jerawat Karena Maskne? Lakukan 5 Hal Ini Untuk Mengatasinya

  by: Astriana Gemiati       20/12/2020
    • Penggunaan masker di wajah secara rutin bisa menyebabkan mudah timbulnya maskne.
    • Kunci penting untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan menjaga kebersihan tak hanya area tangan namun juga wajah.
    • Cosmo punya tips untuk kamu yang memiliki jenis kulit kombinasi cenderung berminyak, bagaimana cara menjaga kulit wajah agar senantiasa tetap bersih dan sehat.


    Selama pandemi masih berlangsung, ya, masker wajah membantu melindungi kita dari virus dan infeksi. Namun, kebiasaan terlalu sering menggunakan masker wajah yang juga bisa berfungsi menyerap keringat dan kotoran, seringkali bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya masalah kulit yaitu maskne (aka jerawat akibat pemakaian masker). Apalagi ini juga menjadi tantangan tersendiri bagi kamu yang memiliki jenis kulit kombinasi cenderung berminyak.




    Pemicu jerawat dapat terjadi tak hanya selain hormon dan kondisi kesehatan lainnya, namun juga ketika kotoran, minyak berlebih, dan sel kulit mati menyumbat pori-pori kamu. Nah, maka dari itu menjaga kebersihan menjadi hal yang terpenting. Ini berlaku tidak hanya untuk tangan saja namun juga kulit wajah. 

    Girls, tentu saja perawatan rutin menggunakan produk skincare bisa menjadi langkah awal untuk mengatasinya. Namun, menjaga kesehatan kulit tidak dimulai dari penggunaan serum ataupun krim pelembap, tetapi justru berawal dari membersihkan wajah menggunakan produk cleanser yang tepat.




    Cosmo punya tips untuk kamu yang memiliki jenis kulit kombinasi cenderung berminyak, bagaimana cara menjaga kulit wajah agar senantiasa tetap bersih dan sehat: 


    Es batu adalah sahabat baru kamu.

    Gunakan es batu sebagai awal dasar sebelum kamu mulai mengaplikasikan makeup dan mengakhiri rutinitas pembersihan untuk menutupi pori-pori kamu. Es batu juga dapat bantu meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan bengkak.


    Gunakan produk pembersih wajah yang sesuai.


    Melakukan pembersihan bisa berkhasiat membuat wajah kamu terasa lembut dan kencang, lembap, serta tidak kering. Jika mencuci muka membuat pipi kamu terasa sangat kering, ini bukan pertanda yang baik. Coba Sébium Gel Moussant, pembersih wajah dengan tekstur gel yang ringan ini efektif yang mampu bantu mengontrol kadar minyak pada kulit dan membersihkan wajah secara optimal. Kandungan DAF™ Patent (Dermatological Advanced Formulation) yang terdiri dari FOS (Fructo Oligo Saccharides) sebagai preservasi alami, Mannitol sebagai antioksidan, rhamnose sebagai anti peradangan, dan xylitolyang bantu melembapkan kulit. Selain itu, bahan aktif copper sulphate dan zinc gluconate, yang berfungsi sebagai antibakterial dalam membantu meminimalisir produksi bakteri penyebab jerawat (P. Acnes), mencegah inflamasi, dan timbulnya komedo.




    Jangan terlalu sering membersihkan wajah!

    Jika kamu berpikir mencuci wajah setiap tiga jam sekali akan menghilangkan minyak di area T-zone, hmm.. tentu saja tidak semudah itu jawabannya! Terlalu banyak mencuci wajah justru dapat menghilangkan minyak alami kulit dan kelenjar minyak akan memproduksi lebih banyak sebum. Hasilnya, justru akan membuat pori-pori kamu semakin besar, memicu timbulnya jerawat, dan bahkan hidung jadi terkesan tampak lebih berkilau. Oh, no!


    Simpan micellar water di samping tempat tidur kamu.


    Micellar water adalah pembersih lembut berkinerja tinggi yang menghilangkan semua kotoran termasuk debu dan makeup. Ketika kamu sedang mengenakan heavy makeup dan malas beranjak ke meja rias, kamu bisa coba andalkan Sébium H₂O Micellar Water untuk mengatasinya. Pembersih tanpa bilas ini, memiliki formula DAF™ Patent (Dermatological Advanced Formulation) yang terdiri dari FOS (Fructo Oligo Saccharides), dan bahan aktif copper sulphate dan zinc gluconate, yang berfungsi sebagai antibakterial dalam membantu meminimalisir produksi bakteri penyebab jerawat (P.Acnes), mencegah inflamasi, dan timbulnya komedo. Hasilnya, kotoran polusi dan makeup yang berat sekaligus dapat terangkat dengan bersih dan tidak terasa kering di kulit.


    Lakukan pembersihan dengan lembut. 


    Untuk kamu yang yang sedang menjalani spesifik perawatan kulit dan menyebabkan kulit jadi lebih sensitif saat melakukan pembersihan wajah, Cosmo sarankan untuk mencoba Sensibio H₂O Micellar Water. Membersihkan wajah dengan cara menarik ataupun menggosok di area kulit sangat tidak disarankan karena justru akan semakin mempercepat anti-aging terjadi. Apalagi area di sekitar mata memiliki sepuluh kali lebih tipis dibandingkan bagian wajah lainnya sehingga sangat rentan terhadap tanda-tanda penuaan. Jadi, lakukan pembersihan wajah dengan cara menekan lembut pada pada kulit ke seluruh wajah menggunakan kapas dengan takaran dua sampai tiga pump untuk mengangkat semua kotoran debu serta sisa-sisa bekas makeup termasuk maskara dan eyeliner. 




    ( Astriana Gemiati / Image: Dok . Bioderma / Layout: S. Dewantara )