Lifestyle

15 Soundtrack 'Start-Up' yang Wajib Kamu Dengar!

  by: Giovani Untari       9/12/2020
    • Drama Korea Start-Up akhirnya memasuki episode terakhirnya pada tanggal 6 Desember 2020.
    • K-drama yang dibintangi oleh Bae Suzy, Nam Joo Hyuk, Kim Seon Ho, dan Kang Han Na tersebut juga memiliki sejumlah soundtrack menarik dan wajib kamu dengar.
    • Ini dia 15 soundtrack drama Korea Start-Up yang wajib masuk ke playlist-mu, babes!


    Entah kalian adalah #TeamDoSan ataupun #TeamJiPyeong, satu hal yang Cosmo yakin kalian pasti setuju soal Start-Up merupakan salah satu drama Korea yang memiliki begitu banyak soundtrack terbaik di dalamnya! Setiap soundtrack yang dihadirkan di Start-Up sukses membuat setiap scene-nya menjadi lebih berwarna atau bahkan... semakin emosional.

    Bagi kamu yang saat ini sedang menonton drama Korea Start-Up (ofc, it’s never too late!) atau sekadar ingin flashback kembali dengan ceritanya, ini dia 15 soundtrack Start-Up yang wajib kamu dengar:




    1. Future – Red Velvet



    Soundtrack Start-Up satu ini sungguh menyenangkan untuk didengar. Setiap lagu Future muncul di scene-scene Start-Up rasanya kita akan ikut tersenyum. Dinyanyikan oleh grup Red Velvet, Future menjadi lagu dengan lirik yang romantis sekaligus eye-catchy. Cosmo yakin kamu pasti akan langsung terngiang-ngiang dengan lagu ini setelah mendengarnya.


    2. Day & Night – Jung Seung Hwan



    Berbeda dengan Future, lagu berjudul Day & Night ini merupakan lagu yang mewakili banyak scene emosional dan mengharukan dalam Start-Up. Suara breathtaking dan penuh penghayatan milik Jung Seung Hwan membuat kita seketika terhanyut di dalam lagu ballad satu ini. 


    3. One Day – Kim Feel



    Penyanyi sekaligus penulis lagu Kim Feel juga turut masuk ke dalam line-up pengisi soundtrack K-drama Start-Up. Lagu berjudul One Day ini juga merupakan lagu berirama ballad yang tak kalah mengesankan. Bagi kamu penonton setia Start-Up pastinya tak asing lagi dengan soundtrack Start-Up satu ini terutama scene tentang... ayah Dal Mi (Suzy). Hiks


    4. I Know – Seunghee, Jiho, Binnie OH MY GIRL



    A lovely song from OH MY GIRL! Perpaduan suara merdu dan adorable milik Seung Hee, Ji Ho, dan Binnie OH MY GIRL membuat lagu I Know terasa begitu menghangatkan hati. Lagu ini juga cocok didengar untuk kamu yang sedang jatuh cinta, babes!


    5. Running – Gaho



    Urusan soundtrack K-Drama yang akan langsung membuat para pendengarnya bersemangat, tentu saja harus diserahkan kepada penyanyi Gaho. Setelah lagunya Start Over yang menjadi soundtrack Itaewon Class begitu populer dan banyak didengar melalui Spotify, penyanyi kelahiran 1997 tersebut kembali dengan lagu Running yang tak kalah amazing. Soundtrack Start-Up satu ini dijamin akan membuat harimu akan terasa lebih bersemangat.


    6. Where Is Dream? - 10CM



    Band asal Korea Selatan 10CM juga masuk ke dalam list penyanyi yang berpartisipasi dalam soundtrack Start-Up. Where Is Dream merupakan sebuah lagu pop accoustic yang adiktif. Ohhh banyak warganet yang menyebut bahwa setelah mendengar lagu Where Is Dream?, mereka langsung mengingatkan mereka pada senyum manis Han Ji Pyeong (Kim Seon Ho) di Start-Up. SUPER AGREE!


    7. My Love – Davichi



    Semua soundtrack yang dinyanyikan oleh duo Davichi sungguh tak pernah mengecewakan. Davichi selalu sukses membuat kita hanyut dalam perasaan penuh emosional setelah mendengar lagu mereka. Harmonisasi suara Lee Hae Ri dan Kang Min Kyung dalam lagu My Love pun kembali membuktikan bahwa Davichi adalah salah satu penyanyi soundtrack drama Korea terbaik saat ini!


    8. Even for A Moment – CHEEZE



    Beralih ke soundtrack Start-Up selanjutnya adalah lagu Even for A Moment dari CHEEZE. Suara CHEEZE yang terbilang one of a kind berhasil memberi sentuhan yang refreshing bagi lagu pop-ballad ini. 




    9. Blue Bird – AILEE



    Sungguh, Start-Up menjadi salah satu drama Korea yang memiliki deretan soundtrack terbaik di dalamnya. Kali ini para penonton akan dimanjakan dengan alunan suara powerful dan indah milik salah satu queen of soundtrack, Ailee. We stan this girl so much!!


    10. Lonesome Diary – Sandeul



    Bagi kamu pecinta lagu ballad dengan sentuhan musik akustik di dalamnya, pastikan untuk tak melewatkan lagu Lonesome Diary milik Sandeul satu ini. Suara Sandeul yang soothing membuat soundtrack Start-Up tersebut cocok didengarkan sebagai lullaby menjelang tidur.


    11. Two Words – Wendy Red Velvet



    Selain di lagu Future, Wendy Red Velvet juga mewarnai soundtrack Start-Up melalui track Two Words. Wendy sukses menghipnotis para penonton Start-Up agar ikut terharu dan merasakan emosi yang mendalam lewat suara graceful miliknya. One of the best!


    12. Love Letter – BOL4



    Nah kalau soundtrack Start-Up ini disebut para warganet sebagai soundtrack milik DoDal Couple alias Do San - Dal Mi. Pasalnya lagu dari BOL4 ini selalu muncul dia banyak adegan romantis dan cute dari Do San dan Dal Mi. Mendengar lagu Love Letter rasanya kita pun ikut bahagia dan membayangkan scene-scene romantis dari DoDal couple.


    13. Dream – JAMIE



    Track akustik dari penyanyi Jamie ini juga akan mengajak kita pada ingatan atas adegan sweet dari Dal Mi dan Do San di Start-Up. Hanya mendengarkan lagu Dream ini rasanya membuat kita ingin kembali menonton drama Korea yang tayang di Netflix tersebut.


    14. My Dear Love – Suzy



    Tentu saja belum lengkap rasanya jika uri Dal Mi aka Suzy tak menyumbangkan suara emasnya dalam soundtrack Start-Up. Aktris kelahiran 10 Oktober 1994 tersebut mempersembahkan lagu My Dear Love yang menampilkan suara penuh kehangatan dan pure miliknya. On repeat!


    15. To Me – Eunji Apink



    Last but not least, soundtrack Start-Up yang wajib kamu dengarkan datang dari Jung Eunji dengan lagu berjudul To Me. Seperti judulnya, lagu ballad ini juga terasa begitu emosional dan membuat banyak penonton ikut terbawa kesedihan saat mendengarnya. 



    (Giovani Untari / Images: Dok. SALT Entertainment)