Lifestyle

Netflix Tolak Permintaan untuk Taruh Disclaimer di The Crown

  by: Shamira Priyanka Natanagara       8/12/2020

  • Karena sekarang The Crown sudah mulai membahas sejarah terkini dan membahas beberapa topik sensitif (seperti hubungan Pangeran Charles dan Putri Diana), mulai muncul permintaan agar serial tersebut menambahkan disclaimer/peringatan untuk mengingatkan penonton bahwa, faktanya, serial tersebut adalah fiksi. Mungkin beberapa orang sudah sadar akan hal tersebut, apakah kamu salah satunya?

    Menanggapi permintaan tersebut—termasuk dari UK Culture Secretary, Oliver Dowden—Netflix memberikan pernyataan cukup tegas ini kepada The Guardian (via People):



    "Kami selalu menyajikan The Crown sebagai sebuah drama dan kami memiliki kepercayaan diri bahwa anggota kami paham bahwa [serial tersebut] adalah karya fiksi yang berdasarkan peristiwa sejarah. Sebagai hasilnya kami tidak memiliki rencana, dan tidak melihat kebutuhan, untuk menambahkan disclaimer."

    Oliver sebelumnya pernah menjelaskan, "[The Crown] adalah karya fiksi yang diproduksi dengan indah, begitu juga dengan produksi TV lainnya, Netflix harus lebih jelas di awal tentang hal tersebut. Tanpa ini, saya khawatir ada generasi penonton yang tidak hidup saat peristiwa ini terjadi akan menganggap fiksi sebagai fakta."




    Sementara itu, para anggota kerajaan dikabarkan tidak begitu senang dengan acara tersebut, dengan sumber yang dekat dengan Pangeran Charles memberi tahu Vanity Fair, "Banyak sejarawan dan ahli kerajaan telah menganggapnya sebagai fiksi tapi Netflix memainkan permainan yang bahaya. Mereka menghasilkan uang dari menggambarkan orang-orang yang bekerja keras untuk bangsa ini. Jika orang-orang menggunakan serial ini sebagai buku pelajaran untuk sejarah kerajaan, itu merepotkan. Netflix memiliki tugas untuk terus terang tentang acara mereka dan para produser harus lebih jujur tentang apa yang fakta dan apa yang fiksi. Ini bukanlah drama pertama tentang peristiwa yang sulit, tapi sedikit kejujuran pada pihak pembuat acara tentang serial ini sebagai drama tak akan salah."


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan US / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Images: Dok. Netflix)