Lifestyle

Wow! Milenial Jadi Generasi Paling Sering Berdonasi Digital!

  by: Giovani Untari       9/12/2020
    • GoPay menggandeng Kopernik untuk meluncurkan Digital Donation Outlook 2020
    • Ini merupakan studi pertama dan terlengkap terkait ekosistem donasi digital.
    • Hasilnya, generasi milenial menjadi yang paling sering berdonasi secara digital!


    Tepat pada hari Senin, 7 Desember 2020 GoPay mengajak Kopernik untuk meluncurkan Digital Donation Outlook 2020. Ini merupakan studi pertama dan terlengkap terkait ekosistem donasi digital, babes! Studi Digital Donation Outlook 2020 ini diharapkan bisa mendorong perkembangan donasi digital di Indonesia, terutama di masa pandemi seperti saat ini.

    Banyak temuan dalam studi Digital Donation Outlook 2020 yang bisa jadi acuan untuk organisasi nirlaba, rumah ibadah dan para penggalang dana lain agar bisa meningkatkan donasi melalui kanal digital.






    Dihadiri oleh Edi Suharto selaku Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial, Toshi Nakamura selaku Co-Founder Kopernik, Budi Gandasoebrata - Managing Director GoPay, serta M. Alfatih Timur – CEO Kitabisa.com ada begitu banyak temuan menarik dari webinar ini.

    Salah satunya menurut studi, masyarakat Indonesia ternyata menjadi semakin rajin berdonasi sejak pandemi. Sebab jumlah rata-rata donasi meningkat sebanyak 72% dari sebelumnya. Data internal GoPay juga menunjukkan bahwa transaksi donasi digital melalui GoPay naik hingga 2x lipat selama pandemi. 

    Another hot facts! Generasi milenial ternyata menjadi generasi yang paling sering melakukan donasi digital. Milenial dilaporkan berdonasi rata-rata 1,5 kali per bulan. Sementara Gen X menjadi generasi dengan nilai donasi paling tinggi. Rata-rata gen X berdonasi sekitar Rp 120.000 per donasi.




    Berkembang karena kemudahan teknologi

    Tidak bisa dipungkiri, donasi digital berkembang karena faktor kemudahan dari teknologi. 47% responden memilih berdonasi digital pada inisiatif yang menyediakan pembayaran digital. Mayoritas donatur ini berhasil mendapatkan informasi lewat media sosial (67%), berdonasi di aplikasi Gojek (52%) dan membayar dengan GoPay (68%). Kitabisa menjadi platform galang dana utama (dengan presentase 71%) bagi responden untuk melakukan donasi secara digital. Donasi digital juga dapat menjangkau donatur lebih luas tanpa batas jarak dan waktu, yang dapat membantu pengumpulan donasi secara cepat, terutama untuk isu-isu darurat. 



    Ingin mengetahui lebih lanjut tentang riset donasi digital GoPay dan Kopernik, babes? Klik di sini.



    (Giovani Untari / Images: Dok. GoPay Indonesia, Armin Rimoldi from Pexels, Porapak Apichodilok from Pexels)