Love & Sex

Cara Jitu Mencari Pasangan Ideal di Tahun 2021

  by: Kezia Calesta       15/12/2020
  • Congratulations: you’ve survived 2020. Tahun ini telah mendatangkan berbagai rintangan sulit di mana setiap orang harus beradaptasi dalam segi kesehatan, finansial, hingga lifestyle, so give yourself a pat on the back! Cosmo tahu bahwa pandemi ini cukup menantang secara fisik maupun secara mental. Kini, hal-hal yang dulunya sepele seperti berkumpul dengan keluarga, nongkrong bersama teman hingga berkencan menjadi jauh lebih sulit. Untungnya, kita hidup di era modern di mana teknologi canggih dapat membantu mengatasi banyak hal: mulai dari Work From Home dan bekerja online, mengobrol face-to-face dengan orang secara virtual, hingga menggunakan media sosial serta berbagai aplikasi lainnya agar tetap up-to-date.

    Faktanya adalah, manusia merupakan makhluk sosial.

    Salah satu alasan mengapa pandemi ini berdampak buruk terhadap kesehatan mental adalah karena kita terisolasi dan tidak dapat berkomunikasi secara “normal”. Kini, ada invisible barrier yang membuat kita berpikir dua kali sebelum bertemu dengan orang-orang terdekat, apalagi berkenalan dengan orang baru. Yes, we get that life can be a bit lonely now for the single people out there.





    Proses mencari cinta menjadi semakin menantang, namun berkat teknologi yang ada, sekarang setiap orang bisa berkenalan dengan orang baru dan menjalin koneksi secara online. So, mengapa tidak mencoba dating app? Kamu tidak sendiri, kok: menurut data dari aplikasi kencan OKCupid, pengguna yang menjalankan virtual date meningkat sebanyak 280% sejak April 2020, dan lebih dari 150.000 pengguna mereka mengakui bahwa pasangan mereka memilih berkencan secara virtual juga. Ya, ada love revolution yang sedang berlangsung: riset membuktikan bahwa banyak singles di luar sana kini berkencan dengan berbagai orang baru melalui chatting, calling, hingga video chat!


    Saatnya untuk membuang jauh-jauh stigma bahwa dating apps hanya digunakan oleh orang yang mencari hookups, alias “teman bobo”.

    OKCupid telah mengumpulkan berbagai data menarik yang dapat menghapus asumsi kamu tentang pengguna dating app.


    • 85% pengguna OKCupid menjawab “Ya” ketika dihadapkan dengan pertanyaan “Apakah penting bagi Anda untuk memiliki ikatan secara emosional sebelum melangkah ke ikatan fisik?”.


    • Tahun ini, ada penurunan sejumlah 20% pengguna yang memilih untuk mencari hubungan short-term relationship. 


    • 43% pengguna menginginkan hubungan jangka panjang atau mencari pasangan yang serius untuk diajak ke jenjang pernikahan.



    Mungkin sekarang kamu sedang bertanya-tanya dalam hati: “Mengapa OKCupid bisa memiliki akses ke opini pribadi penggunanya?” Nah, inilah keunggulan dari dating app ini. OKCupid mempunyai question & answer based system unik di mana setiap pengguna bisa menjawab puluhan sampai ratusan pertanyaan tentang diri mereka sendiri. Kemudian, algoritmanya yang canggih akan menghubungkan respon pengguna dengan calon match, dan dari sana mereka bisa melihat persentase kecocokan dalam segi minat, preferensi, hingga keyakinan. How amazing is that?



    Ditambah lagi, kamu juga bisa melihat tujuan setiap pengguna serta berbagai informasi lainnya di profil mereka. Ingin mencari tahu tinggi badan, agama, hobi atau zodiaknya? Apakah orang tersebut sedang mencari short-term relationship, long-term relationship, atau sekedar menginginkan teman baru saja? It’s all there. (Sejujurnya, fitur ini sangat menghemat waktu dan energi setiap orang). Karena itu, aplikasi yang telah menjalin jutaan koneksi sejak 2004 ini sangat memudahkan tahap perkenalan dan membuka pintu virtual agar setiap orang bisa menjalin meaningful connections.


    Berlanjut ke tahap berikutnya: apakah kamu sudah merasa cocok dengan seseorang dan ingin bertemu dengannya di kehidupan nyata? Bisa saja, asal kamu merasa aman dan nyaman! Cosmo mendapat tips mengenai online dating safety dari Andrea Gunawan (@catwomanizer) selaku Brand Ambassador OKCupid Indonesia.




    1. Cek keberadaan online-nya.

    Saat mengobrol, cari tahu nama belakangnya agar kamu bisa mengecek identitasnya di Google. Apa ia memiliki akun Instagram, Facebook, atau LinkedIn? Do you have any mutual friends? Untuk mencegah catfishing, jangan hanya menukar nomor WhatsApp saja — ajak si dia video call, atau setidaknya minta dia untuk add atau follow kamu menggunakan salah satu akun media sosialnya untuk memastikan bahwa ia tidak meminjam identitas orang lain.



    2. Bertemu di ruang publik.

    Untuk menjaga keamanan diri sendiri, pilih lokasi kencan pertama yang publik di mana ada orang-orang di sekitar kalian. Just to be safe, don’t come over to his place yet! Jika ingin semakin aman, sebaiknya pulang sendiri tanpa diantar agar ia tidak mengetahui tempat tinggalmu sampai kamu merasa lebih nyaman dengannya.


    3. Kabarkan orang terdekat tentang detail kencan kamu.

    Tidak ada salahnya berhati-hati! Setelah menentukan tempat dan waktu kencan dengan si dia, sampaikan informasi tersebut (termasuk nama lengkap dan basic info tentangnya) ke minimal dua orang yang terpercaya. Dengan ini, mereka dapat membantu memastikan agar kamu pulang dengan aman.



    Remember to set your expectations.

    Saran tambahan dari Andrea: “Kamu bisa menemukan berbagai orang menarik lewat dating app. Itu artinya kita bisa bertemu siapa aja dengan intentions yang berbeda-beda, maka utarakan dahulu apa yang kamu cari. We have to know ourselves, orang yang kita cari seperti apa, dan apakah kita sendiri sudah siap untuk hubungan baru,” jelasnya. “Karena itu, saya senang karena OKCupid bisa mengungkap apa yang setiap orang cari, mulai dari short atau long-term relationship, monogamy atau tidak, dan lain-lain. Dari sini, setiap orang bisa mengatur ekspektasi masing-masing.”


    Bagaimana jika match kamu semakin jarang chatting seiring waktu atau mendadak menghilang?

    “Jika bicara soal fenomena ghosting, remember that we are all replaceable. Jangan langsung bergantung ke satu orang saja, apalagi jika hubungannya belum ada komitmen ataupun eksklusif. Ingat bahwa kamu memiliki kesempatan untuk berkencan dengan berbagai macam orang, karena ini akan membantu kamu menentukan tipe yang paling cocok denganmu,” kata Andrea.



    So, are you ready to make meaningful connections on OKCupid? Make that your resolution for 2021!


    (Image: doc. @priscilladupreez via Unsplash)