Lifestyle

Seru! 18 Film tentang Tahun Baru yang Bisa Ditonton di Rumah

  by: Givania Diwiya Citta       14/12/2020
  • Seperti momen liburan lainnya di tahun 2020, perayaan Tahun Baru sudah pasti akan kita alami secara berbeda. Bagaimana tidak, alih-alih pergi ke pesta, mungkin justru akan jadi lebih baik untuk buka sebotol sampanye dan tetap #DiRumahAja, tetap hangat dari dalam rumah dan tetap nyaman di sofa empuk kita. Tentu saja rasa ini tak akan sama seperti tahun-tahun sebelumnya di mana kita berdandan seglamor mungkin untuk merayakannya bersama orang-orang yang disayangi, tapi perayaan tahun ini pasti tetap menyenangkan dengan caranya sendiri. Akan ada banyak perayaan Tahun Baru lagi, kok, di masa-masa mendatang, tapi karena kini 2020 sudah hampir habis, maka tetap aman di rumah akan menjadi aktivitas paling nyaman – bahkan kamu tak perlu pakai celana panjang jika kamu hanya ingin bersantai dengan short pants favorit.


    Malam pergantian tahun bisa dinikmati dengan menonton film-film menghibur, dan kalau kamu sedang ingin menonton yang bertema liburan, maka ada banyak pilihan yang cocok dinikmati untuk Tahun Baru. Enjoy!




    While You Were Sleeping



    Kita serasa dibawa hidup di dunia yang penuh muslihat, seperti seseorang yang berani menipu keluarga pria tak-sadarkan-diri (Peter Gallagher) bahwa ia adalah tunangannya, padahal mereka tak pernah mengenal satu sama lain?! Bahkan yang lebih beraninya lagi, Lucy (Sandra Bullock) malah berakhir jatuh cinta pada kakak sang pria, Jack (Bill Pullman). Adegan perayaan Tahun Baru menjadi titik balik paling manis di film ini, dan kita bisa menjadikan film ini rekomendasi rom-com yang tak akan pernah kadaluarsa sampai era modern.


    About Time


    Saat Tim (Domhall Gleeson) mengetahui dari ayahnya (Bill Nighty) bahwa ia mewarisi kemampuan untuk kembali ke masa lalu, yang pertama ia lakukan adalah kembali ke malam sebelum pesta Tahun Baru untuk mencium perempuan yang sedang ia dekati. Daripada mengubah dunia, Tim justru menggunakan anugrah ini untuk mengoreksi perbincangan canggung dan memastikan bahwa ia berhasil merayu perempuan impiannya (Rachel McAdams). Tonton film ini saat malam tahun baru untuk mendapatkan pelajaran YOLO dalam hidup.


    Waiting to Exhale


    Tak ada yang lebih buruk ketimbang diceraikan oleh suami pada malam Tahun Baru. Tapi agak menghibur sedikit saat melihat karakter Angela Bassett, Bernadine, yang punya koleksi busana mahal dan BMW. Kalau kamu punya beban yang ingin dihapuskan ketika tahun yang baru masuk, maka coba tonton film ini agar terinspirasi caranya – sambil dihibur dengan persahabatan indah dari empat perempuan (Bassett, Whitney Houston, Loretta Devine, dan Lela Rochon) – tanpa meninggalkan kenyamanan dari dalam rumah,


    Mermaids


    Winona Ryder dan Christina Ricci muda sangat menggemaskan di film coming-of age yang berlatar tahun 1960an ini. Tapi kita di sini untuk menonton sang ibu yang free-spiritted, Cher, dan kostum ikonis putri duyung yang ia kenakan di tahun 1964. Karena kalau kita ingin mengundang Cher ke pesta Tahun Baru, kenapa tidak membuatnya jadi gala kostum?


    Strange Days


    Apa yang lebih baik dari merayakan dekade baru selain menelusuri apa yang terjadi pada pesta Tahun Baru 1999? Atau…lebih tepatnya menyaksikan visi gelap mantan suami sutradara Kathryn Bigelow, James Cameron, tentang masa depan tahun 1999 dari perspektif era 1995 yang terobsesi dengan cyber-punk. (Uhm, pokoknya akan lebih masuk akal jika kamu menontonnya, percaya deh.) Strange Days dibintangi oleh Ralph Fiennes yang seksi sebagai mantan polisi yang menjual minidisc virtual reality yang diisi oleh konten kriminal, yang bisa membuat penontonnya mengalami emosi orang yang ada di dalam film. Hasilnya secara mengejutkan menggambarkan beberapa hal dari budaya masa terkini kita (termasuk salah satunya kebrutalan polisi). Angela Bassett secara tangguh menjadi supir limo yang konsisten menyelamatkan nyawa Ralph.


    Sex and the City: The Movie


    Meski Sex and the City mengambil latar setahun penuh, tapi adegan yang paling unggul adalah ketika perayaan Tahun Baru yang menampilkan Carrie berlarian melalui jalanan bersalju New York (dengan heels, tentunya) untuk menemui Miranda sambil ditemani Auld Lang Syne oleh Mairi Campbell sebagai background. Kamu pasti akan menangis terharu.


    When Harry Met Sally


    Menyaksikan dua orang jatuh cinta hingga bertahun-tahun lamanya itu selalu memuaskan, tapi Meg Ryan dan Billy Crystal menyempurnakan prosesnya di When Harry Met Sally. Ciuman Tahun Baru yang klimaks adalah salah satu adegan paling romantis sepanjang masa. Manjakan diri dengan menonton ini kala menghitung mundur pergantian tahun.


    Bridget Jones’s Diary


    Adegan romantis lain yang ikonis selama Tahun Baru juga terjadi di Bridget Jones’s Diary, rom-com esensial yang wajib ditonton oleh para perempuan jomlo.


    Ocean’s 11


    Ocean’s 11 yang orisinal dibintangi oleh Frank Sinatra, Sammy Davis Jr, dan Dean Martin, sebagai bagian dari kru OG Ocean yang di masa mendatang dipopulerkan oleh Clooney Danny Ocean. Permainan kasino mereka berlatar di perayaan Tahun Baru, dengan twist yang akan terjadi ketika jam menunjukkan pukul 12.




    Rent


    Para penggemar musikal pasti akan setuju jika melabeli Rent sebagai film favorit. Adegan pembukanya saja menampilkan momen antara Natal dan Tahun Baru, dan secara tulus menangkap harapan untuk tahun baru yang akan datang bagi semua orang.


    Snowpiercer


    Snowpiercer adalah film petualangan pasca-kiamat yang sepenuhnya mengambil lokasi di kereta. Tapi ada yang menggoda dari Chris Evans yang sedang punya brewok, latar yang hebat, berbagai plot twist, sampai perayaan Tahun Baru paling ganjil, hingga membuat film ini tak bisa dilupakan.


    New Year’s Eve


    Beberapa pasti mendebat bahwa film ini bukanlah karya terbaik Gary Marshall, tapi ini adalah film yang menampilkan berbagai macam bintang besar. Mulai dari Taylor Swift sampai Leah Michelle sampai Ashton Kutcher sampai Bon Jovi, selalu ada yang menghibur untuk semua orang di momen Tahun Baru.


    200 Cigarettes


    Saat New Year’s Eve mendapat popularitas, film 200 Cigarettes dari era ‘90an juga mendapatkan sorotan yang sama di masanya. Film ini adalah tentang “koleksi sederet individu usia 20an yang mencoba menghadapi berbagai dinamika dalam hubungan, rasa kesepian, hasrat, sampai jati diri.” Film ini memang tak menampilkan T-Swift ataupun Ashton Kutcher, tapi film ini memiliki Paul Rudd, Ben Affleck, dan Kate Hudson. Kamu akan terpukau oleh mereka.


    Eat Pray Love


    Begini, Eat Pray Love mungkin tak ada kaitannya dengan perayaan Tahun Baru, tapi kalau mengelilingi Eropa untuk menemukan identitas diri – sambil memanjakan diri dalam masakan lezat dan rasa jatuh cinta – tak terdengar seperti memenuhi resolusi Tahun Baru kamu, maka Cosmo tak tahu lagi harus bereaksi apa. Ditambah, ini JULIA ROBERTS, lho.


    Sleepless in Seattle


    Dibintangi Meg Ryan dan Tom Hanks, film ini sangat klasik – dan film ini berlatar sepenuhnya saat musim liburan dari Natal sampai Hari Valentine, artinya ia masuk ke kualifikasi film perayaan Tahun Baru.


    High School Musical


    Tidak mungkin kita bisa menolak menonton High School Musical, dan beruntunglah kamu para pelanggan Disney+ karena kamu bisa menontonnya untuk momen Tahun Baru. Apalagi karena film ini menceritakan Troy (Zac Efron) dan Gabriella (Vanessa Hudgens) yang bertemu dan bernyanyi bersama untuk pertama kali di pesta Tahun Baru.


    The Holiday


    Sebagai film yang juga mencakupi latar musim liburan, The Holiday menjadi salah satu tontonan terbaik – yang bisa ditonton ulang seratus kali sebelum Natal, tentunya. Belum lagi, melihat Cameron Diaz dan Kate Winslet yang bertukar hunian itu tak akan pernah termakan zaman.


    Forrest Gump


    Forrest Gump memang menceritakan berbagai macam lini waktu, dan perayaan Tahun Baru termasuk di dalamnya. Nikmati cerita Forrest (Tom Hanks) dan Letnan Dan (Gary Sinise) yang pergi ke suatu pesta Tahun Baru di NYC, meski yang terjadi jauh dari apa yang mereka rencanakan.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Image: Dok. Outnow.ch)