Lifestyle

12 Drama Korea Populer yang Diadaptasi dari Webtoon!

  by: Giovani Untari       15/12/2020
    • Selain memiliki cerita yang keren, sejumlah Webtoon pun terpilih untuk diadaptasi ke dalam sebuah drama Korea.
    • Penasaran apa saja drama Korea populer yang diadaptasi dari Webtoon? Yuk kita simak list-nya berikut ini!


    Jalan ceritanya yang menarik ditambah visualisasi nan juara membawa beberapa Webtoon mencuri perhatian para sutradara dan produser asal Korea Selatan. Tidak mengherankan jika pada akhirnya, ada begitu banyak cerita Webtoon yang diangkat kisahnya menjadi versi drama Korea. 

    Penasaran apa sajakah itu? Cosmo yakin, beberapa judul drama Korea di bawah ini pastinya juga sudah tak asing lagi untuk para K-drama lovers.



    Ini dia 12 drama Korea populer & terbaik yang diadaptasi dari Webtoon!


    1. Cheese in the Trap (2016)

    Drama Korea satu ini diadaptasi dari Webtoon yang berjudul sama karangan Soon Ggi. Komik web ini pertama kali diunggah pada tahun 2010 silam. Pihak tvN pun akhirnya memutuskan untuk mewujudkan webtoon tersebut ke dalam versi drama Korea yang dibintangi oleh Kim Goo Eun, Park Hae Jin, Song Kang Joon, serta Lee Sung Kyung pada tahun 2016. Cheese in the Trap mengangkat kisah seorang mahasiswi bernama Hong Seol (Kim Goo Eun) yang didekati oleh seniornya Yoo Jung (Park Hae Jin). Sayangnya Yoo Jung ternyata memiliki masa lalu kelam dan gangguan psikologis yang membuatnya kerap dijauhi oleh banyak orang.




    2. My ID is Gangnam Beauty (2018)

    Karena wajah aslinya sering di-bully, Kang Mirae (Lim Soo Hyang) pun memutuskan untuk melakukan operasi plastik agar lebih percaya diri. Sayangnya setelah operasi plastik, fisiknya pun kembali menjadi bahan omongan orang sekitarnya. Mereka mulai memanggil Mirae dengan julukan "Gangnam Beauty"! Di tengah krisis percaya diri yang dialaminya, Mirae pun bertemu dengan Do Kyung Seok (Cha Eun Woo), salah satu pria idaman di kampusnya yang ternyata tidak terlalu mementingkan penampilan fisik Mirae! Drama Korea bergenre komedi romantis ini diadaptasi dari Webtoon berjudul sama yang dirilis pertama kali pada tahun 2017.




    3. What’s Wrong With Secretary Kim? (2018)

    All time favorite K-drama satu ini juga menjadi drama Korea selanjutnya yang diangkat dari Webtoon! Drama Korea ini berasal dari kisah komik dan Webtoon berjudul Kimbiseoga Wae Geureolgga karya Kim Young Mi. Dibintangi oleh Park Seo Joon dan Park Min Young, What’s Wrong With Secretary Kim? Akan mengajak kita ikut tersenyum bahagia melihat kisah perjalanan romansa antara sang CEO narsis Lee Young Joon (Park Seo Joon) dan sekretarisnya yang handal Kim Mi So (Park Min Young).




    4. Strangers From Hell (2019)

    Bagi kamu pecinta cerita misteri dan thriller, pastikan untuk ikut tak melewatkan drama Korea Strangers From Hell. Dengan vibes-nya yang dark, Strangers From Hell bercerita tentang Yoon Jong Woo (Im Si Wan) yang baru saja mendapat pekerjaan dan pindah ke Seoul. Ia pun tinggal di sebuah apartemen murah yang ternyata masing-masing penghuni di dalamnya memiliki rahasia kelam dan mengerikan. Akankah Jong Woo berhasil beradaptasi di apartemen barunya tersebut? Strangers From Hell juga ikut dibintangi oleh aktor tampan Lee Dong Wook.




    5. Method to Hate You (2019)

    Turut diadaptasi dari Webtoon populer berjudul Method to Hate You, pihak JTBC juga membawa kisahnya ke dalam versi drama Korea. Drama Korea dengan 6 episode ini mengisahkan tentang seorang mahasiswi bernama Oh Mi Ri (Kim Ji In) yang berjuang untuk menyeimbangkan kehidupan kampusnya dengan kisah cintanya. Oh ya drama Korea satu ini juga turut diperankan oleh our boy crush, Jaemin NCT.




    6. Extra-ordinary You (2019)

    Satu tahun berselang sejak Webtoon berjudul Eojjeoda Balgyeonhan 7wol dirilis, ceritanya yang unik pun diangkat oleh stasiun televisi MBC ke dalam sebuah drama Korea berjudul Extra-ordinary You pada tahun 2019. Extra-ordinary You membawa kita pada kehidupan seorang puteri dari keluarga kaya bernama Eun Dan Oh (Kim Hye Yoon) yang hidupnya nyaris sempurna dan memiliki tunangan tampan bernama Baek Kyung (Lee Jae Wook). Suatu hari Dan Oh menyadari bahwa dirinya ternyata hanyalah figuran di sebuah komik! Bersama dengan murid nomor 13 yang misterius bernama Haru (Ro Woon), Dan Oh pun mulai melancarkan aksi protes dan tidak menuruti segala keinginan penulis komik. Akankah sang penulis komik akan mengubah kisah hidup Dan Oh?






    7. Her Private Life (2019)

    Calling all fangirl and fanboy in here! Pasalnya drama Korea yang diadaptasi dari Webtoon satu ini pastinya akan langsung related dengan kehidupanmu! Kenalkan Sung Deok Mi (Park Min Young) kurator dari sebuah galeri seni sekaligus seorang fangirl garis keras dari sosok penyanyi bernama One (Cha Shi An). Saking cintanya pada One, Deok Mi bahkan memiliki fansite khusus untuk idolanya tersebut! Hobi Deok Mi tersebut tanpa sengaja diketahui oleh sang atasan barunya yang dingin bernama Ryan (Kim Jae Wook). Opps!




    8. Love Alarm (2019)

    Series original Netflix yaitu Love Alarm sukses membuat banyak orang baper dengan kisah cinta segitiga antara Kim Jo Jo (Kim So Hyun), Hwang Sun Oh (Song Kang), dan Lee Hye Young (Jung Ga Ram). Ide mengenai aplikasi Love Alarm yang bisa mendeteksi orang yang menyukai penggunanya dalam jarak 10 meter tersebut merupakan jalan cerita dari Webtoon berjudul "Joahamyun Woolrineun” karya Cheon Kye-Young. A good news, Love Alarm pun telah dikonfirmasi oleh Netflix akan dibuatkan season keduanya!! Kyaaa...




    9. Mystic Pop-up Bar (2020)

    Karena kesalahan Wol Ju (Hwang Jung Eum) di masa lalu, dirinya pun dihukum harus membantu 100 ribu manusia demi menebus kesalahannya tersebut. Ia pun menyamar sebagai manusia dan seorang pemilik kedai bernama Ssanggab Cart Bar. Untuk mengelola kedai istimewa tersebut, ia pun dibantu oleh Manager Gwi (Choi Won Young) dan pemuda dengan kemampuan misterius Hang Kang Bae (Yook Sung Jae). Drama Korea ini juga diangkat dari sebuah webcomic populer yang dirilis tahun 2016 silam dengan judul sama, Mystic Pop-up Bar.




    10. Itaewon Class (2020)

    Beralih ke drama Korea populer selanjutnya yang diadaptasi dari Webtoon adalah Itaewon Class. Kisah inspiratif dan perjuangan Park Sae Ro Yi (Park Seo Joon) dalam membalas kematian sang ayah dan melawan anak serta CEO Jang Da Hee (Yoo Jae Myung) sejatinya merupakan kisah dari Webtoon berjudul Itaewon Class. Webcomic tersebut dikarang oleh Jo Gwang Jin dan terbit pada tahun 2018.




    11. True Beauty (2020)

    Jadi apakah kamu #TeamSuho ataukah #TeamSeoJoon? Apapun jawabanya, yang jelas drama Korea populer berjudul True Beauty ini begitu dinantikan oleh para K-drama lovers! Drama Korea tersebut juga diadaptasi dari Webtoon super populer karya Yaongyi berjudul sama dan kini tengah ditayangkan secara eksklusif di Viu Indonesia mulai tanggal 10 Desember 2020. ICYDK, True Beauty menceritakan tentang siswa SMA bernama Lim Joo Kyung (Moon Ga Young) yang sering di-bully karena wajahnya. Ia pun akhirnya memilih untuk belajar makeup dan bercita-cita menjadi seorang makeup artist ternama. Di tengah perjuangannya tersebut. Joo Kyung harus memilih dua pria yang menyukainya: si pangeran sekolah yang dingin Lee Suho (Cha Eun Woo) atau Han Seo Jun (Hwang In Yeop) yang rebel namun sebenarnya baik hati.




    12. Sweet Home (2020)

    Menuju akhir tahun 2020, kita pun kembali dimanjakan dengan drama Korea yang diadaptasi dari Webtoon populer berjudul Sweet Home. Berbanding terbalik dengan judulnya, series original Netflix ini akan mengajak kita pada petualangan menegangkan dari Cha Hyun Soo (Song Kang) dan beberapa penghuni apartemen Green Home lainnya saat mereka harus berjuang melawan serangan monsterisasi manusia. Sweet Home sendiri akan tayang di Netflix mulai tanggal 18 Desember 2020 dan dibintangi oleh sejumlah pemain papan atas Korea Selatan seperti: Lee Jin Wook, Lee Si Young, dan Lee Do Hyun.





    (Giovani Untari / Images: Dok. Viu Indonesia, tvN Drama Official, Netflix Indonesia / Ilustrasi: Rhani Shakurani)