Lifestyle

Awas, Ini 12 Tanda Teman Kamu Toxic dan Manipulatif!

  by: Kezia Calesta       16/12/2020
  • Memiliki teman dekat yang toxic dapat membuat hidupmu sengsara. Saat terlibat dalam hubungan romantis, memang lebih mudah untuk mendeteksi perilaku toxic yang dilakukan pasangan – namun dalam persahabatan, it’s a little bit harder. Is she toxic...or is she just going through some stuff? 


    Atau mungkin, kamu berada di sebuah girl group di mana setiap anggotanya memiliki sifat yang toxic? Beberapa wanita menceritakan pengalaman mereka ke Reddit dan membagi tanda-tanda yang membuktikan bahwa mereka memiliki seorang teman yang toxic dan manipulatif. Can you relate to any of these?




    1. “A simple rule: If they drain me, then they’re toxic.” Apakah menghabiskan waktu dengannya selalu membuatmu lelah secara mental? Apakah ia membuatmu merasa nyaman, atau kamu sering merasa kesal setelah mengobrol dengannya?


    2. “Saat kamu tahu tentang segala hal yang sedang berlangsung di kehidupannya, termasuk semua masalahnya...namun ia tidak tahu apapun tentang masalahmu.”


    3. “Jika ia sering membuatmu merasa anxious, dan kamu merasa harus selalu berhati-hati sebelum berbicara agar kamu tidak menyakiti perasaannya. Kamu juga sering merasa malas bertemu dengannya.”


    4. “Mereka terlalu kompetitif dan suka bergosip tentang teman-temannya. Mereka selalu tampak ramah dan supel di awal, tapi lama-lama saya sering mendengar mereka berkata, ‘Sebenarnya kehidupan si A bukan urusanku, dan saya tidak enak bercerita tentang masalah si A...’ tapi kemudian ia membeberkan semua rahasia dan masalah si A.”


    5. “Apa kamu yang selalu mengajak ketemu atau membuat rencana berkumpul? Jika kamu berhenti mengajaknya ngobrol, apakah ia akan menghubungimu sekedar untuk menanyakan kabar? Jika pertemananmu merasa one-sided, move on.”


    6. “Mereka toxic jika tidak menghargai waktumu. Maksudnya bukan 10-20 menit terlambat, tapi menyepelekan waktu ketemuan dan cuek meskipun telat, atau sering membatalkan rencana di menit-menit terakhir. Not worth your time.”




    7. “Jika kamu tidak pernah merasa nyaman 100% untuk curhat kepadanya ataupun menghabiskan waktu berdua dengannya.”


    8. “Memiliki group chat yang terpisah merupakan salah satu tanda besar. Atau, mereka mengatakan satu hal ke kamu namun hal berbeda ke orang lain.”


    9. “Mereka seorang ‘askhole’, alias teman yang selalu menanyakan pendapat tentang kehidupannya yang berantakan – namun tidak pernah mengambil saran kamu. Mereka hanya ingin menumpahkan perasaan tanpa keinginan untuk mengubah apapun.”


    10. “Mereka membuatmu merasa bersalah jika kamu menghabiskan waktu dengan teman-teman lain. Jika kamu tidak sengaja menyinggung mereka, mereka akan meledak dan menghinamu tanpa berpikir dua kali.”


    11. “Mereka selalu berusaha untuk memanipulasi kamu, dan membuat kamu merasakan lebih banyak emosi negatif dibanding positif.”


    12. Apakah mereka dapat dipercaya? Jika mereka sering menjelek-jelekkan ‘teman baik’nya di hadapanmu, itu artinya mereka akan menjelekkan kamu di depan orang lain juga.”


    (Image: doc. @yaanapi via Unsplash / Artikel ini disadurkan dari Cosmopolitan.com. Perubahan minor telah dilakukan oleh editor.)