Lifestyle

18 Rekomendasi Novel Laris 2020 untuk Ide Kado Akhir Tahun

  by: Givania Diwiya Citta       20/12/2020
  • Halo musim liburan akhir tahun! Dan halo berbagai acara tukar kado! Ini adalah salah satu periode terbaik sepanjang tahun 2020 yang sudah Cosmo tunggu-tunggu. Bagaimana tidak, ajang berbagi bisa menebar vibe positif, bahkan menjadi penutup yang manis bagi tahun 2020 yang kita jalani seperti roller coaster ini. Dan jika kamu masih memikirkan kado terbaik apa untuk diberi pada the girls, anggota keluarga, atau bahkan pada si dia (astaga, Cosmo akan bantu meringankan decision-fatigue kamu, oke), maka sebuah novel tak akan pernah jadi ide kado yang salah. Bahkan lebih baiknya lagi, coba tengok rekomendasi novel laris di sepanjang tahun 2020, karena seluruhnya merupakan bacaan populer namun mengagumkan yang pasti akan disukai oleh siapa pun. Ehm, Cosmo ulangi lagi, SIAPA PUN. 


    A Promised Land – Barack Obama




    Ah, Cosmo juga rindu dengan kehadiran sosok besar ini. Mantan presiden Amerika Serikat ini mengungkapkan kehidupannya dalam sebuah cerita yang bermula dari masa kecilnya hingga ke masa jabatannya sebagai presiden. Buku ini pasti bisa jadi teman di rak buku bagi Becoming milik Michelle Obama (yang juga masih menjadi buku laris bahkan setelah dua tahun kemudian, lho). Bacaan ini akan membuat siapa pun merasa intelek. (Opentrolley.co.id, harga: Rp851.000,-)


    Untamed – Glennon Doyle


    Tak mungkin kamu tak mengenal buku ini karena ia pernah viral di media sosial. Memoar Glennon Doyle ini tersohor di Instagram sepanjang tahun 2020 karena ia mengemas berbagai kata-kata bijak super relevan dan relatable dengan kehidupan sehari-hari kita. Berikan kado buku ini dengan bonus highlighter, karena akan ada banyak section yang bisa membuat kita ketagihan membaca berulang-ulang. (Periplus.com, harga: Rp403.000,-)


    The Ballad of Songbirds and Snakes – Suzanne Collins


    Halo para penggemar Hunger Games! Kalau tiga buku sebelumnya tak cukup untukmu, maka kamu butuh novel distopia terbaru dari Suzanne Collins. Inilah spinoff dan prequel dari THG yang akan menampilkan mengapa Presiden Snow menjadi nemesis Katniss. (Periplus.com, harga: Rp420.000,-)


    The Vanishing Half – Brit Bennett


    Kehidupan Vignes bersaudari memang memiliki arah yang berbeda. Salah satunya diam-diam bisa lolos menjadi perempuan kulit putih sementara satunya lagi menetap di kampung halaman di daerah selatan Amerika bersama putrinya. The Vanishing Half mengemukakan seperti apa artinya menjadi individu berkulit hitam di Amerika dan seluruh isu kompleks yang mereka alami. (Periplus.com, harga: Rp383.000,-)


    One by One – Ruth Ware


    Kalau kamu tahu apapun tentang Ruth Ware, maka kamu pasti tahu betapa cerita menegangkan miliknya selalu bikin merinding. Setelah delapan rekan kerja terdampar di pegunungan Prancis, mereka harus menemukan cara agar bisa bertahan hidup. Kepanikan mereka pun meningkat seiring perpecahan dalam grup dimulai satu demi satu. (Opentrolley.co.id, harga: Rp519.000,-)


    Ready Player Two – Ernest Cline


    Katakan halo pada sekuel Ready Player One (novel debut Ernest yang kemudian dijadikan film oleh Steven Spielberg dan dibintangi oleh Tye Sheridan). Buku sci-fi sinister ini sebenarnya cukup menyeramkan – dengan plot yang cukup mirip dengan buku pertamanya – kamu yang sudah membaca pasti tahu, dunia di ambang kiamat dan masyarakatnya bersiap untuk menghadapi kenormalan distopia. (Periplus.com, harga: Rp412.000,-)


    Forgiving What You Can’t Forget – Lysa Terkeurst


    Bercerita tentang proses move on dan belajar cara memaafkan orang-orang yang-berat-untuk-dimaafkan, buku self-help ini bertujuan untuk membantu kamu berhenti stres terhadap hal-hal yang tak bisa kamu ubah. (Periplus.com, harga: Rp383.000,-)


    Leave the World Behind – Rumaan Alam


    Meninggalkan dunia ini? Ke mana? Ruang angkasa? 2025? Dimensi alternatif di mana pandemi itu tak nyata? Cosmo penasaran. Tapi sebenarnya, Rumaan bercerita tentang parenthood, ras, dan kelas, dan apa yang bisa terjadi pada seseorang ketika ia mengalami krisis. (Periplus.com, harga: Rp397.000,-)


    Lady in the Lake – Laura Lippman


    Jika tahun 2020 tidak membuat kamu bergidik ketakutan, maka siapkan pikiranmu untuk berkelana kembali ke Baltimore era 1960an untuk sebuah cerita psikologis modern namun klasik tentang seorang perempuan yang mengejar suatu kasus pembunuhan yang telah terlupakan. (Periplus.com, harga: Rp241.000,-)


    The Guest List – Lucy Foley




    Ada satu hal yang tak diinginkan semua pasangan pengantin: Mayat tamu di pernikahan mereka. Misteri pembuhuan dari Lucy Foley ini akan memberi kita mimpi buruk, tapi semua ketakutan itu akan terbayar sepadan ketika kita tamat membaca buku ini. (Periplus.com, harga: Rp426.000,-)


    Deacon King Kong – James McBride


    Pernah mendengar tentang kisah hebat dari tahun 1995, The Color of Water? Nah, ini adalah buku dari penulis yang sama – kecuali yang satu ini bukanlah sebuah memoar, Deacon King Kong adalah tentang apa yang tejadi setelah baku tembak di gereja oleh pengedar obat. Kamu pasti penasaran. (Periplus.com, harga: Rp441.000,-)


    The Glass Hotel – Emily St. John Mandel


    Skema Ponzi runtuh dan seorang perempuan misterius hilang di suatu kapal di laut. Apakah peristiwa aneh ini saling berhubungan? Kamu harus membaca novel ini untuk tahu mengapa. (Periplus.com, harga: Rp412.000,-)


    Midnight Sun – Stephanie Meyer


    Penggemar Twilight, yang satu ini untuk kamu. Stephenie Meyer kembali dengan kisah dongeng yang kini diceritakan dari sudut pandang Edward. Peringatan: Membaca novel ini pasti akan 100% membuat kamu melihat seluruh karakter di semesta Twilight jadi berubah. (Opentrolley.co.id, harga: Rp556.000,-)


    Home Body – Rupi Kaur


    Rupi Kaur menyuguhkan koleksi lain dari puisi intim yang akan membuat kamu merasa bahwa ia seolah bisa membaca setiap lembar dari diary kamu (kamu pasti punya diary, jangan pura-pura). Kalau kamu ingin menikmati perasaanmu sendiri, maka tambahkan buku ini ke daftar bacaan teratas. (Opentrolley.co.id, harga: Rp307.000,-)


    A Good Girl’s Guide to Murder – Holly Jackson


    Setelah seorang senior populer di SMA terbunuh oleh pacarnya sendiri (yang kemudian bunuh diri), tragedi mengerikan ini menghantui kota kecil tersebut selama bertahun-tahun. Lima tahun kemudian, seorang warga masih tak percaya bahwa pacar tersebut merupakan pembunuh, dan ia pun mencari kebenarannya sendiri. Jika kamu menyukainya (Cosmo tebak kamu pasti akan suka), maka coba lanjutkan baca sekuel Good Girl, Bad Blood. (Periplus.com, harga: Rp284.000,-)


    American Dirt – Jeanine Cummins


    Buku ini amat sukses (karena Oprah bahkan endorse buku ini), kemudian ia pun menjadi kontroversi, yang semakin membuat orang-orang penasaran pada buku ini, yang lantas membuat buku ini semakin laris terjual. Jeanine menceritakan tentang perempuan Meksiko dan putranya dalam menyeberang ke perbatasan Amerika Serikat. Buku ini menjadi perbincangan nasional tentang siapa yang diizinkan untuk berbicara, dan privilege kulit putih di industri penerbitan. (Periplus.com, harga: Rp284.000,-)


    In Five Years – Rebecca Serle


    Kehidupan Dannie terganggu setelah ia terbangun ke lima tahun di masa depan. Ia bertunangan dengan seorang pria baru dan tinggal di sebuah apartemen baru. Setelah menghabiskan satu jam di masa depan, ia terbangun lagi di masa kini. Tapi bagaimana ia tak terguncang setelah tahu bahwa di masa depan ia akan memiliki kehidupan yang berbeda dari yang sudah direncanakan sebelumnya? (Periplus.com, harga: Rp252.000,-)


    The Girl with the Louding Voice – Abi Daré


    Adunni adalah seorang remaja yang tumbuh di Nigeria dan satu-satunya mimpinya adalah mendapatkan pendidikan, meski ada banyak tantangan yang ia hadapi. Jika kamu sedang merasa down, maka kisah ini akan menginspirasimu untuk terus mengejar mimpi – tak peduli apapun yang dihadapi. (Periplus.com, harga: Rp369.000,-)


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Image: Dok. Cosmopolitan US, Dok. Goodreads.com / Paulina Jayne Isaac)