Lifestyle

Lengkap! Ini Cara Membaca Birth Chart dan Zodiakmu Sendiri

  by: Alvin Yoga       18/12/2020
  • Cancerian dikenal emosional dan Aquarians biasanya aneh. Ini adalah beberapa pernyataan normal soal Sun sign—atau yang mungkin lebih kamu kenal sebagai zodiak. Tak salah kok, tapi selain pernyataan tersebut—dan kenyataan bahwa meme astrologi memang menghibur—ada lebih banyak hal lain soal astrologi yang perlu kamu ketahui selain Sun sign. Tahukah kamu bahwa birth chart-mu terdiri dari beberapa posisi planet yang masing-masing terbagi menjadi 12 house yang berbeda? Tak ada satu pun chart di dunia ini (bahkan kalau kalian kembar) yang betul-betul sama persis! Well, karena...seluruh planet terus berputar, kan?

    Bertemu dengan seorang pembaca birth chart yang pro memang merupakan ide yang menarik, tapi jika kamu ~sangat~ penasaran dengan astrologimu, hal terbaik untuk mulai "membedah" birth chart-mu adalah dengan melihatnya di website penyedia birth chart, seperti Astro.com atau CafeAstrology.com. Kamu akan membutuhkan tanggal lahir, waktu lahir, serta lokasi lahir yang akurat untuk mengetahui secara tepat seluruh birth chart-mu.

    Dari kalkulator tersebut, kamu akan mendapatkan birth chart yang terbagi ke dalam 12 house. Sun, MoonRising, serta seluruh planet lainnya akan terbagi dalam satu house dan satu zodiak—semisal, kamu mungkin mendapatkan Sun sign-mu berada di Leo dan house kelima, atau Merkurius-mu berada di Libra di house ketiga. Begitu kamu mendapatkan chart tersebut, gunakan petunjuk di bawah ini untuk mulai menginterpretasi DNA kosmos-mu!




    BACA JUGA: Ini Planet yang Mengatur Zodiakmu!



    The Planets

    Ketika kamu bicara soal zodiak, yang kamu bicarakan sebenarnya adalah Sun sign—aka posisi Matahari ketika kamu lahir. Namun selain posisi Matahari, birth chart-mu juga menunjukkan posisi di mana Bulan dan planet-planet lainnya ketika kamu lahir, dan masing-masing posisi planet tersebut menunjukkan suatu hal mengenai dirimu.


    THE SUN

    Ini adalah posisi di mana kamu akan bersinar paling terang dalam hidupmu. Basically, Sun sign menunjukkan sosok seperti apa yang kamu inginkan ketika kamu "tumbuh dewasa". Memahami berada di mana house-nya akan membuatmu mengetahui banyak hal soal jalan hidup, serta menjawab pertanyaan soal pilihan kariermu.


    THE MOON

    Reaksimu, kebutuhan emosionalmu, serta zona nyamanmu seluruhnya berada di energi lunar. Kalau kamu merasa Sun sign-mu kurang tepat, cari apa Moon sign-mu. Sign ini akan menjelaskan apa yang kamu inginkan untuk membuatmu merasa lebih termotivasi.


    BACA JUGA: Fakta Unik Zodiak Tanah, Zodiak Api, Zodiak Air, dan Zodiak Udara.


    MERCURY

    Benak, akal, cara berpikir, serta gaya berbicaramu seluruhnya terasosiasi dengan planet Merkurius. Sign ini mengungkapkan bagaimana kamu mengekspresikan diri, dan akan memberimu kesadaran-diri untuk mengerti caramu berinteraksi dengan orang lain.


    VENUS

    Venus adalah dewi Romawi untuk cinta, kecantikan, dan romansa. Posisi planet ini dalam birth chart-mu menandakan bagaimana kamu menunjukkan perasaan dan jatuh cinta—tak mengagetkan jika ini kemudian menjadi planet favorit setiap orang! Posisi Venus juga akan menjelaskan apa yang kamu butuhkan untuk merasa gembira dan bahagia dalam hubungan romantismu dan juga kencan.


    MARS

    Yup, tebakanmu benar—berhadapan dengan cinta, Mars menunjukkan bagaimana kamu memandang seks. Mars adalah penguasa daya tarik, selera seksual, serta bagaimana kamu memutuskan untuk beraksi. Ingin tahu apa yang membuatmu terangsang? Cek posisi Mars-mu!


    SATURN

    Stabilitas, struktur, pelajaran hidup, dan disiplin: Saturnus terdengar seperti hal yang serius dan tak suka bermain-main, namun planet ini juga punya sisi menyenangkannya tersendiri. Saturnus bisa menunjukkan pada hal apa dalam hidup kamu bisa memetik hasil dari kerja kerasmu. Selain itu, Saturnus juga merepresentasikan stabilitas dalam hubungan.


    JUPITER

    Planet ini menunjukkan pertumbuhan dan kesejahteraan, sama seperti dewa Jupiter! Posisi Jupiter dalam chart-mu menyatakan di mana dan bagaimana kamu bisa merasakan kemakmuran dalam hidupmu. Baca: ini adalah planet dalam kosmos yang menunjukkan soal U-A-N-G.


    URANUS

    Planet unik ini adalah satu-satunya planet di galaksi yang berputar dengan cara yang berbeda: berkebalikan dengan planet lainnya! Inilah sebabnya Uranus banyak menjelaskan soal teknologi baru, inovasi, dan kehidupan sosial. Uranus sign-mu menjelaskan bagaimana kamu menghadapi hal-hal yang kurang menyenangkan dalam hidup.


    NEPTUNE

    Seperti elemennya, yaitu air, secara garis besar Neptunus mengatur spiritualitas, penyembuhan, serta kreativitas. Planet ini bisa menambahkan semangat inspirasi untuk angan-angan ala Hollywood-mu serta caramu lari dari kenyataan. Jika Sun sign atau Moon sign-mu berada di planet ini (aka Pisces), mewujudkan mimpimu menjadi kenyataan mungkin tak sesulit yang kamu pikirkan!


    PLUTO

    Pluto menunjukkan di mana kamu bisa merasakan pertumbuhan yang optimal. Melihat posisi Pluto biasanya akan membuat seorang ahli astrologi bergetar ngeri, tapi jangan takut memandang perubahan! Transformasi adalah suatu hal yang baik dan kita tak bisa berevolusi dalam hidup jika tidak menghadapinya dengan pikiran terbuka!


    BACA JUGA: Ini Kelebihan Masing-masing Zodiak yang Sering Terlupakan!


    Uncover the 12 Houses

    Begitu kamu pertama kali membaca birth chart, kamu akan melihat bahwa ada sebuah lingkaran yang terbagi menjadi 12 bagian kecil, dengan simbol zodiak di masing-masing bagian dan garis yang saling terkoneksi satu sama lain. Terlihat membingungkan, memang. Namun tenang, mari kita mulai dengan 12 bagian yang disebut dengan 12 house. Masing-masing house diatur oleh satu zodiak dan satu planet, meski seringkali mereka tidak terlihat cocok di chart-mu. House tersebut akan menjabarkan area mana dalam hidupmu yang dimanifestasi oleh energi sang planet, entah itu identitasmu seluruhnya, kariermu, kehidupan cinta, atau hubunganmu. Semisal, house pertama atau first house diatur oleh Mars dan Aries, hal ini menandakan keinginan personal dan identitasmu yang sejati. Entah apapun Rising sign-mu, house ini akan menjelaskan mengapa kamu memiliki kepribadian yang unik dan mengapa beberapa hal terjadi dalam hidupmu. Jadi, kalaupun Sun sign-mu Leo, belum tentu kepribadianmu seluruhnya Leo, karena ikut diatur oleh 1st house-mu yang mungkin berada di Capricorn. Cukup paham? Mari kita lanjutkan.




    1ST HOUSE

    Diatur oleh Mars dan zodiak api Aries, ini adalah house yang menunjukkan identitas dan personalitasmu. House ini juga menjadi lokasi dari ascendant atau Rising sign-mu—yang dikenal paling penting dalam chart. 1st house dan Rising sign merepresentasikan bagaimana kamu menunjukkan dan memperkenalkan dirimu pada dunia. Ini adalah area yang perlu kamu pahami ketika kamu ingin mengerti perubahan personal dalam hidupmu.


    2ND HOUSE

    Ingin melihat apakah kamu akan dipromosikan atau mendapat tambahan pundi-pundi uang di rekeningmu? Lihat posisi 2nd house-mu. Diatur oleh Venus dan sang elemen tanah Taurus, pendapatan serta harga dirimu saling terjalin di sini. Memahami energi dari house ini bisa memotivasimu untuk maju dan meminta bonus yang pantas kamu dapatkan!


    3RD HOUSE

    Komunikasi dan kebiasaan bepergianmu digarisbawahi di sini, jadi secara natural, Merkurius yang sibuk dan Gemini yang cerewet mengatur house ini. 3rd house-mu bisa menjelaskan hubunganmu bersama saudaramu, bagaimana kamu berelasi dengan tetanggamu, dan caramu berkomunikasi dengan sesama.


    4TH HOUSE

    Fondasi emosional dan kehidupan keluargamu berada di house yang sangat personal ini. Diatur oleh sang zodiak air yang penuh rasa peduli, yaitu Cancer dan Bulan, house ini akan menjelaskan hal-hal di dalam rumahmu. Merasa kamu butuh pindah, atau merasa lebih cocok tinggal sendirian? Ini adalah house yang tepat untuk mencari tahu seperti apa lingkungan hidup yang cocok untukmu.


    5TH HOUSE

    Venus yang suka bersenang-senang berada di 5th house, meski secara teknis house ini sejujurnya diatur oleh Matahari dan Leo, inilah mengapa house ini ikut menjelaskan caramu bermain-main dan menunjukkan sisi kreatif. Area ini juga menunjukkan bagaimana kamu menggoda orang lain dalam hal romansa, juga caramu bersenang-senang. Sebagai contoh, ketika kamu mengalami transit di Venus—aka ketika Venus bergerak mendekati Sun sign-mu—kamu kemungkinan besar akan berkencan atau tiba-tiba lebih flirty.


    6TH HOUSE

    House ini merepresentasikan bagaimana kamu menjalankan keseharian, rutinitas kesehatan, dan caramu bekerja. Diatur oleh Virgo (lagi, tak mengejutkan) dan Merkurius, memahami area ini dalam chart bisa membantumu mencari tahu: Apakah pekerjaan di dalam kubik kantor lebih cocok untukmu, atau justru kamu lebih pantas sebagai seorang entrepreneur yang berjiwa bebas.


    BACA JUGA: Fakta Unik Zodiak Cardinal, Zodiak Fixed, dan Zodiak Mutable.


    7TH HOUSE

    Venus adalah penguasa house ini, dan diasosiasikan dengan zodiak Libra. Seluruh hubungan atau kehidupan relationship-mu, baik asmara maupun bisnis, ada di house ini...hmmm, kini semuanya jadi semakin menarik! Area ini merepresentasikan pernikahan dan hubungan jangka-lama.


    8TH HOUSE

    Selamat datang di wilayah Scorpio. Ini adalah house dari Pluto, dan ya, semuanya terasa lebih intens di sini. House ini mengatur seks dan juga hal-hal mistis seperti tarot, astrologi, dan hal-hal ajaib seperti sihir. Ini adalah tempat wilayah dalam chart di mana sebagian besar transformasi dan pertumbuhan berlangsung. Kalau house ini berada di bawah Scorpio atau Pisces—yang diatur oleh dua planet alih-alih satu—kamu mungkin akan mengalami banyak perubahan besar dalam hidup dibandingkan orang lain.


    9TH HOUSE

    Ini adalah rumah dari sang Jupiter yang beruntung dan Sagittarius yang optimis. Kebijaksanaan, filosofi dan traveling berada di house ini. 9th house dapat menjelaskan apakah kamu lebih suka belajar dari pengalaman hidup atau mempelajari standarnya dari studi di kampus.


    10TH HOUSE

    Karier, gengsi, dan juga penampilan publikmu diatur oleh 10th house, dan tentu saja, Saturnus dan Capricorn mengatur area ini. Untuk memahami karier apa yang terbaik untukmu atau mengapa kamu membuat keputusan tertentu, lihat kembali 10th house-mu.


    11TH HOUSE

    Kelompok sosial, pertemanan, dan network-mu berada di house ini. Diatur oleh Uranus dan sang zodiak udara Aquarius, 11th house menjelaskan tipe koneksi apa yang kamu jalani, dan bagaimana kamu berhubungan dengan orang-orang di sekitarmu.


    12TH HOUSE

    Ini adalah house yang tidak nampak dari luar! Area dalam chart ini diatur oleh sang planet yang penuh mimpi, Neptunus, dan juga zodiak air Pisces yang sangat, sangat intuitif. Kamu mungkin tidak memiliki satu planet pun di house ini, tapi kalau ada, maka elemen mistisnya akan turut hadir dalam setiap ekspresimu yang energik. 


    BACA JUGA: Ini Elemenmu Berdasarkan Zodiakmu!


    Membaca Birth Chart

    Sekarang setelah kamu mengetahui fondasi awal dari astrologi, saatnya kamu menambahkan warna pada pemahamanmu. Kini kamu bisa mengombinasikan pengetahuanmu terhadap 12 house dan planet-planet yang ada. Lihat kembali masing-masing house dalam chart-mu dan lihat apa simbol astrologi yang ada di dalamnya. Kemudian, bandingkan chart-mu dan lihat zodiak apa yang berpengaruh dalam masing-masing planet.

    Untuk memahami kunci dari kepribadianmu sendiri, mulailah dari yang paling mudah, yaitu Rising, Sun, Moon, Venus dan posisi Mars. Energi-energi ini adalah awal dari perjalananmu mengungkap hidupmu, kebutuhan emosionalmu, apa yang kamu sukai, dan bagaimana kamu memandang cinta. Tak ada yang lebih penting dibanding memahami dirimu sendiri!


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Cosmopolitan US)