Lifestyle

Simak 5 Tips Cerdas Mengelola Sampah di Rumah!

  by: Giovani Untari       23/12/2020
    • Girls, kamu pun bisa menjadi bagian dari aksi menyelamatkan bumi dengan cara mengelola sampahmu secara cerdas di rumah.
    • Yuk, simak 5 tips cerdas mengelola sampah di rumah berikut ini!


    Data dari Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mencatat bahwa dalam satu hari, ibukota Indonesia tersebut mampu menghasilkan hingga 7.000 sampah plastik. Buruknya lagi sekitar 1.900 - 2.000 ton sampah itu merupakan sampah plastik yang sulit terurai. Bayangkan jumlah tersebut “hanyalah” adalah angka yang terjadi di DKI Jakarta, belum termasuk di berbagai provinsi lainnya. Ada begitu banyak bukan, sampah yang akhirnya menumpuk di muka bumi ini? Jadi mari kita bantu lingkungan dengan memulai gerakan mengelola sampah secara mandiri di rumah sebagai berikut:




    1. Pilah Sampah Kamu

    Jika biasanya kamu menyatukan sampah ke dalam satu wadah atau kantung plastik, mari mulai membagi sampah di rumah ke dalam tiga klasifikasi berbeda. Yaitu sampah organik, sampah anorganik, dan sampah elektronik. Letakkan sampah ini ke dalam wadah pembuangan yang berbeda, lalu beri label sesuai jenis sampahnya setiap kali kamu akan membuangnya. 

    Cara ini bermanfaat untuk membantu proses pengolahan dan daur ulang sampah di tempat pembuangan akhir. Proses ini pun bisa mengurangi dampak dihasilkannya gas metana ke atmosfer akibat sampah yang bercampur. Segera pilah sampahmu setiap harinya agar tidak menumpuk ya, ladies!



    2. Bilas Kemasan Sampah Plastik dan Minuman Kotak Sebelum Dibuang

    Beberapa sampah anorganik seperti seperti botol, bungkus produk plastik, serta minuman kotak masih bisa diolah kembali menjadi beberapa barang bernilai ekonomis oleh bank sampah. Untuk memudahkan proses recycle di sana, kamu bisa mencuci dan mengeringkannya terlebih dahulu sampah kemasan tersebut agar tidak berbau sebelum diolah.




    3. Kirimkan ke Bank Sampah Terdekat

    Cara terbaik dalam mengelola sampah anorganik adalah dengan mengirimkan sampah yang sudah kamu pilah ke bank sampah terdekat. Di Indonesia saat ini sudah banyak pihak yang menawarkan jasa bank sampah untuk membantu mengelola sampah anorganik. Sampah-sampah itu nantinya akan diolah menjadi kebutuhan bernilai ekonomis, seperti misalnya tas belanja atau pouch makeup. Uniknya lagi, setiap sampah yang kamu setorkan bisa menjadi tabungan dan mendapat keuntungan berupa uang. Win-win solution, right?


    4. Olah Sampah Organik Menjadi Kompos

    Sampah organik pun tak kalah memerlukan perhatian. Dibanding membuangnya begitu saja, kamu bisa mengubah sampah organik menjadi kompos yang bermanfaat bagi tanaman. Triknya? Siapkan sebuah compost bin, beri sekam lalu masukkan sampah organik dalam kondisi kering. Terakhir beri daun kering dan tutup compost bin tersebut. Lakukan hal yang sama setiap kali memasukkan sampah organik baru ke dalam compost bin. Dalam waktu dua minggu, kompos kamu sudah jadi dan bisa digunakan.



    5. Atau Coba Buat Eco-Enzyme di Rumah

    Pernah dengar tentang eco-enzyme? Teknik recycle sampah ini memanfaatkan enzim fermentasi dari sampah organik nabati (seperti buah dan sayur) yang dicampur dengan brown sugar. Cara membuatnya pun terhitung mudah. Kamu tinggal memasukkan air + sampah sayur buah + brown sugar dengan persentasi 10:3:1 ke dalam wadah plastik dan tutup cairan hingga tiga bulan. 

    Dengan membuat eco enzyme ini, kamu sudah membantu menekan produksi gas metana yang dihasilkan ke udara dari sampah organik. Fungsi lainnya, eco enzyme bisa digunakan sebagai cairan pembersih rumah, air purifier, dan penolak serangga.






    NEED SOME HELP?

    Sejumlah akun Instagram ini bisa jadi panduan kamu untuk mengelola sampah di rumah dengan lebih smart:


    1. @sustaination

    Tak hanya informatif dengan blog, infografis, juga siaran podcast-nya, Sustaination juga menjual beberapa zero-waste dan eco-friendly kit yang bermanfaat.




    2. @zerowaste.id_official

    Akun Instagram satu ini menawarkan banyak life hacks dan fakta seru untuk membantu kamu hidup lebih ramah lingkungan.




    3. @kotatanpasampah

    Ingin belajar soal membuat kompos yang benar? Akun Instagram satu ini adalah jawabannya!




    (Giovani Untari / Images: Dok. Freepik.com, Jcomp from Freepik.com)