Lifestyle

Amandari, Resor di Ubud untuk Opsi Liburan Wellness

  by: Alvin Yoga       26/12/2020
    • Liburan wellness adalah salah satu kegiatan yang diinginkan (dan diimpikan) banyak orang, terutama setelah melewati tahun 2020 yang penuh tantangan.
    • Salah satu destinasi liburan wellness yang bisa kamu lirik adalah Amandari di Ubud. Resor dengan infinity pool pertama di Ubud ini memiliki suasana yang sangat sejuk, serta jauh dari keramaian.


    Tak terasa penghujung tahun akhirnya tiba di depan mata. Setelah berbulan-bulan melewati tantangan yang cukup berat di 2020 ini, rasanya berlibur merupakan...suatu keinginan yang harus dibayar tuntas saat keadaan membaik nanti. Cosmo yakin kamu pasti menganggukkan kepala membaca pernyataan tersebut, dan mungkin kini “Liburan” sudah menjadi nomor satu dalam daftar to-do list-mu di tahun mendatang.

    Nah, untuk kamu yang sedang menyiapkan rencana untuk liburan wellness di tahun 2021 nanti *fingercrossed, Cosmo memiliki satu rekomendasi resor menarik yang terletak di Ubud untukmu: Amandari.



    Dengan hamparan terasering sawah berwarna kehijauan di satu sisi, serta lanskap hutan yang memanjakan mata di sisi lainnya, resor dengan 31 suite dan satu vila ini berdiri dengan megahnya di atas sungai Ayung. Terletak di Ubud – yang dikenal sebagai destinasi untuk mengistirahatkan tubuh serta pikiran – resor Aman pertama di Indonesia ini bisa menjadi opsi untuk kamu yang ingin relaksasi sepenuhnya.

    Begitu menginjakkan kaki, kamu akan langsung disambut oleh udara segar serta suasana yang tenang, dengan bunyi sahutan binatang kecil yang sesekali menyapa. Terik sinar matahari yang hangat menembus pepohonan di siang hari, dan ketika malam datang, suhu akan terasa sedikit lebih dingin, dengan kabut tipis yang berhembus turun dari atas gunung. Di musim hujan ketika titik-titik air mulai turun, udara akan terasa semakin sejuk.


    Aman Fact:

    Seluruh resor Aman di Bali tidak menyediakan televisi, and actually it’s a good idea, karena dengan begitu kamu bisa beristirahat sepenuhnya. It’s a wellness retreat, rite?


    Setelah menyelesaikan proses check-in, kamu akan disapa dengan pemandangan kolam-kolam lotus kecil yang tersebar di sekeliling resor, serta deretan pohon kamboja yang menghiasi sisi kiri dan kanan jalan setapak menuju masing-masing suite. Desain suite-nya sendiri dibangun sedemikian rupa layaknya vila tradisional, dengan interior dari kayu jati yang terkesan sederhana namun elegan, serta atap dari bambu dan kayu dari pohon kelapa – lengkap dengan gazebo kecil untuk bersantai di depan kamar.


    Oh ya, kamu bebas memilih, ingin menikmati suite satu lantai tanpa sekat yang terkesan lapang, atau suite dua lantai dengan lounge area di lantai bawah (cocok sebagai area untuk membaca buku!) serta kamar pribadi di lantai atas. Selain itu, beberapa suite juga dilengkapi dengan private pool, cocok untuk kamu yang ingin menikmati liburan seorang diri. Pilihan lainnya, kamu bisa berenang sambil menikmati sunset di infinity pool (pertama di Ubud!) yang terletak dekat lobi, dengan pemandangan langsung menghadap sungai Ayung dan pepohonan tinggi di kejauhan.



    COSMO TIP:


    Ingin mencari tempat yang lebih secluded bersama pasangan atau keluarga? Amandari memiliki satu vila dengan tiga kamar tidur (masing-masing kamar terpisah dalam satu paviliun khusus, serta satu paviliun tambahan sebagai lounge area). Akses masuknya berbeda dengan resor, dan yang paling menakjubkan dari vila ini adalah private pool dua-tingkat yang dikelilingi taman asri serta pemandangan langsung ke arah sungai Ayung. Dua anggota dari tim Amandari akan dipilih khusus untuk membantu kala diperlukan, dan selama menginap kamu juga diberikan fasilitas mobil pribadi.




    Ingin mengisi perut? Amandari memiliki sebuah restoran berkonsep ruang terbuka dekat lobi, juga sebuah paviliun bar di sisi kolam renang. Keduanya mengusung konsep menu Indonesia dan Western-inspired, dengan sebagian besar bahan makanan organiknya bersumber dari taman sayur pribadi Amandari (yang hasil produksinya juga dibagikan kepada penduduk lokal Kedewatan, two thumbs up!). Opsi lainnya, kamu juga bisa menikmati makanan di dalam suite, atau hubungi pihak resor kalau-kalau kamu ingin memesan tempat yang lebih privat untuk piknik bersama sahabat, atau special romantic dining di Bale yang terletak dekat terasering Jatiluwih.


    Satu hal yang juga tak kalah menarik dari resor ini, kamu bisa berendam di bathub outdoor yang tersedia di masing-masing suite – lengkap dengan bath gel dan bath salt khas Aman untuk melengkapi pengalaman berendam kamu. Dan tak perlu cemas, masing-masing bathub dikelilingi dengan tembok tinggi agar kamu terhindar dari gangguan. Layak dicoba!


    What else to do:


    Amandari memiliki serangkaian aktivitas seru untuk mengisi hari. Kamu bebas memilih mulai dari melakukan yoga atau meditasi, memasak menu makanan lokal bersama warga desa setempat (ini kegiatan favorit Cosmo!), berbelanja di pasar Ubud, rafting di sungai Ayung, bermain golf, bersepeda, hingga trekking menyusuri gunung dan sungai Ayung. Seluruh aktivitas tersebut akan dilakukan dalam grup kecil.


    Important note:

    Seluruh resor Aman di Bali, mulai dari Amandari, Amankila, serta Aman Villas at Nusa Dua, mengikuti protokol COVID-19. Seluruh tim – mulai dari driver yang menjemputmu di bandara sampai butler dan chef, seluruhnya diwajibkan menggunakan masker ketika bekerja – dan telah melakukan rangkaian tes kesehatan terlebih dahulu sebelum bekerja.

    Mobil yang digunakan untuk airport transfer dipastikan telah disanitasi sebelum menjemput tamu, dan setiap tamu akan diberikan masker kain, tisu basah, serta hand sanitizer dalam pouch kecil ketika sampai di resor. Temperature check akan dilakukan sebelum kamu masuk ke area lobi, dan seluruh luggage akan disanitasi untuk menjaga kenyamanan.

    Amenities serta daily complimentary akan diberikan hanya ketika kamu telah berada di dalam suite, dan tak perlu khawatir, sanitizer gel tersedia di dalam suite serta seluruh area publik. Aman juga melakukan disinfeksi pada seluruh daerah publik setiap beberapa jam sekali, dan tim housekeeping akan melakukan sanitasi pada seluruh kamar setiap harinya. Untuk menghindari kontaminasi, peralatan cleaning akan diganti untuk setiap kamar.

    Selain itu, seluruh restoran di Aman juga mengurangi jumlah pengunjung untuk non-residents, dan menu restoran telah difokuskan pada wellness options yang lebih sehat. Fitness dan gym centre hanya memperbolehkan dua tamu di satu waktu (kamu diharuskan melakukan reservasi terlebih dahulu), dan turnover time akan diberlakukan selama 30 menit setelah tamu selesai melakukan sesi olahraga untuk proses sanitasi.


    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Amandari)