Lifestyle

Amankila, Resor 'Hidden Gem' di Bali untuk Pencinta Pantai

  by: Alvin Yoga       27/12/2020
    • Berlibur merupakan salah satu to-do list di tahun 2021 yang...rasanya ingin diwujudkan setiap orang setelah situasi telah membaik.
    • Salah satu opsi resor terbaik di Bali dengan suasana pantai dan infinity pool-nya yang cantik: Amankila.


    Aaah...pelesir. Rasanya tak ada yang lebih tepat selain menghadiahi diri dengan sebuah perjalanan wellness untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran di tahun mendatang—terutama jika keadaan sudah membaik nanti. Masih bingung mencari destinasi yang tepat untuk tujuan tersebut? Saran Cosmo: mulailah dengan mengunjungi destinasi lokal demi meningkatkan perekonomian dalam negeri. Seperti Pulau Dewata, yang selalu bisa menjadi opsi menarik untuk melepas penat. Dan, tak perlu bingung, Cosmo sudah mengantongi rekomendasi tempat untuk sebuah pengalaman liburan yang tak terlupakan. Kamu rindu akan suasana pantai dengan suara deburan ombak yang menenangkan serta sinar matahari yang hangat menembus kulit? Opsi terbaik untukmu: Amankila.





    Sekitar satu jam tiga puluh menit jauhnya dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Amankila berdiri dengan indahnya di pinggir pantai layaknya sebuah lukisan. Resor yang terletak di Manggis, Karangasem, Bali Timur ini diapit oleh pemandangan Gunung Agung yang menjulang tinggi di bagian belakang serta Selat Lombok yang teduh di bagian depan. Secara keseluruhan, Amankila mengusung konsep berundak, dengan suite yang terpisah-pisah mengikuti kontur lembah yang melengkung.


    Begitu masuk ke dalam kompleks resor, kamu bisa langsung melihat deretan jembatan-tangga yang mengular dari lobi di bagian tengah menuju masing-masing kamar. Lantainya terbuat dari batu paras, dengan warna putih sedikit keemasan, didampingi dengan tembok berwarna selaras, sehingga resor tersebut tampak sangat memukau jika dilihat dari kejauhan.



    Yang pertama kali menarik perhatian tentunya adalah infinity pool tiga-tingkat yang terletak tepat di belakang lobi. Dengan pemandangan langsung menghadap Selat Lombok, tempat ini cocok untuk kamu yang mengincar momen sunrise tak terlupakan. Selain infinity pool, Amankila juga memiliki satu kolam renang lainnya, yaitu Beach Club Pool (dengan panjang 41 meter!) dekat pinggir pantai. Cukup katakan pada tim yang berjaga di lobi, dan kamu akan diantarkan dari bagian atas resor menuju bagian bawah properti yang langsung tersambung dengan pantai privat berpasir hitam. Dengan angin tropis dan aroma air laut yang mendominasi, serta sinar matahari yang hangat, Amankila menjadi lokasi yang sangat ideal bagi kamu yang ingin berjemur di pinggir pantai secara lebih privat.

    Untuk kamar, terdapat total 31 suite yang dimiliki Amankila; kamu bisa memilih antara Garden Suite, Ocean Suite, Pool Suite, Infinity Pool Suite, Kilasari Suite, Indrakila Suite, serta Amankila Suite. Untuk kamu yang ingin berenang di kolam renang pribadi, Amankila memiliki 12 pilihan suite dengan private pool.



    Masing-masing suite memiliki jalur masuk pribadi, dengan jalan setapak berupa jembatan-tangga yang diiringi oleh mayoritas pohon kamboja di kiri kanan jalan. Seluruh teras dibuat menghadap ke arah laut atau taman – kamu bisa berleyeh-leyeh di teras pada pagi hari sambil menunggu sunrise terbit jika kamu mau – dan jendela-jendela besar mengelilingi suite, membuat sinar matahari bebas masuk ke dalam kamar dan menimbulkan kesan luas. Pepohonan tropis yang berdiri di sekeliling kamar juga dijaga keasriannya, menjadi “tembok” penghalang alami antara satu suite dengan suite lainnya.


    Begitu menginjakkan kaki ke dalam kamar, kamu akan langsung disapa dengan ruang tidur di sisi depan, lengkap dengan tempat tidur berkanopi berukuran king size. Atap kamarnya tinggi serta terbuat dari alang-alang, dan secara garis besar kamar di Amankila minim sekat. Interiornya didominasi oleh kayu, dengan dekorasi berupa seashell yang disematkan di berbagai sisi. Bathroom yang spacious berada di sisi tengah, dan meluas hingga ke belakang kamar. Bagi kamu yang gemar berendam, soaking tub terletak di sisi tengah, menempel di salah satu tembok dengan jendela di satu sisinya, dan sebuah sofa-bed menempel di sisi tembok lainnya.





    Hal lain yang boleh dilewatkan selagi kamu menginap di Amankila: dining-nya. Ada empat restoran yang tersedia, dan seluruhnya memiliki menu yang menggoyang lidah, mulai dari menu tradisional Bali, masakan khas Indonesia, sampai hidangan Western. Bahan makanan yang mereka gunakan sebagian besar berasal dari hasil kebun sendiri – yang terletak di bagian paling belakang dan paling atas resor – dan sisanya diambil dari pasar lokal.

    Rekomendasi Cosmo, coba pesan ayam bakar Taliwang, nasi goreng, sate campur, bubur ayam dan oseng oseng. Atau jika kamu sedang ingin menikmati hidangan Western, pesan eggs benedict & florentine, hash browns, margherita pizza dan seafood linguini. Jangan lupa juga untuk memesan dessert, seperti banana pancake, dadar gulung, dan yang wajib dicoba: Amankila ice igloo.

    Psst, untuk kamu yang ingin momen sarapan tak terlupakan, coba pengalaman sunrise breakfast di Bukit Tamansari. Bukit tersebut menawarkan pemandangan Gunung Agung dan terasering sawah Lembah Bhuitan di satu sisi, serta Selat Lombok tepat di sisi lainnya. Menonton lapisan kabut yang lambat laun memudar di Lembah Bhuitan, digantikan dengan sinar matahari pagi yang perlahan naik ke atas awan menyinari Selat Lombok sungguh tak terbayarkan.

    Kalau masih belum puas, Amankila baru saja mendirikan Batujati, lounge kecil untuk menikmati koktail yang berdiri di atas sebuah batu besar dan terletak di sudut pantai. Akses menuju Batujati sendiri melewati Beach Club Pool yang terletak di bawah resor, kemudian berjalan sedikit menyusuri pantai berpasir halus. Saran Cosmo: buat reservasi untuk menikmati waktu matahari terbenam. Bayangkan: menyesap cocktail sambil melihat langit yang perlahan-lahan berubah warna. What a good life!

    What else to do:


    Mencari aktivitas selagi menginap? Amankila memiliki sederet opsi menarik, mulai dari water sports seperti kayak, stand-up paddleboards, snorkeling dan diving, lalu juga ada trekking, mountain biking, cooking class, cruising sambil menikmati sunrise (yang ini sangat recommended!), serta cultural tours mengunjungi desa Tenganan, Pura Tirtagangga dan Taman Ujung. Yang paling menarik: mengikuti kelas laughing yoga bersama Pak Eka yang (dijamin) bisa membuatmu tertawa dan melepas stres. Seru!


    Important note:

    Seluruh resor Aman di Bali, mulai dari Amandari, Amankila, serta Aman Villas at Nusa Dua, mengikuti protokol COVID-19. Seluruh tim – mulai dari driver yang menjemputmu di bandara sampai butler dan chef, seluruhnya diwajibkan menggunakan masker ketika bekerja – dan telah melakukan rangkaian tes kesehatan terlebih dahulu sebelum bekerja.

    Mobil yang digunakan untuk airport transfer dipastikan telah disanitasi sebelum menjemput tamu, dan setiap tamu akan diberikan masker kain, tisu basah, serta hand sanitizer dalam pouch kecil ketika sampai di resor. Temperature check akan dilakukan sebelum kamu masuk ke area lobi, dan seluruh luggage kamu akan disanitasi untuk menjaga kenyamanan.

    Amenities serta daily complimentary akan diberikan hanya ketika kamu telah berada di dalam suite, dan tak perlu khawatir, sanitizer gel tersedia di dalam suite serta seluruh area publik. Aman juga melakukan disinfeksi pada seluruh daerah publik setiap beberapa jam sekali, dan tim housekeeping akan melakukan sanitasi pada seluruh kamar setiap harinya. Untuk menghindari kontaminasi, peralatan cleaning akan diganti untuk setiap kamar.

    Selain itu, seluruh restoran di Aman juga mengurangi jumlah pengunjung untuk non-residents, dan menu restoran telah difokuskan pada wellness options yang lebih sehat. Fitness dan gym centre hanya memperbolehkan dua tamu di satu waktu (kamu diharuskan melakukan reservasi terlebih dahulu), dan turnover time akan diberlakukan selama 30 menit setelah tamu selesai melakukan sesi olahraga untuk proses sanitasi.

    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Amankila)