Celebrity

Exclusive Interview: Herjunot Ali Berbagi Kultur & Cerita

  by: Kezia Calesta       27/12/2020
  • What's going on with Junot? Cosmo berbincang dengan Herjunot Ali, di mana bintang film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck dan Antologi Rasa ini bercerita tentang kesibukannya di tahun 2020 serta movement yang ia ciptakan yaitu Berbagi Kultur.





    1. Hai Junot, hope you are doing well! Apa saja kesibukan kamu sekarang?

    "Halo, saya saat ini sedang mempersiapkan shooting untuk project film yang tertunda di tahun ini, yg mudah-mudahan bisa diproduksi di tahun depan. Selain itu saya saat ini masih aktif untuk berkolaborasi dengan berbagai brand yang bekerjasama dengan movement yang saya buat yaitu Berbagi Kultur."



    2. Cosmo melihat kalau Junot selalu mencantumkan #BRBGKLTR di Instagram post. Boleh jelaskan permulaan dan arti di balik hashtag ini?

    "Itu adalah kepanjangan dari Berbagi Kultur, bentuk keresahan saya terhadap keadaan sekitar. Movement yang saya buat sebagai bentuk sumbangsih kecil saya terhadap perkembangan karakter bangsa. Berbagi Kultur, berbagi “way of thinking”, di mana saya berusaha sebaik mungkin untuk trigger cara berpikir para pembaca melalui tulisan saya untuk mengasah kemampuan critical thinking. Saya berharap melalui movement ini, Indonesia yang baik dan jaya sesuai dengan impian kita bisa terjadi dalam waktu yang lebih cepat."


    3. Apa Junot sendiri tipe yang sulit lepas dari medsos atau sebaliknya?

    "Saya tidak pernah kesulitan lepas dari apa pun. Bagi saya medsos adalah sebuah medium yang baik, asal kita tau bagaimana cara memanfatkannya dengan tepat. Saya tau batas saya, dimana saya harus rehat dari sosial media, atau saat saya harus menggunakannya."



    4. Dengan adanya pandemi yang mengharuskan semua orang untuk WFH, aktivitas apa saja yang biasanya Junot lakukan agar tidak bosan?

    "Saya saat ini sedang belajar main golf. Bagi saya olahraga ini sungguh sangat baik untuk mengasah kemampuan kita dalam konsentrasi, dan kita bisa jauh lebih mengenal diri kita dalam mengenal kata proses."


    5. Bagaimana cara kamu menjaga kesehatan fisik serta mental di tengah pandemi COVID-19 ini?

    "Saya berolahraga setiap hari, dengan golf, renang, dan lari. Saat ini saya juga menjalani dan belajar mengkonsumsi plant-based, sedikit demi sedikit. Saya percaya dengan Mind, Body, and Spirit: salah satu diantara itu tumbang, maka kita akan kesulitan untuk bisa keep up dengan keseharian karena semuanya saling melengkapi."


    6. Apa aktivitas yang paling kamu kangenin?

    "Bertemu dengan keluarga setiap minggu, karena di masa seperti ini orang tua saya rentan dengan situasi COVID. Dan satu lagi tentunya liburan, saya senang sekali street photography (hasil fotonya bisa dilihat di akun Instagram saya). Tahun ini juga merupakan tahun dimana saya mungkin akan melewatkan salah satu olahraga favorit saya yang hanya bisa dilakukan sekali dalam setahun, yaitu snowboarding."



    7. What are your plans for 2021?

    "Ada proyek film yang judulnya masih belum bisa dipublikasikan. Plan besarnya adalah bersiap-siap untuk menghadapi kejutan apa lagi yang akan datang di tahun 2021. To survive is an achievement."




    8. Bagaimana cara kamu melatih diri untuk mengasah kemampuan dalam berakting?

    "Sering untuk menonton film. Belajar dari online class akting dari aktor-aktor yang saya suka. Dan saya suka sekali browsing script film yang sudah pernah saya tonton, untuk kemudian saya kembali baca scene per scene, dan menganalisa bagaimana aktor dan sutradara dari film tersebut, mengeksekusi setiap adegan yang ada di film."


    9. Siapa mentor terbaik kamu dalam berkarier sebagai aktor?

    "Saya belajar dari seluruh aktor Indonesia yang pernah bekerjasama dengan saya. Bagi saya mentor terbaik adalah pengalaman bekerjasama dengan mereka."



    10. Jika bisa bekerjasama dengan satu sutradara, siapakah dia?

    "Mungkin saya ingin mencoba bekerjasama dengan Cameron, Nolan, atau Inarritu, atau Fincher. Saya tidak bisa memilih satu, haha."


    11. Pesan dari Junot untuk para fans menyambut tahun 2021?

    "Stay ready. Cause when you stay ready, you don't have to get ready!"



    Herjunot Ali ( BeeHave Management )

    Photography by: @bachronironi.photography

    Styled by: @carolinemeliala

    Grooming: @nobitamakeupartist

    Hairdo: @aloy_hairstylis


    (Penulis: Kezia Calesta / Foto: courtesy of Roni Bachroni)