MUSIC BOX11:00 - 14:00    
NOW PLAYING

7 Cara Merawat Telinga dan Pendengaran Agar Tetap Sehat!

BY KEZIA CALESTA 04 Dec 2021
7 Cara Merawat Telinga dan Pendengaran Agar Tetap Sehat!

Apakah kamu suka mendengarkan musik dengan volume tinggi? Meskipun mendengarkan musik bisa memberikan manfaat, namun mendengarkannya dengan volume tinggi bisa membahayakan pendengaran kamu, lho. Ingat untuk merawat telinga dan pendengaran kamu sebelum terlambat, ini dia 6 tips dari Cosmo untuk kesehatan telinga kamu.

 

1. Gunakan earplugs di lingkungan yang terlalu bising.


Club, konser, alat pemotong rumput, gergaji, dan suara-suara lainnya yang membuat kamu harus berteriak saat berbicara tidak baik untuk telinga kamu. Gunakan earplugs atau penyumbat telinga untuk mengurangi suara bising. Kamu bisa membeli satu pasang di audio store atau toko online.


2. Turunkan volume suara.


Menurut World Health Organization, 1.1 miliar remaja di seluruh dunia berisiko mengalami gangguan pendengaran akibat pemakaian perangkat audio yang tidak aman. Agar telinga kamu tetap sehat, ikuti aturan 60/60: gunakan headphones dengan volume sebesar 60% selama tidak lebih dari 60 menit setiap hari.

 

3. Pilih headphones ketimbang earbuds.


Earbuds lebih berbahaya dibanding headphones, karena peletakan earbuds lebih dekat dengan gendang telinga. Namun jika kamu mendengarkan lagu dari headphones dengan sangat keras, aksi tersebut juga beresiko, lho!

 

[ BACA JUGA: Deretan Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan Dari Mendengarkan Musik! ]

 

4. Berikan telinga Anda waktu untuk beristirahat.


Apakah kamu sering terekspos dengan suara bising? Bila Anda sering ke konser atau club, telinga kamu membutuhkan waktu untuk beristirahat. Riset telah membuktikan bahwa telinga kamu membutuhkan sekitar 16 jam untuk sembuh dari satu malam yang bising – so at least, beranjaklah keluar dari area tersebut setiap 10 menit.

 

5. Bersihkan telinga dengan benar


Sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar orang menggunakan cotton buds untuk membersihkan kotoran dari saluran telinga. Namun, ternyata cara ini tidak dianjurkan karena berisiko untuk mendorong kotoran semakin masuk ke dalam. Selain itu, memasukkan sesuatu ke dalam telinga juga bisa berisiko merusak organ sensitif di dalam telinga, termasuk gendang telinga. Dikutip dari Cleveland Clinic, pada dasarnya, kotoran telinga adalah cara telinga membersihkan dirinya sendiri. Dengan kata lain, adanya kotoran telinga merupakan sesuatu yang normal. Jika kamu memiliki penumpukan kotoran telinga yang menghalangi pendengaran, segera temui dokter THT untuk membersihkannya hingga tuntas. Jangan mencoba menghapusnya sendiri.


6. Jaga telinga tetap kering


Kelembapan membuat bakteri masuk ke dalam saluran telinga dengan lebih mudah. Hal ini dapat menyebabkan infeksi pada telinga atau disebut dengan otitis eksterna, infeksi pada telinga luar yang disebabkan oleh air yang terjebak di saluran telinga sehingga mengakibatkan peningkatkan jumlah bakteri dan membuatnya terperangkap. Untuk menghindari infeksi, ingat untuk mengeringkan telinga dengan hati-hati menggunakan handuk kering setelah mandi atau berenang.

 

7. Lakukan pengecekan rutin.


Jangan lupa untuk melakukan pengecekan dan pembersihan rutin dengan dokter THT. Ini dilakukan untuk membersihkan telinga sampai tuntas dan memastikan kondisi telinga kamu tetap dalam keadaan sehat.


(Kezia Calesta / SW / Image: doc. Navistock / Shutterstock / Clickphotos)

0 REACTIONS

Comments

Leave A Comment

POST COMMENT
What are you looking for?
Content of the popup
CLOSE