Beauty

Alami Rambut Rusak? Coba 9 Hal Ini Agar Rambut Kembali Ke-Charged!

  by: Astriana Gemiati       4/12/2021
  • Girls, dua kata yang muncul di benak kita saat mendengar kondisi rambut yang rusak atau tidak prima adalah “kering dan rapuh”. Menurut Cosmo, kerusakan rambut tak lebih dari sekadar ujung bercabang. Rambut yang sangat rusak mengembangkan retakan di lapisan luar (kutikula). Setelah kutikula terangkat (terbuka), rambut kamu berisiko mengalami kerusakan lebih lanjut. Mungkin juga rambut jadi terlihat lebih kusam atau kusut, dan bahkan sulit diatur. Hufft.. hal ini juga bisa memicu mood kamu berantakan! 


    Ya, penyebab rambut rusak bisa terjadi dikarenakan oleh panas ─seperti heat styling dan paparan sinar matahari yang terlalu lama, atau kerusakan kimia —seperti pewarnaan dan pengeritingan. Rambut yang rusak membutuhkan protein untuk menggantikan dan memperbaiki ikatan protein agar rambut menjadi lebih kuat dan tampak sehat.




    Jadi, bisakah kamu benar-benar beralih dari kondisi rambut yang rusak kembali menjadikan rambut tampak lebih halus dan berkilau? Jawabannya, tentu saja! Satu-satunya yang bisa kamu coba terapkan adalah mengambil langkah untuk mencegah kerusakan baru dan menggunakan perawatan rambut yang tepat.



    Well, coba lakukan 9 hal ini agar rambut “capek” kamu kembali ke-charged!

    1. Lakukan trim atau potong rambut secara rutin.

    Cara termudah untuk mengatasi rambut rusak akibat ujung yang kering dan rapuh? Potong rambut kamu setiap enam hingga delapan minggu. Potongan cepat akan menyegarkan lapisan rambut kamu, menghancurkan ujung rambut bercabang, dan yang terpenting, membantu rambut kamu tumbuh baik dan kuat. 


    2. Makan makanan sehat dan coba vitamin.

    Perbanyak omega-3 (salmon, kacang-kacangan, dan biji-bijian) dan antioksidan (beri, kacang-kacangan, dan bayam), yang keduanya dikenal dapat bantu membuat rambut super lembut dan berkilau. Dan, sementara vitamin penumbuh rambut jelas bukan obat yang instan (tubuh yang sehat sudah dipenuhi dengan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk menumbuhkan rambut, seperti biotin, asam folat, dan vitamin D, A, C, E), sebenarnya tidak ada ada salahnya menambahkan satu hal ini ke rutinitas kamu—setelah, tentu saja, dengan terlebih dahulu konsultasikan kepada dokter kamu. 


    3. Pilih sampo yang tepat.

    Pemakaian produk sampo yang tidak cocok juga bisa memicu kerusakan hingga menyebabkan rambut tidak prima, lho! Agar rambut lebih kuat dan tidak mudah patah, kamu perlu sampo yang menutrisi, mengatasi rambut rontok, dan merawat rambut. Coba tengok produk sampo rekomendasi Cosmo, di sini!


    4. Bersikaplah lembut pada saat keramas.

    Langkah pertama yang harus dilakukan setiap orang pada saat merawat rambut yang diproses secara berlebihan adalah bersikap lembut pada helai rambut saat keramas, dan hindari menggosok terlalu keras. Jika kamu menggosok ujung rambut atau menggosok rambut kamu terlalu kuat, hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada kutikula kamu, karena kondisi rambut paling rentan adalah pada saat basah. 


    5. Gunakan suplemen rambut dengan kandungan biotin dan kolagen setelah sehabis keramas.

    Ya, karena penggunaan sampo saja dirasa tidak cukup untuk bantu menutrisi rambut kamu, hingga akhirnya bisa memicu tampilan rambut kamu terlihat “capek”! Sebenarnya rahasia untuk merawat helai rambut yang rusak mencakup langkah-langkah sederhana, seperti menambahkan suplemen rambut dengan kandungan biotin dan kolagen yang bantu memaksimalkan merawat rambut kamu. 


    Menurut www.webmd.com, biotin juga dikenal sebagai vitamin B7 yang bantu merangsang produksi keratin di rambut dan dapat meningkatkan laju pertumbuhan folikel. Sementara biotin ditambahkan ke beberapa perawatan rambut yang mengklaim dapat mengurangi kerontokan rambut. Sedangkan menurut schoolofba.com, khasiat kolagen tidak berhenti pada kulit namun juga bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok, mengurangi munculnya uban, dan efektif untuk merawat rambut kering dan rapuh.


    Nah, label perawatan rambut PANTENE hadirkan hair supplement (dengan kemasan tube) pertama di Indonesia untuk memaksimalkan perawatan rambut kamu. Untuk perawatan sehari-hari, setelah setiap habis keramas kamu bisa lanjutkan dengan menggunakan Miracle Hair Supplement yang memiliki dua varian, yakni Collagen Repair dan Biotin Strength




    Untuk varian PANTENE Miracle Hair Supplement Collagen Repair, diperkuat dengan formula Pro-Vitamin B5 dan kolagen, yang bantu berikan manfaat pada folikel rambut hingga memperkuat setiap helai rambut dari dalam. Plus, bekerja melapisi rambut dan mengurangi gesekan untuk bantu berikan perlindungan menyeluruh dan memperbaiki rambut rusak.


    Sedangkan varian PANTENE Miracle Hair Supplement Biotin Strength, memadukan khasiat formula Pro-Vitamin B5 dan Biotin yang bantu memperkuat rambut dan mengatasi kerontokan karena patah. Rambut akan ternutrisi dan memperbaiki kerusakan rambut, serta memperbaiki kekuatan lebih lama, hingga rambut kamu akan terlindungi sekaligus mengembalikan kilaunya.


    Tips cara pakai: Aplikasikan pada rambut dengan kondisi lembap setelah sehabis keramas dengan sampo. Lalu, bilas sampai bersih. Bisa digunakan setiap hari.




    Harga: PANTENE Miracle Hair Supplement, Rp27.000,-./150ml.


    6. Biarkan rambut kamu kering 90 persen sebelum mengeringkannya.

    Terlalu banyak udara panas yang terfokus langsung pada helaian rambut kamu menjadi dehidrasi, dan membuatnya frizzy. Jika kamu memiliki rambut lurus hingga sedikit bergelombang, biarkan rambut mengering hingga 90 persen dan kemudian gunakan hair dryer untuk 10 persen terakhir.


    7. Sikat dan urai rambut dengan lembut.

    Menyikat atau menyisir rambut sangatlah penting, tentu saja, tetapi perlu diingat bahwa menyikat secara agresif dapat menyebabkan kerusakan fisik pada rambut kamu. Karena pada saat rambut basah akan jauh lebih rentan helai rambut jadi mudah patah.


    So, saat kamu mengurai rambut pada keadaan basah, pastikan untuk memulai dari bawah dan naik perlahan. Secara naluriah pasti kita akan menyikat dari kulit kepala ke bawah, tetapi itu hanya mendorong kusut kecil menjadi satu simpul besar dan dapat menyebabkan kamu kehilangan banyak rambut. Saran Cosmo, coba gunakan natural boar-bristle brush, yang dapat membantu mendistribusikan minyak alami kulit kepala kamu dengan lembut ke batang rambut (yang berarti helaian rambut jadi lebih sehat dan lembap).


    Briogeo, Boar Bristle Hair Brush


    8. Masker rambut secara teratur

    Yup, Cosmo setuju jika menuju rambut yang tampak sehat dan berkilau diperlukan rangkaian perawatan rambut yang lengkap. What to buy? PANTENE Miracle Supplement Hair Mask Biotin Strength dan Collagen Repair (tersedia dalam kemasan box dan sachet) bisa menjadi pilihan. 


    Jika kamu membutuhkan perawatan ekstra untuk memperbaiki dan merawat rambut rusak, PANTENE Miracle Supplement Hair Mask Collagen Repair bisa dicoba. Masker rambut ini memiliki formula Pro-V yang berisi bahan penting dan suplemen kolagen yang berkhasiat berikan nutrisi pada rambut dan mengatasi rambut kering, serta rapuh.


    Dan, PANTENE Miracle Supplement Hair Mask Biotin Strength bisa jadi opsi untuk kamu yang fokus untuk mencegah rambut rontok karena patah. Dibekali dengan manfaat biotin yang menjadi vitamin penting dalam menutrisi rambut kamu, dan bantu berikan hasil membuat struktur rambut menjadi lebih kuat, serta tampak indah. 


    Tips cara pakai: Gunakan setelah keramas dengan sampo dan kondisioner, aplikasikan masker pada rambut lembap, lalu diamkan selama tiga menit, kemudian bilas hingga bersih. Untuk hasil terbaik, gunakan satu kali seminggu.


    Harga: PANTENE Miracle Supplement Hair Mask, Rp 47.400,- / box isi 6 sachet & Rp7.000,-/60ml (1 sachet).


    9. Tidur di atas sarung bantal sutra

    Ganti sarung bantal tidur kamu dengan menggunakan bahan sutra. Ini tak hanya terasa lembut dan cantik, juga akan membebaskan rambut kamu dari kusut dan kesan frizz. Plus, bisa juga bantu meminimalisir dari kerut dan tidak akan meninggalkan bekas lipatan di wajah, lho!


    Kini saatnya #rambutanpabatas girls...


    ( Astriana Gemiati / Image: Dok. PANTENE, Dok. Briogeo / Layout: Rhani Shakurani )