Better You

Apakah Benar Bulan Bisa Memengaruhi Mood?

  by: Givania Diwiya Citta       1/12/2021
  • Merasa agak… kewalahan? Sulit untuk tidur, atau malah sulit bangun pagi? Kita bisa menyalahkan bulan untuk ini. Betul.


    “Gagasan bahwa bulan bisa memengaruhi mood bukanlah hal yang baru, faktanya, bertahun-tahun banyak orang percaya bahwa bulan memengaruhi perilaku manusia,” jelas Marina Binding, Holistic Health Practitioner di Switchback Travel. “Meski dikesampingkan di pengobatan modern, tapi ada beberapa studi yang mengemukakan bahwa kita jadi tidur lebih sedikit ketika bulan memasuki fase tertentu.”




    Ia pun menambahkan bahwa ada banyak teori di luar sana tentang mengapa bulan purnama bisa berdampak pada kita, mulai dari segi astrologi hingga fakta bahwa bulan menawarkan sinar lebih terang. Kita pun tahu bahwa bulan (apapun fasenya) memengaruhi besarnya ombak di laut. “Tubuh manusia tersusun oleh air sebanyak 70%, jadi kendali bulan terhadap air bisa memengaruhi kita juga, berkat daya tarik gravitasi,” ujar Marina.



    Dan beberapa dari kita mungkin bisa merasa *sedikit* lebih sensitif terhadap dampak tersebut dibandingkan yang lainnya, tambah Marina. “Beberapa orang akan merasa bahwa bulan memengaruhi mereka lebih besar, faktornya antara lain adalah zodiak yang berperan di dalamnya. Cancer dan Pisces yang super sensitif bisa merasa lebih rapuh dibanding yang lainnya,” ujar Marina. “Tapi, tubuh Anda bisa bereaksi amat berbeda dengan orang lain, jadi kuncinya adalah mendengarkan tubuh Anda dan lakukan yang terasa tepat.”


    Jadi, apa yang bisa kamu ekspektasikan dari dampak bulan terhadap mood? Perlu diingat, ada delapan fase dalam siklus bulan, dengan seluruh siklus yang biasanya berdurasi 29,5 hari. Ada: new moon, waxing crescent, first quarter moon, waxing gibbous, full moon, waning gibbous, third quarter moon, dan waning crescent.


    New Moon

    OKE, new moon adalah awal nan baru. Ini adalah waktu yang tepat untuk membuat keputusan, menuntaskan pekerjaan, atau belajar kemampuan baru. Marina menyarankan bahwa ini juga waktu yang ideal untuk meditasi. “Di titik ini, matahari dan bulan sedang dalam satu sisi yang sama dengan bumi, jadi mereka tak saling berlawanan, ataupun menghadirkan rasa ketengangan. Di fase dalam siklus ini, Anda akan merasa lebih kalem dan termotivasi untuk menjalani satu siklus ke depan.”


    Waxing Crescent (biasanya berlangsung 7 hari)

    Pekan menuju first quarter moon adalah waktunya untuk menentukan niatan dan tujuan, jadi tepat saatnya untuk kamu memulai suatu pekerjaan atau rencana untuk sebulan ke depan. Semisal, ini adalah waktu yang bagus untuk memulai rutinitas olahraga baru atau *akhirnya* memesan jadwal temu dengan dokter gigi. Marina menjelaskan bahwa kamu akan mendapatkan pola pikir positif untuk seminggu ke depan. “Selama sepekan ini, Anda akan merasa lebih bersemangat dan bisa tenggelam dalam cara menyalurkan niatan Anda.”




    First Quarter Moon

    Uh oh. Fase ini mungkin bisa membuat kamu merasa agak buruk atau lelah. “First quarter moon sering membuat Anda merasa kewalahan dan frustasi. Anda mungkin mulai merasa tak sabar, terutama jika Anda sudah menetapkan tujuan namun belum juga mencapainya.” Marina menyarankan bahwa di fase ini adalah waktu yang tepat untuk sedikit melakukan perawatan diri. Jadi, bergulunglah di dalam selimut di atas kasur tanpa merasa bersalah, ini bukanlah pekan untuk menetapkan keputusan besar.




    Waxing Gibbous (biasanya berlangsung 5 hari)

    “Setelah merasa kewalahan dan frustasi dari first quarter moon, kini periode waxing gibbous adalah tentang penyesuaian dan perubahan,” ujar Marina. OKE, jadi inilah waktu yang tepat untuk mengerjakan ulang tujuan kamu yang mungkin terlalu ambisius. Mungkin seperti janji kamu untuk tak mengonsumsi kafein lagi seumur hidup? Sekarang mungkin adalah waktu yang bagus untuk mengakui bahwa segelas latte untuk sesekali saja adalah yang sebenarnya kamu butuhkan.


    Full Moon

    Full moon adalah waktu untuk emosi yang BESAR. Kamu mungkin bisa merasa agak tajam daripada biasanya. Full moon juga menandakan adanya perubahan dalam tidur, jadi bisa saja kamu terbangun tengah malam atau tak bisa tidur nyenyak seperti biasanya. Dan kita semua tahu bagaimana dampaknya susah tidur itu…


    “Fase ini menguji kita, apakah kita akan memilih menyerah pada rasa marah dan hilang fokus, atau berusaha untuk tetap fokus pada tujuan,” ujar Marina. “Meski sulit untuk berdamai dengan frustasi, dan lebih terasa mudah untuk menyerah saja, namun ingatlah bahwa perasaan ini akan berlalu.” Jadi, jangan terlalu keras pada diri sendiri, dan silakan saja salahkan bulan atas ini.


    Waning Gibbous (biasanya berlangsung 5 hari)

    OKE. Bernapaslah. Sekarang adalah fase waning gibbous. “Setelah ketegangan dari full moon, kini sepanjang waning gibbous, Anda akan merasa lebih santai,” ujar Marina. “Anda mungkin mulai merasakan manfaat dari kerja keras yang telah dilakukan untuk mencapai tujuan.” Ia juga menambahkan bahwa fase ini bisa membuat kita merasa terbuka untuk berbagi. Jadi, hubungilah sahabat kamu, karena ini waktu yang tepat untuk berbagi kabar.


    Third Quarter Moon 

    Fase ini adalah waktunya untuk menjelma menjadi Marie Kondo. “Ketika ukuran bulan mulai mengecil, Anda akan merasa ingin menyingkirkan berbagai rasa kesal, terutama dari titik terberat di bulan ini. Perasaan untuk membersihkan diri akan kuat, karena Anda akan ingin membasmi rasa fisik dan emosi negatif dari hidup,” ujar Marina. Rapikan rak dapur kamu, kamar tidur yang berantakan, atau hanya sekadar diary kamu, inilah waktu yang tepat untuk menjernihkan semuanya.


    Waning Crescent (biasanya berlangsung 7 hari)

    Fase ini berarti satu hal: malam yang muncul lebih awal. “Dengan fase terakhir dari siklus bulan ini, Anda akan merasa kelelahan dari sebulan yang telah dilalui dan ingin bersantai hingga new moon muncul,” ujar Marina. Saat kamu berrefleksi pada fase ini, kamu mungkin merasa lebih banyak mempertimbangkan tentang apa yang telah kamu capai dan apa yang bisa diperbaiki. “Terimalah perasaan ini, karena mereka akan mengawal Anda secara baik ke siklus bulan yang selanjutnya; setiap siklus adalah kesempatan untuk belajar dan bertumbuh.” Inilah waktu yang tepat untuk bercermin, jadi coba untuk menulis jurnal secara serius, dan ingatlah bahwa ada bulan baru yang akan menjelang.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan.com/uk / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Givania Diwiya / Images: Ruvim from Pexels; Alexandro David from Pexels / Charlotte Moore)



    tags: mood, bulan