Love & Sex

Kenali si Dia Dengan Menanyakan Ini di Kencan Pertama

  by: Kissy Aprilia       1/12/2021
  • Faktanya: kencan pertama adalah momen yang paling menegangkan! Hal ini mirip seperti job interview… tapi saat kita sedang tipsy, LOL! Selain itu, topik yang muncul saat kencan pertama juga lebih sulit dibandingkan pertanyaan klise yang mungkin sudah sering kamu dengar lainnya. Setuju?

    Well, karena momen kencan pertama hanya datang satu kali saja, Cosmo sarankan untuk mengambil risiko dan menanyakan (calon) pasanganmu tentang apapun yang kamu ingin tahu. Yup, walaupun terasa canggung, tapi ini adalah kesempatan emas untuk ~mengulik~ dia sebelum berlanjut ke kencan selanjutnya. 






    Kalau kamu kehabisan topik pembicaraan dan tidak ingin berbasa-basi menanyakan usia, pekerjaan, zodiak—hey...Cosmo yakin kalau kamu bahkan sudah tahu apa hobi dan coffee shop favoritnya—tanyakan ini:


    “Satu hal apa yang ingin kamu ketahui tentangku, tapi kamu merasa gugup atau sungkan untuk menanyakannya?”


    Ini adalah pertanyaan yang sederhana namun ‘berbahaya’. Bersiaplah terkejut dengan topik random yang akan kalian bicarakan, seperti “kenapa kamu memilih pakai aksesori itu?” atau “apakah kamu religius?”. Dan jika pembicaraannya semakin intim, sesi pertemuan ini akan berubah dari dua orang unfamiliar menjadi crush figure. Oh love is in the air~

    Menurut Paulette Sherman, PhD, seorang psikologis dan penulis buku Facebook Dating: From 1st Date to Soulmate, pertanyaan itu bisa membawa sesi kencan menjadi lebih rileks dan saling terbuka—terutama jika suasananya terasa canggung. Lebih seru lagi, kalian bisa melakukan games kecil dengan menentukan siapa yang harus menjawab pertanyaan ini terlebih dulu.





    Kamu bebas melemparkan topik apapun, sesuai dengan tujuan personalmu. Kalau kamu ingin menghindari pria peminum alkohol, kamu bisa bertanya seberapa sering dia mengonsumsi alkohol dan jika kamu menginginkan hubungan jangka panjang, tanyakan tentang apa yang ia cari dalam hubungan percintaan.

    “Kalau kamu dan dia ingin saling berbagi dan memulai koneksi yang kuat, jenis pertanyaan ini dapat membangun kepercayaan, intimasi, serta menemukan kesamaan di antara kalian,” ujar Sherman. Artinya, kamu dapat mengetahui kecocokan sejak kencan pertama, tanpa perlu menghabiskan waktu untuk mempelajari kepribadiannya lebih dalam. 

    Dan jujur saja, cara ini sangat menyenangkan untuk menunjukan sisi diri seseorang yang otentik, bahkan untuk mempelajari kepribadian seseorang dalam satu kali pertemuan. So, jangan lagi menanyakan, “ceritakan sedikit tentang dirimu dong?”, ya! Be more curious and specific.


    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Kissy Aprilia / Image: Unsplash)