Better You

Amankah Kalung Lonceng untuk Kucing Peliharaan? Ini Jawabannya!

  by: Alexander Kusumapradja       3/12/2021
  • Beberapa waktu lalu di Twitter sempat ada perdebatan soal aman tidaknya lonceng dalam kalung kucing peliharaan. Ada yang berpendapat kalau kemampuan mendengar kucing jauh lebih tajam dari manusia, sehingga bunyi lonceng yang mungkin bagi kita terdengar biasa, bagi kucing hal itu dapat menyiksa gendang telinga mereka yang bisa menyebabkan kehilangan kemampuan mendengar dan bahkan menjadi gila. Tapi benar tidak sih hal itu? Kita simak beberapa faktanya yuk!




    via GIPHY


    Benarkah bunyi lonceng berbahaya bagi pendengaran kucing?

    Ketakutan soal pemakaian lonceng bisa merusak pendengaran kucing mungkin niatnya memang baik ya karena intinya demi kesehatan anabul kesayangan, namun ternyata hal itu tidak sepenuhnya benar. Beberapa eksperimen menunjukkan kalau bahkan dengan pemakaian jangka lama, lonceng dalam kalung tidak memengaruhi daya pendengaran kucing peliharaan. Lonceng kalung pada umumnya hanya memiliki daya suara sebesar 50dB (desibel) yang berada di bawah sensitivitas pendengaran kucing. Sebagai perbandingan, mesin pencuci piring umumnya memiliki daya suara sebesar 80dB yang mana juga tidak mengusik kucing kesayanganmu.

    Riset juga menunjukkan kalau kucing bisa beradaptasi dengan cepat terhadap bunyi lonceng di kalung mereka. Seperti manusia, mereka punya kemampuan untuk mengacuhkan bunyi lonceng tersebut setelah beberapa waktu. Tapi, kalau kamu memang masih tidak yakin, coba pakaikan dulu kalung berbandul lonceng pada kucing peliharaanmu dan amati reaksinya. Bila mereka terlihat tenang-tenang saja dan tidak berusaha melepas kalung atau terlihat terganggu, mungkin mereka memang tidak bermasalah dengan bunyi lonceng di kalung mereka.


    via GIPHY

    Apa sih manfaat memakai lonceng di kalung kucing?

    Kalung berbandul lonceng punya beberapa manfaat, khususnya bagi pemilik kucing peliharaan. Contohnya:

    1. Meredam kebiasaan memburu: Suka kaget kalau kucing kamu membawa pulang tikus, kadal, burung, hingga kecoak? Sebagai makhluk karnivora, kucing memang punya naluri memburu yang kuat. Dengan memakaikan kalung berbandul lonceng pada mereka, calon mangsa mereka bisa mendengar kapan kucing mendekat dan siap menerkam mereka sehingga bisa lebih cepat kabur.

    2. Penanda keberadaan: Kalau kamu punya kucing yang suka bersembunyi atau diam tanpa suara, kalung lonceng adalah solusi agar kamu tahu keberadaan mereka. Hal ini terutama penting bagi kucing yang suka menyelinap keluar rumah dah susah dicari. Kalung lonceng juga membantu kita lebih waspada agar tidak sengaja menginjak mereka yang terkadang suka menyelinap di antara kaki kita secara diam-diam.

    3. Menghindari risiko perkelahian: Bila kamu memiliki lebih dari satu ekor kucing di rumah dan ada satu yang tampaknya suka mengajak berkelahi kucing lain. Kita bisa memakaikan kalung lonceng pada kucing yang lebih agresif sebagai penanda jadi kucing lain yang lebih kalem bisa menghindar kalau kucing agresif tersebut mendatangi mereka.


    Kekurangan kalung lonceng

    Selain manfaat, ada juga kekurangan kalung lonceng pada kucing:



    1. Ancaman predator: Selain bisa memberi peringatan ke calon mangsa kalau kucing kita sedang berburu, kalung lonceng juga bisa memberi tahu predator seperti anjing galak keberadaan kucing kita.

    2. Potensi bahaya: Kalau kucing kamu termasuk yang menganggap lonceng pada kalung mengganggu mereka, mereka bisa mencoba menggigitnya agar putus. Hal itu bisa berbahaya bagi peliharaan karena bisa merusak gigi atau rahang mereka. Terlebih lagi bola kecil dalam lonceng bisa tertelan kalau kucing kita berhasil membukanya.

    3. Memakai lonceng pada kalung bisa meresahkan kucing yang sensitif karena bunyi loncengnya yang mengikuti setiap gerak mereka. Bunyi itu juga bisa menakuti kucing yang penakut sampai membuat mereka takut untuk bergerak.


    via GIPHY

    Alternatif dari kalung lonceng

    Walaupun kalung lonceng masih dianggap aman untuk kebanyakan kucing peliharaan, sebetulnya ada juga beberapa alternatif lain untuk para cat pawrents yang masih kurang yakin dengan kalung lonceng. Bila kamu tetap ingin kucing peliharaanmu untuk memakai kalung sebagai alat pengenal kalau kucingmu berkeliaran di luar rumah, pilihan paling umum adalah kalung yang tidak mengeluarkan bunyi apapun. Tidak ada keharusan khusus mereka harus memakai kalung yang mengeluarkan bunyi karena pada hakikatnya kalung berbunyi lebih untuk memudahkan kita mencari mereka.

    Yang paling penting diperhatikan adalah memilih kalung yang nyaman bagi anabul, yang tidak terlalu ketat sehingga mencekik mereka dan juga yang tidak terlalu longgar sehingga punya risiko tersangkut saat kucing menjelajahi ruang-ruang yang sempit. Zaman sekarang juga sudah ada kalung dengan chip locator di dalamnya yang membuat kita bisa melacak keberadaan kucing langsung di smartphone.


    Jadi, untuk menjawab pertanyaan utama artikel ini, sebetulnya tidak ada jawaban yang pasti untuk memakaikan kalung lonceng pada kucing kita karena selain ada plus-minusnya, hal ini juga kembali lagi pada kepribadian masing-masing kucing. Ada yang tidak bermasalah, dan ada juga yang merasa terganggu. In the end of the day, tentukan yang terbaik untuk kucing kesayangan kita ya.


    (Alexander Kusumapradja / Image: Mel Elias via Unsplash)