Better You

Ini Dia Olahraga Terbaik untuk Menghilangkan Lemak Perut!

  by: Giovani Untari       3/12/2021
  • Lemak perut menjadi salah satu bagian yang paling cukup sulit untuk dihilangkan, dan ada alasan biologis mengapa ‘ia’ ada di sana (kamu bisa membaca alasannya di sini). Tetapi kamu tentu penasaran, bukan? Ada kah workout yang benar-benar efektif untuk menghilangkan lemak di area perut? 


    Karena umumnya lemak berkumpul di area perut, banyak orang yang mengira salah satu cara menghilangkan lemak perut membandel adalah dengan workout untuk mengencangkan perut. Padahal menurut ahli, ini adalah cara yang salah.




    Dr Luke James dari Bupa Inggris memberi tahu Cosmopolitan UK tentang hal ini. Yang mana, olahraga untuk menghilangkan lemak perut ternyata patut menjadi perhatian tersendiri.


    “Saat Anda hanya fokus melakukan latihan perut, sebenarnya itu tidak terlalu membantu menghilangkan lemak-lemak di perut. Lemak perut adalah tempat di mana tubuh menyimpang energi, jadi Anda perlu melakukan latihan ke seluruh tubuh untuk mengatasinya,” ujarnya.




    Jadi itu mengapa sebagian dari kita mungkin saja melakukan cara yang salah!


    Menurut sang dokter, ketimbang hanya olahraga untuk melatih otot perut ada baiknya kita juga fokus melakukan HITT Training (high intensity interval training), pasalnya olahraga ini dapat menjadi cara terbaik untuk membakar lemak, karena detak jantung kita juga akan ikut meningkat. “Squat, burpess, dan treadmill secara sprints adalah contoh workout lain yang bisa Anda coba,” saran Dr Luke.


    Selain itu, HITT juga memiliki efek positif untuk hormon kita. “Terutama hormon yang bertugas untuk proses penurunan lemak di area seperti perut,” itu mengapa HITT menjadi olahraga yang ideal untuk membakar lemak perut.





    Tapi jangan langsung berkecil hati karena berpikir semua olahraga yang kamu fokuskan di perut selama ini hanya akan menjadi sia-sia saja. Dr Luke menjelaskan bahwa latihan tersebut sebenarnya juga baik untuk memperkuat daya tahan tubuh. Hanya saja, kurang efektif apabila kamu ingin menghancurkan lemak di perut.


    Well, you live and learn.




    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan UK / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Giovani Untari / Images: Dok. Anastasia Hisel on Unsplash, bruce mars on Unsplash, Meghan Holmes on Unsplash).