MUSIC BOX11:00 - 14:00    
NOW PLAYING

Highlight Jakarta Fashion Week 2022!

BY REDAKSI 06 Dec 2021
Highlight Jakarta Fashion Week 2022!

Jakarta Fashion Week 2022 is finally here! Acara peragaan busana tahunan paling dinanti oleh fashion enthusiast Indonesia sejak tahun 2007 ini kembali hadir dengan membawa tema “Excellence in Disruption”. Keunikan dari pemilihan tema ini terinspirasi oleh keadaan industri fashion Indonesia di tahun kedua pandemi yang mengalami perubahan disruptif. Berkolaborasi langsung dengan MakeOver untuk riasan wajah, dan L’Oreal Professionnel untuk penataan rambut, JFW 2022 menampilkan peragaan busana yang elegan, berkelas sekaligus modern. Cosmo 100% love it!


Memperagakan koleksi dari 75 desainer dan label secara virtual, JFW 2022 berfokus pada jenis fashion dan aksesori yang lebih mengutamakan kenyamanan, fungsi, dan juga aspek praktis. Resmi dibuka pada tanggal 25 November kemarin, JFW 2022 dilaksanakan selama 4 hari (25-28 November 2021) dengan total 16 pertunjukkan yang dapat disaksikan melalui live streaming di JFW.tv, YouTube Jakarta Fashion Week, TikTok Live, LazLive, dan juga live di Instagram dan Facebook. Untuk kamu yang belum sempat melihat peragaannya kemarin, tenang saja, di artikel ini Cosmo sudah membuat highlight dari pertunjukkan JFW 2022 kemarin. Let’s take a look!


Day 1


Di hari pertama, JFW 2022 menghadirkan 4 show berbeda yang diawali dengan Opening Show dari Ken dan Intan selaku JFW 2022 Icons dan beberapa model Grand Finalist JFW Model Search 2021 menggunakan perwakilan koleksi dari seluruh desainer dan label yang berpartisipasi.


Dilanjutkan dengan show ke-2 dari Senayan City x Samsung yang menampilan koleksi dari Jeffry Tan dan SOE Jakarta, koleksi womenswear dengan sentuhan desain dari tiga destinasi berbeda, yaitu Paris, Bali, dan Tokyo menjadi pusat utama dalam rancangan pakaian yang diperagakan.


Sebagai e-commerce andalan destinasi fashion Indonesia sekaligus official sponsor di JFW 2022, Lazada dalam show ke-2 di hari pertama JFW 2022 tampil dengan tema ‘Energy in Motion’. Lazada dalam show ini diwakili oleh tiga label lokal, yaitu NadjanixHijab Wanita Cantik dengan patchwork yang colorful dan koleksi berwarna soft dari Nadjani, Gagné dengan koleksi daily wear-nya, dan Nona dengan koleksi dress, skirt, dan celana panjang yang menunjukkan perpaduan warna dan potongan yang apik.


Setelah diselingi penampilan spesial dari Ziva Magnolia dengan lagu-lagu andalannya, show hari pertama dilanjutkan dengan penutup dari TikTok Runway Show yang menampilkan koleksi dari Sejauh Mata Memandang dan Danjyo Hiyoji. Menariknya, koleksi dari keduanya menampilkan tema yang memiliki pesan sosial lingkungan kepada masyarakat.


Berkolaborasi bersama Dian Sastrowardoyo, Sejauh Mata Memandang melansir koleksi daily wear bertajuk ‘Tumbuh’ terinspirasi dengan berbagai aktivitas sehari-hari seperti menanam dan berkebun yang memberi pesan untuk mengajak penonton agar mulai merawat dan mencintai bumi. Deretan busana yang ditampilkan Sejauh Mata Memandang berfokus pada warna cerah khas TikTok dengan siluet dari baju nasional. Sedangkan koleksi dari Danjyo Hiyoji memamerkan koleksi busana bold streetwear ala Danjyo dengan sentuhan warna-warna TikTok seperti hitam, putih, splash blue, dan razzmatazz fuschia.


Day 2


Sama seperti hari pertama, di hari kedua ini JFW 2022 menampilkan 4 show berbeda dari beberapa koleksi desainer dan label terkemuka di tanah air. Diawali dengan show dari LaSalle College yang koleksinya didominasi oleh warna gelap seperti hitam dan merah marun. JFW Day 2 kemudian dilanjutkan dengan show kedua dari kolaborasi JFW dengan Senayan City yang menampilkan busana dari Bateeq, Benang Jarum, dan CottonInk x Nagita Slavina.


Masih sama dengan show di hari pertama, penampilan di show ketiga pada hari kedua ini diambil alih oleh Lazada selaku official sponsor JFW 2022. Bedanya, pada hari kedua ini, Lazada menampilkan koleksi dari Bespoke, Reclays, dan Vish By Nevertoolavish yang memberikan kesan fashion energetik dan kekinian. Another surprise, di show ketiga ini peragaan busana diiringi oleh penampilan spesial dari RAN, lho!


Setelah di show sebelumnya koleksi yang ditampilkan bersifat lebih boyish, show terakhir di hari kedua oleh TikTok Runway Show mempertontonkan koleksi Sejauh Mata Memandang dan Danjyo Hiyoji yang lebih feminin bernuansa daily wear warna netral. So good!


Day 3


Lalu di hari ketiga, Cosmo menghadiri 4 show berbeda yang diawali dengan peragaan busana dari The Final Show Mode 2021. Berbagai busana bernuansa lokal seperti sentuhan motif batik dan gaya baju tradisional Indonesia tampak terlihat, namun diberikan twist kekinian sehingga lebih modern.


Tampil dengan konsep berbeda, di pertunjukkan kedua diisi oleh Fashionlink x #Blckvnue diwakili oleh Bateeq, Calla The Label, Hattaco, dan Kami yang fresh, energetik, dan super stylish.


Kemudian, dua show terakhir di hari ketiga diisi oleh peragaan busana dari Lazada yang diwakili oleh Aleza, Geulis, dan Heaven Lights yang diselingi oleh penampilan spesial dari Fatin. Tak ketinggalan koleksi Rinda Salmun dan Sean Sheila turut dipertontonkan yang mewakili ERHA. Jajaran pakaian simpel didominasi oleh warna netral seperti biru, hitam, ginger, dan putih bisa jadi opsi gaya di momen apapun.


Day 4


Last day show dari JFW 2022 diisi oleh penampilan dari Islamic Fashion Institute yang menawarkan koleksi busana muslim modis. Indonesia Fashion Forward menampilkan koleksi dari Alex[a]lexa, Milcah, dan Mia Miranda yang unik namun simpel bernuansa tahun 90an.


Dua show terakhir di hari terakhir JFW 2022 dimeriahkan oleh peragaan busana dari Masou, MKS Shoe, S.RW mewakili Fashion Force 2021. Terakhir, tentu saja yang ditunggu-tunggu yaitu Dewi Fashion Knights menutup manis gelaran ini dan menampilkan koleksi dari BYO, Major Minor, hingga Tulola. Well done!


(Salsa Meilivia / Image: Dok. Jakarta Fashion Week 2022).

0 REACTIONS

Comments

Leave A Comment

POST COMMENT
What are you looking for?
Content of the popup
CLOSE