THROWBACK HOUR14:00 - 15:00    
NOW PLAYING

5 Cara Mudah Modifikasi Celana Jeans Kamu!

BY REDAKSI 08 Dec 2021
 5 Cara Mudah Modifikasi Celana Jeans Kamu!

Cosmo yakin kamu pasti pernah mendengar hal ini dari ibumu: “Mengapa kamu menghabiskan uang untuk jeans yang sudah robek?!” Tetapi ada sesuatu pada tampilan distressed denim yang jauh lebih keren daripada jeans biasa. Meskipun ibumu benar bahwa terkadang distressed denim bisa sangat mahal... bahkan mungkin lebih mahal dari celana jeans-mu yang tidak robek. Baik kamu ingin menghemat uang atau senang dengan projek DIY yang seru, ada banyak cara untuk membuat worn-in look sendiri.


Dan kabar baiknya adalah kamu tidak memerlukan alat yang mahal atau sulit ditemukan. Hampir semua metode ini menggunakan barang-barang rumahan yang mungkin sudah kamu miliki. Dengan sedikit waktu dan kesabaran, kamu dapat mengubah jeans lamamu menjadi celana dengan model lusuh, compang-camping, dan berlubang seperti yang kamu inginkan. Pilih satu, dua, atau semua tips sekaligus untuk membuat distressed jeans yang sesuai dengan keinginanmu.


1. Fade the dye (optional).



Jika kamu lebih menyukai tampilan jeans yang terlihat seperti benar-benar telah dicuci beberapa kali, kamu dapat melakukannya dengan mencuci jeans-mu selama dua tahun berturut-turut, atau ikuti cara berikut yang lebih realistis dan tidak terlalu sulit: Buat campuran air dan pemutih dengan perbandingan 50-50. Kemudian, lukislah jeans-mu menggunakan air pemutih dengan kuas untuk memberikan efek bergaris dan fokuskan sebagian besar air pemutih di lutut, di mana jeans cenderung paling memudar.


Diamkan air pemutih selama satu malam untuk membuatnya menjadi sangat ringan (Cosmo sarankan kamu perlu memeriksanya setiap jam atau lebih untuk memastikan denimnya tidak memudar terlalu cepat), dan kemudian satu jam sebelum kamu mencuci dan mengeringkannya, kamu dapat mengecat bagian jahitannya (di mana jeans cenderung paling tahan warnanya) untuk terakhir kali agar seluruh bagian jeans terlihat memudar.


Jika kamu tidak memiliki kuas, rendam jeans ke dalam campuran air dan pemutih untuk mencerahkan seluruh bagiannya (seperti video di atas), tetapi dengan metode ini, kamu tidak dapat benar-benar mencerahkan satu area tertentu. Atau kamu bisa lewati langkah ini jika sudah merasa puas dengan warnanya.


2. Fray the pockets and edges.

Salah satu cara tercepat untuk membuat denim terlihat rusak adalah dengan menggunakan pisau cukur atau sandpaper. Dengan 2 alat ini kamu akan dengan mudah melewati area resleting, ikat pinggang, dan saku. Kikislah bagian tertentu yang kamu inginkan dengan menggunakan pisau cukur, atau tekan dengan sandpaper sampai mendapatkan tampilan yang diinginkan. Kamu juga dapat menggunakan alat tersebut untuk membuat tambalan berjumbai pada jeans.


3. Use bobby pins to make smaller holes.



Jepit rambut sebenarnya adalah alat yang hebat untuk membuat distress secara halus. Gunakan jepit rambut dengan bagian ujung yang tumpul untuk mengambil dan mengikis denim dan membuat lubang kecil. Tonton video di atas untuk melihat apa yang Cosmo maksud.


4. Cut and pluck for big threaded holes.



Untuk hasil distress yang tidak terlalu halus, ikuti langkah-langkah berikut: Potong strip horizontal setengah inci. Buat potongan sepanjang yang diinginkan. Ambil pinset dan cabut semua benang biru dari strip. Untuk pro tip, benang putih berjalan secara horizontal dan benang biru berjalan secara vertikal pada denim. Dengan menghapus utas dari benang biru, kamu dapat membuat tampilan utas putih horizontal. Cosmo juga merobek beberapa benang putih untuk membuat robekan yang terlihat sedikit berantakan.


5. Rub with sandpaper for softness.



Untuk membuat jeans terlihat (dan terasa) lebih hidup, gosok dengan amplas. Semakin kasar grit-nya (yaitu semakin kasar amplasnya), maka akan semakin mudah membuat lubang di jeans, jadi jika kamu hanya ingin membuat kain pada jeans menjadi lebih lembut, pilih amplas yang tidak terlalu kasar.


(Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Salsa Meilivia / Image: Dok. Instagram @alyssadaguise, @raisa6690, @bailafauri).

0 REACTIONS

Comments

Leave A Comment

POST COMMENT
What are you looking for?
Content of the popup
CLOSE