Better You

4 Rekomendasi Buku yang Bisa Membantu Kamu untuk Pengembangan Diri

  by: Haninadhira Husaini       8/12/2021
  • Ingat, bukan kesehatan tubuh saja yang perlu diperhatikan selama pandemi, tetapi kesehatan mental dan pengembangan diri juga perlu. Nah, salah satu cara untuk membangun pengembangan diri adalah dengan membaca buku. Belakangan, semakin banyak buku yang dapat membantu diri kamu, terutama kalau kamu overthinking dan merasa insecure. Penasaran? Berikut beberapa rekomendasi buku untuk kamu yang ingin meningkatkan kepercayaan diri dan juga pengembangan diri.




    You are a Badass: How to Stop Doubting Your Greatness and Start Living an Awesome Life

    Oleh: Jen Sincero



    This book is a must read, apalagi kalau kamu merasa bahwa hidupmu penuh kekurangan, atau kamu merasa tidak puas, atau ingin menjadi orang lain. Well...merasa insecure itu wajar, kok, dan kalau kamu butuh buku yang mengerti dan related dengan kehidupanmu, mungkin buku karangan Jen Sincero ini cocok untukmu. Buku ini sangat easy to read, dan dengan mudah menjelaskan permasalahan kehidupan sehari-hari dengan cara yang sangat menghibur. Untuk kamu yang tidak terlalu suka membaca tetapi ingin belajar untuk bersahabat dengan buku, buku ini juga sangat direkomendasikan karena sang penulis menggunakan pemilihan kata yang sangat sederhana sehingga membacanya terasa sangat menyenangkan.



    Love for Imperfect Things: How to Accept Yourself in a World Striving for Perfection

    Oleh: Haemin Sunim


    Nobody’s perfect. Percayalah, kehidupan yang terlihat sangat sempurna itu cuma ada di drama Korea saja. Buku ini akan membuat kamu merasa lebih hidup dan lebih mencintai dirimu atas ketidaksempurnaan yang kamu miliki. Simpelnya, lewat buku ini, kamu akan belajar menerima dirimu sendiri. Ketika kamu sudah menemukan sesuatu hal dalam diri kamu yang patut kamu cintai dengan penuh kasih sayang, kamu juga akan memperlakukan orang lain dengan hal yang sama, dan dari sini lah kamu akan merasa hidup lebih indah! "Love for Imperfect Things" memberikan kenyamanan atas diri sendiri, juga dorongan untuk mencintai diri dan sekitar sehingga kamu akan lebih bijak dalam menjalankan keseharianmu! It’s really worth it to read.


    The Things You Can See Only When You Slow Down: How to Be Calm and Mindful in a Fast-Paced World

    Oleh: Haemin Sunim




    "Is it the world that's busy, or is it my mind?" Another great book by Haemin Sunim! Penulis yang satu ini memang selalu berhasil membuat hati luluh, dan buku ini cocok untuk kamu yang merasa bahwa kamu hidup di dunia di mana semua orang selalu bergegas dalam mencapai sesuatu atau dalam melakukan sesuatu di kehidupan sehari-harinya. Pernahkah kamu merasa lelah karena harus keep up dengan orang sekitar yang menjalani kehidupannya dengan terburu-buru, sehingga kamu melupakan hal penting yang ada di depan mata kamu? Nah, di dalam buku ini, muncul bahasan mengenai hal-hal indah yang bisa kamu dapatkan ketika kamu menjalani hidup kamu dengan lebih santai. Pssst, hidup ini cuma sekali, sayang sekali kalau kamu melewatkan hal-hal indah hanya karena kamu tidak mau tertinggal dengan dunia yang berputar dengan cepat.


    The Power of Now: A Guide to Spiritual Enlightenment

    Oleh: Eckhart Tolle



    Untuk kamu yang suka overthinking, terlalu sibuk memikirkan masa depan sehingga lupa akan masa sekarang yang sedang kamu jalani, serta selalu merasa ada kekosongan dalam diri, buku ini sangat direkomendasikan untuk masuk ke dalam daftar buku yang wajib kamu baca. Buku ini banyak membahas mengenai konsep untuk refleksi diri, dan memberikan langkah-langkah bagaimana untuk live in the present moment. Zen!


    (Haninadhira Husaini / VA / Image: Dok. Annelies Geneyn on Unsplash, Goodreads)