THROWBACK HOUR14:00 - 15:00    
NOW PLAYING

Apakah Pasanganmu Adalah Orang yang Tepat Sebagai Jodohmu?

BY HANINADHIRA HUSAINI 11 Dec 2021
Apakah Pasanganmu Adalah Orang yang Tepat Sebagai Jodohmu?

Semua orang ingin mencintai dan juga dicintai seseorang. Ini merupakan keinginan yang normal. Kamu juga pasti ingin kan, memiliki significant other yang dengannya kamu dapat berbagi pengalaman yang tidak ingin kamu lupakan.



Nah, kalau kamu sudah merasa mendapatkan pasangan yang sesuai dengan sosok yang kamu cari-cari selama ini, namun kamu mulai ragu apakah si dia memang benar sang S.O alias jodohmu atau bukan, ada beberapa hal yang bisa kamu jadikan untuk pertimbangan. Simak!


1. Apakah si dia membuatmu menjadi lebih baik?

Apakah dia memberikan dukungan positif dan membantu kamu untuk berkembang? Atau selama ini si dia justru mencegahmu menjadi pribadi yang lebih baik? Begitu juga dengan pencapaian dirimu, apakah sosoknya dapat membantumu dalam meraih semua itu? Hal tersebut merupakan hal yang penting untuk kamu evaluasi, apalagi ketika kamu mulai merasa ragu dengan pasanganmu. Mulailah berpikir lebih detail mengenai kehidupanmu. Jika jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah tidak, kamu mungkin perlu berpikir ulang mengenai hubunganmu.


2. Apakah si dia mendukung masa depanmu?

Kamu pasti pernah memiliki pikiran seperti ini. Memang, terdengar sangat cliché, tetapi ini merupakan pertanyaan yang sangat penting. Bagaimana dengan segala aspek yang ingin kamu jalani dalam hidup, apakah si dia mendukungnya? Apakah kamu melihat dan mendapatkan sosok seseorang yang memberikan kamu dukungan untuk meraih impianmu dari si dia?

Selain itu, pikirkan juga langkah kalian ke depannya. Apakah yang kamu inginkan dalam hubunganmu dengan si dia serupa dengan yang ia inginkan? Seperti apa masa depan yang kamu lihat dengan si dia? Apa yang ingin kalian lakukan bersama-sama? Jika keyakinan, nilai atau sikap dari dirinya banyak yang bertentangan dengan dirimu, kemungkinan besar hubungan kalian tidak akan berhasil untuk jangka panjang.


3. Apakah kamu dan si dia selalu bisa belajar dari kesalahan?

Lakukan evaluasi kepada hubungan kamu dengan si dia selama ini.  Putar ulang momen suka ataupun duka yang pernah kamu alami dengan si dia dan bagaimana kalian menghadapi situasi tersebut. Apakah kalian bisa menyelesaikan masalah dengan baik dan selalu menemukan titik tengah dari suatu permasalahan? Atau justru kalian selalu lari dari masalah sehingga permasalahan tersebut cenderung menjadi selesai lebih lama dari yang seharusnya?


4. Apakah kamu sering membandingkannya dengan sang mantan?

Apakah ada kalanya di mana kamu berpikir bahwa si dia itu berbeda (not in a good way) dan mulai membandingkannya dengan mantan kekasihmu atau pria lain? Kalau ya, ketahuilah bahwa setiap orang berbeda-beda, dan masing-masing pasti memiliki kelebihannya sendiri-sendiri. Tidak semestinya kamu membandingkan pasanganmu yang sekarang dengan sang mantan yang seharusnya sudah kamu lupakan. Kalau kamu masih senang membandingkannya dengan pria lain, bisa jadi kamu sebenarnya mulai ragu dengan si dia.


5. Apakah kamu bertahan dengannya karena alasan lain?

Pernah kah kamu merasa bahwa kamu bertahan hanya karena kamu tidak ingin merasakan kesepian? Dengan banyaknya konten pasangan di media sosial, entah mengapa kamu jadi takut untuk sendirian sehingga kamu bertahan dalam suatu hubungan yang sebenarnya tidak bisa dipertahankan. Well, sendirian itu tidak salah, kok! Menjadi jomlo justru lebih menyenangkan dibandingkan berada di dalam suatu hubungan yang dipertahankan dengan perasaan terpaksa.


Semua hal di atas mungkin terkesan seperti deretan pertanyaan klise, tetapi sebenarnya pertanyaan ini dapat membantu kamu menemukan jawaban: Apakah kamu benar-benar telah menemukan sosok yang tepat sebagai jodohmu? Kalau belum, hey, it’s totally okay, kamu pasti akan dipertemukan dengan jodoh sesuai dengan yang kamu butuhkan, bukan yang kamu inginkan. Trust us, you'll meet your soulmate one day.


(Haninadhira Husaini / VA / Image. Dok: Gabriel Bastelli from Pexels)

0 REACTIONS

Comments

Leave A Comment

POST COMMENT
What are you looking for?
Content of the popup
CLOSE