Beauty

Wajib Tahu! 7 Perawatan Rambut yang Akan Menjadi Tren di Tahun 2022

  by: Astriana Gemiati       14/12/2021
  • Di masa pandemi ini, pemerintah memberlakukan banyak pembatasan sosial, salah satu kebijakannya adalah dengan work from home yang kini sudah menjadi sebuah "kebiasaan baru". Bekerja di dalam rumah jelas berbeda dengan di kantor, karena pada prakteknya, hal ini sering membuat kita bosan. Nah, salah satu cara untuk menghilangkan rasa bosan tersebut, banyak orang kini mencoba berbagai aktivitas perawatan diri sebagai cara untuk tetap sibuk saat berada di dalam ruangan. Skincare dan rutinitas kesehatan lainnya pun menjadi salah satu solusi, baik sebagai sumber terapi maupun eksperimen menarik agar kesehatan mental kita tetap terjaga. Tak heran makanya, jika selama pandemi ini peningkatan tingkat kecemasan di antara konsumen menyebabkan pergeseran transaksi lebih banyak pada produk skincare, haircare, dan kesehatan.

    Kalau kamu termasuk salah satu yang fokus merawat diri menggunakan produk skincare selama dua tahun belakangan, kamu pasti sering membaca atau mendengar keluhan seputar rambut rontok pasca COVID-19, terutama di media sosial. Rambut rontok ini ternyata bisa bersifat sementara ataupun permanen, dan penyebabnya sangat beragam, mulai dari  genetik, kekurangan nutrisi, kebiasaan mengikat rambut yang terlalu ketat, hingga tekanan stres. Cek di sini untuk cari tahu 5 tanda kalau kamu sedang alami rambut capek.

    Selain itu, dengan akses yang kini semakin terbatas untuk melakukan perawatan rambut di salon, aktivitas seperti DIY pewarnaan rambut hingga pemotongan rambut pun kerap dilakukan sendirian di rumah. Sayangnya, hal ini terkadang membawa kita pada kegagalan seperti rambut yang salah potong, hingga mengalami rambut rusak.



    Inilah mengapa, rambut kamu juga membutuhkan perhatian ekstra. Salah satu komponen terpenting dari tubuh, yaitu rambut kamu, pun membutuhkan nutrisi terbaiknya. That's why, rutinitas hair care akan menjadi perhatian serta prioritas utama selain skin care di tahun 2022 mendatang.



    Untuk kamu yang penasaran apa saja tren perawatan rambut yang akan menjadi tren, berikut tujuh perawatan rambut yang patut kamu coba dari sekarang untuk melengkapi beauty regimen skincare kamu:

    1. Scalp detox sebulan sekali.

    Psst, berbagai sisa produk hair care dan minyak dapat menumpuk di kulit kepala dan helai rambut, lho! Kamu dapat mencucinya dengan sampo yang mengandung detoks, membilas rambut dengan vinegar, atau memijat dengan menggunakan scrub untuk kulit kepala sebulan sekali.


    2. Leave-in conditioner untuk atasi rambut kusut.

    Mengatasi rambut kusut dengan menyisirnya secara cepat dan tidak hati-hati justru bisa dengan mudah merusak helai rambut. Cobalah ganti metode tersebut dengan menggunakan leave-in conditioner dengan bantuan tangan atau sisir dan aplikasikan perlahan-lahan mulai dari ujung rambut ke atas.


    3. Sampo tanpa bilas untuk mengatasi rambut lepek.

    Rambut lepek akibat aktivitas padat selama seharian, tapi butuh tampil ‘perfect’ untuk bertemu dengan the girls? Kalau kamu tidak sempat keramas, produk sampo tanpa bilas bisa jadi solusinya. Kamu tinggal semprotkan ke area helai rambut untuk mengembalikan kesegaran rambut secara instan tanpa takut rambut terlihat lepek.


    4. Cuci rambut setiap hari jika kamu memiliki rambut berwarna.

    Untuk mempertahankan rona cerah rambut yang diwarnai, colorist expert menyarankan untuk tidak mencuci rambut pada hari-hari tertentu. Namun, saat kamu memiliki rambut bleaching dengan level 10, disarankan untuk mencucinya dengan air dan mengoleskan kondisioner setiap hari untuk melembutkan helaian, serta menghentikan warnanya agar tidak memudar sebelum waktunya.


    5. Suplemen rambut dengan kandungan biotin dan kolagen.

    Cara terbaik merawat rambut untuk menjaga nutrisi, menyuburkan, dan mengatasi masalah rambut adalah melalui sampo yang sesuai dengan jenis rambut kamu. Namun, keramas dengan sampo saja dirasa tidak cukup untuk bantu membuat #RambutKeCharged. Mulai sekarang, coba tambahkan suplemen rambut dengan kandungan biotin dan kolagen untuk bantu memaksimalkan perawatan rambut kamu.

    Coba lirik perawatan rambut Miracle Hair Supplement dari PANTENE yang memiliki dua varian, yakni Collagen Repair dan Biotin Strength. Hair supplement dengan kemasan tube pertama di Indonesia, bantu berikan manfaat untuk menutrisi rambut.


    Untuk kamu yang memiliki rambut rusak dan butuh perlindungan menyuluruh, varian PANTENE Miracle Hair Supplement Collagen Repair patut dicoba. Memiliki formula Pro-Vitamin B5 dan kolagen, berkhasiat berikan manfaat pada folikel rambut dan memperkuat setiap helat rambut dari dalam.



    Sedangkan untuk kamu yang memiliki rambut rontok, atasi dengan PANTENE Miracle Hair Supplement Biotin Strength. Memiliki paduan formula Pro-Vitamin B5 dan Biotin, bantu bekerja mengatasi kerontokan rambut karena patah, memperkuat rambut, menutrisi, dan memperbaiki kerusakan, serta mengembalikan kilaunya.

    Harga: PANTENE Miracle Hair Supplement, Rp27.000,-/150ml.


    6. Sisir rambut setiap hari dengan bristle brush.

    Rambut rusak dapat dengan mudah patah, coba gunakan bristle brush dengan lembut. Jenis sisir ini tak hanya bantu mengontrol rambut kusut dan tidak menarik helai rambut, namun juga bantu memijat kulit kepala yang meningkatkan kilau serta proses pertumbuhan folikel.


    7. Jadwalkan hair mask seminggu sekali.

    Selesaikan rutinitas detoksifikasi kamu dengan kelembapan tambahan menggunakan masker rambut sekali seminggu dengan mencoba PANTENE Miracle Supplement Hair Mask Biotin Strength atau Collagen Repair (tersedia dalam kemasan box dan sachet).


    Untuk perawatan ekstra mengatasi rambut kering, coba PANTENE Miracle Supplement Hair Mask Collagen Repair. Dengan formula Pro-V dan suplemen kolagen, masker rambut ini bantu berikan nutrisi dan memperbaiki, serta merawat rambut rusak.


    Sedangkan, PANTENE Miracle Supplement Hair Mask Biotin Strength hadir dengan manfaat biotin yang menjadi vitamin dalam menutrisi rambut hingga membantu membuat struktur rambut lebih kuat dan tampak indah, sekaligus mencegah rambut rontok karena patah.

    Harga: PANTENE Miracle Supplement Hair Mask Rp 47.400,-/box isi 6 sachet; serta Rp7.000,-/60ml (1 sachet).


    So, tidak ada alasan lagi untuk melewatkan ritual perawatan rambut kamu dari sekarang, karena memiliki rambut yang sehat dan tampak berkilau menjadi rahasia #RambutTanpaBatas.


    ( Astriana Gemiati / Image: Dok. PANTENE, Dok. Freepik.com / Layout: S. Dewantara )