Better You

8 Langkah Aman Mencukur Bulu Miss V Agar Tidak Iritasi

  by: Fariza Rahmadinna       12/12/2021
  • Bagi beberapa wanita, memiliki bulu “di bawah sana” bisa sangat mengganggu. Itulah mengapa, mencukur bulu miss V sering kali menjadi aktivitas yang rutin.

    Nah, sebelum mencukur bulu di area Miss V ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu cara mencukur bulu di area tersebut dengan benar dan aman. Hal dilakukan guna meminimalisir iritasi, luka, dan infeksi, yang bisa membuat tidak nyaman terutama di bawah sana. So, read on, girls!




    1.Gunting bulu miss V terlebih dahulu


    First thing first, perhatikan panjang bulu Miss V. Jika sudah cukup tebal dan panjang, gunting menjadi lebih pendek terlebih dulu sebelum dicukur. Langkah ini membantumu merapikan bulu-bulu yang tumbuh berantakan, sehingga lebih mudah untuk dicukur dan tidak menyebabkan ingrown hair. Pastikan kamu menggunakan gunting yang bersih atau bila perlu sudah disterilisasi.



    2.Eksfoliasi


    Ini adalah langkah yang penting dilakukan sebelum mencukur bulu Miss V. Dikutip dari laman salah satu majalah lifestyle, menurut spesialis ob-gyn bernama Jennifer Ashton, MD, folikel bulu di area Miss V akan lebih terbuka. Akibatnya, bakteri jadi lebih mudah masuk dan berisiko menyebabkan infeksi.

    Oleh karena itu, pastikan area “di bawah sana” bersih terlebih dahulu sebelum mencukurnya. Melakukan eksfoliasi akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan kotoran yang mungkin menempel. Gunakan produk eksfoliasi yang gentle dan tidak mengandung fragrance, ya!


    3.Kompres dengan air hangat


    Setelah melakukan eksfoliasi, sebaiknya kompres area Miss V sekitar 10 menit dengan handuk hangat. Langkah ini bertujuan untuk melembutkan dan melembapkan lapisan luar kulit, sehingga mengurangi risiko iritasi. Setelah 10 menit, keringkan area Miss V kamu dengan handuk bersih and now you are ready to shave.


    4.Aplikasikan shaving cream


    Sama halnya ketika mencukur bulu ketiak, shaving cream atau krim cukur juga diperlukan untuk mencukur bulu Miss V. Produk ini akan membuat pisau cukur jadi lebih mudah digerakkan, sehingga meminimalkan gesekan yang menyebabkan luka atau iritasi.

    Apa jadinya kalau tidak mengaplikaikan shaving cream? Noted this. Permukaan kulit akan menjadi lebih licin sehingga bisa meningkatkan peluang kulit terluka dan iritasi. Pilih dan gunakan shaving cream yang mengandung bahan-bahan yang melembapkan di dalamnya, seperti coconut oil, shea butter, dan olive oil, atau kamu juga bisa menggunakan aloe vera.


    5.Cukur searah pertumbuhan bulu


    Saat mencukur bulu Miss V, perhatikan arah mencukurnya. Lakukanlah mengikuti arah pertumbuhan bulu Miss V untuk mencegah ruam, luka, gatal dan timbulnya ingrown hair. Gunakan pisau cukur yang baru, bersih, tajam, and again: take-it-slow!

    Pastikan kamu membilas pisau cukur – disarankan di bawah pancuran air keran -- di sela-sela proses mencukur, karena setiap potongan bulu yang tersangkut atau penumpukan krim cukur dapat membuat pisau cukur tidak bekerja maksimal. 


    6.Setelah selesai, bersihkan! 


    Sudah mencukur area Miss V dengan bersih? Good job! Nah setelah itu, bilas area di bawah sana dengan air hangat dan keringkan menggunakan handuk bersih dengan cara menepuk-nepuk perlahan. 


    7.Gunakan pelembap


    Langkah terakhir yang tidak kalah penting dalam langkah mencukur bulu Miss V yang benar dan aman adalah menghidrasi dan melembapkan area kulit di bawah sana. Gunakan pelembap atau aloe vera gel untuk melembapkan, mendinginkan, dan mencegah kekeringan yang berlebihan, yang dapat menyebabkan iritasi. Pilih produk pelembap yang mengandung bahan yang bersifat melembapkan, menghidrasi, dan menenangkan kulit seperti jojoba oil dan vitamin E, serta tidak mengandung pewangi. 


    8.Gunakan celana dalam berbahan katun


    Setelah aktivitas mencukur, area di bawah sana cenderung menjadi lebih sensitif dan rentan terhadap gesekan. Oleh karena itu, untuk sementara waktu simpan terlebih dahulu celana dalam ketat kamu, terlebih yang berbahan nilon dan lace.

    Sebaiknya, gunakan celana dalam berbahan katun yang tidak terlalu ketat agar kulit di bagian area Miss V dapat bernapas. 


    Itulah 8 cara mencukur bulu di area Miss V yang benar dan aman, agar terhindar dari luka, iritasi, kemerahan, gatal, dan infeksi. Selamat mencoba di rumah!




    (Fariza Rahmadinna/KIS/ Image:Doc. Drobotdean/Freepik)