Beauty

Wajib Tahu! 4 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Jerawat

  by: Astriana Gemiati       13/12/2021
  • Sementara jerawat dapat berkembang karena lingkungan dan genetika, serta kebiasaan gaya hidup seperti diet. Di sini Cosmo akan memecah makanan yang dapat menyebabkan jerawat. Harap dicatat bahwa ini hanyalah pedoman umum, dan tidak ada cukup penelitian yang menghubungkan makanan tertentu dengan jerawat. Namun, tetap jalan terbaik adalah selalu untuk berbicara dengan dokter kamu tentang perawatan jerawat.


    Makanan yang Dapat Menyebabkan Jerawat

    Jerawat dianggap sebagai penyakit peradangan. Makanan yang dapat menyebabkan peradangan dikatakan menyebabkan jerawat. Berikut adalah makanan paling umum yang mengandung pemicu tersebut.




    Gula halus + tepung

    Permen, makanan penutup, roti putih, dan nasi putih semuanya sarat dengan gula dan pati. Makanan ini tidak memberikan nilai gizi. Ini juga dianggap sebagai makanan indeks glikemik tinggi karena dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Peningkatan insulin yang tiba-tiba mempercepat pertumbuhan sel-sel kulit yang meningkatkan produksi sebum.



    Produk susu

    Ada beberapa penelitian yang mengaitkan konsumsi susu sapi dapat menyebabkan jerawat. Meskipun ini tidak menyimpulkan apakah produk susu adalah penyebab langsung, ada korelasi yang ditemukan antara mereka yang minum susu sapi dan tingkat keparahan jerawat mereka.


    Produk kedelai

    Sebelum kamu mengisi keranjang belanjaan dengan susu kedelai sebagai pengganti produk susu, Cosmo ingin memperingatkan kamu tentang hal itu. Jerawat bisa muncul ketika tubuh kita mengalami ketidakseimbangan hormon. Kedelai mengandung estrogen yang tinggi dan dapat menyebabkan masalah jika dikonsumsi dalam jumlah besar.


    Makanan cepat saji

    Makanan cepat saji dikenal tinggi sodium, gula, dan lemak trans. Memang makanan ini mengenyangkan dan memberi kamu dorongan energi yang cepat, ini tidak memiliki nilai gizi. Cosmo memahami bahwa melewatkannya merupakan tantangan, tetapi mengurangi perjalanan drive-thru dapat membantu memperbaiki kulit kamu!



    Diet Anti-Jerawat: Makanan yang akan membantu kamu mendapatkan kulit yang Sehat

    Sekarang kita telah membahas makanan yang harus dihindari, berikut adalah daftar item yang dapat kamu tambahkan ke diet harian untuk kulit yang lebih baik.


    Ikan

    Ikan kaya akan asam lemak omega-3 yang membantu mengurangi peradangan. Tambahkan salmon atau tuna ke makanan atau kamu bisa mencoba suplemen oral.




    Probiotik

    Probiotik menenangkan peradangan, yang sekali lagi penting ketika kamu berurusan dengan jerawat. Kamu bisa mendapatkan probiotik dari makanan fermentasi atau suplemen oral.


    Teh hijau

    Teh hijau sarat dengan antioksidan kuat yang membantu menjaga sistem kekebalan kamu tetap kuat. Ketika kamu memiliki sistem kekebalan yang kuat, kulit yang bersih, dan sehat akan mengikuti.


    Kunyit

    Anti-inflamasi lain, kunyit adalah bahan populer untuk masker wajah anti-jerawat. Sebagai bagian dari diet harian kamu, tidak ada cukup penelitian untuk membuktikan kemanjurannya dalam mengobati jerawat.


    Vitamin A, D, E, dan zinc

    Kami secara kolektif menyebutnya set vitamin dan mineral "cahaya dari dalam" karena semuanya bekerja sama untuk menjaga semua organ, termasuk kulit kamu dalam kondisi optimal.








    (Artikel ini disadur dari  www.cosmo.ph / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: Dok. GIPHY, Freepik )