Better You

Tips untuk Tetap Produktif Walaupun Sedang Work from Home!

  by: Haninadhira Husaini       15/12/2021
  • Dengan adanya pandemi, kita semua kini harus menjalankan rutinitas yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kalau biasanya kamu bangun pagi dan bersiap untuk berangkat ke kantor, kini pandemi membuat kamu harus melakukan segala pekerjaan dari rumah alias work from home. Nah, meski melakukan pekerjaan dari rumah, bukan berarti kamu dapat bermalas-malasan, lho! Ingat, kamu tetap memiliki kewajiban untuk bekerja meski harus melakukannya dari dalam kamar.

    Dengan adanya perbedaan tempat bekerja, kamu mungkin merasa sulit untuk mengatur waktu agar tetap produktif. Berikut adalah tip agar kamu tetap produktif walaupun sedang work from home, simak!




    1. Bangun pagi lalu rapikan tempat tidur

    Walaupun work from home, rutinitas pagi itu sangat penting untuk memulai hari agar kamu lebih produktif. Berusahalah untuk tetap mengikuti rutinitas pagimu seperti biasa agar tubuhmu tetap terbiasa dengan "alarm tubuhmu". Jika biasanya kamu mengawali hari dengan bangun tidur lalu merapikan kasur, maka lakukan hal yang sama. Psst, ini juga penting untuk mencegah kamu kembali bermalas-malasan di kasur. Trust us, it helps, a lot.



    2. Sarapan dan mandi

    Untuk membuat diri kamu lebih bersemangat, lakukan rutinitas seperti sarapan dan juga mandi seperti layaknya kamu ingin berangkat ke kantor. Dengan mandi di pagi hari, kamu akan merasa lebih segar sehingga dapat memulai aktivitas dengan penuh energi.


    3. Persiapkan to-do-list

    Tuliskan apa saja pekerjaan paling utama yang harus diselesaikan hari itu. Dengan membuat to-do-list, kamu bisa bekerja dengan lebih maksimal karena kamu sudah mengatur apa saja yang perlu kamu kerjakan hari itu sehingga semua pekerjaan dapat selesai dengan tepat waktu.


    4. Membuat manajemen waktu

    Walaupun bekerja dari rumah, kamu tetap harus membuat manajemen waktu yang baik seperti bagaimana ketika kamu di kantor. Waktu jam kerja dipakai untuk bekerja, begitu pula dengan waktu untuk makan serta istirahat.




    5. Jauhkan hal yang membuat kamu terdistraksi

    Sesekali istirahat dan membuka media sosial untuk refreshing itu tidak apa-apa, kok! Tetapi jangan sampai kamu lupa waktu dan membuat pekerjaan kamu jadi tertunda karena terlalu lama scrolling di media sosial, ya.


    6. Ciptakan ruang kerja

    Hindari bekerja dari kamar terutama dari kasur, karena hal ini dapat menyebabkan kamu lebih mudah untuk bermalas-malasan dan hilang fokus. Ciptakan ruang kerja yang nyaman, terutama untuk kamu yang akan duduk di depan laptop selama berjam-jam. Semisal, bekerja di meja kerja atau di ruangan selain kamar tidurmu.


    Semangat babes, things will get better, soon!


    Haninadhira Husaini / VA / Image: Dok. Unsplash