Better You

Lima Varian Lilin Aromaterapi dan Manfaatnya

  by: Haninadhira Husaini       19/12/2021
  • Kondisi pandemi seperti saat ini mungkin mudah membuat kamu merasakan lelah dan stres. Salah satu cara yang paling mudah untuk menghilangkan stres: lilin aromaterapi. Lilin aromaterapi merupakan lilin yang mengandung minyak esensial atau minyak atsiri, dan dipercaya dapat menghilangkan stres serta merilekskan pikiran.



    Dikutip dari Medical News Today, lilin aromaterapi dapat memberikan ketenangan berkat aromanya yang lembut, dan aroma ini dapat mendorong kamu untuk bersantai sejenak. Memang, para ahli belum meneliti secara menyeluruh mengenai manfaat kesehatan dari lilin aromaterapi. Namun, kandungan minyak esensial yang terdapat dalam lilin aromaterapi terbukti dapat membantu menghilangkan perasaan stres. Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa menghirup aroma dari minyak esensial dapat mengurangi kecemasan. Efek menenangkan dari lilin aromaterapi tersebut dapat membuat kamu merasakan rileks dan terlepas dari rasa stres.

    Lilin aromaterapi telah digunakan sejak dahulu sebagai cara penyembuhan, meditasi dan membersihkan energi dalam diri. Selain itu, benda ini juga dipercaya dapat membantu kamu untuk mengubah suasana hati, lho! Nah, lilin aromaterapi juga memiliki beragam varian aroma dan tiap varian memiliki manfaat yang berbeda. Penasaran? Yuk, simak!



    Lavender

    Tahukah kamu bahwa aroma lavender dipercaya dapat membantu orang-orang yang mengalami insomnia dan gangguan tidur? Studi yang dilakukan oleh National Library of Medicine pada tahun 2014 menemukan bahwa menghirup minyak esensial lavender dapat memberikan pengaruh positif pada orang-orang yang mengalami gangguan tidur ringan. Selain itu, menurut buku "The Journal of Alternative and Complementary Medicine" yang diterbitkan pada tahun 2015 silam, mereka yang menggunakan aromaterapi lavender sebelum tidur akan merasa lebih segar ketika bangun. Studi lain yang juga diterbitkan oleh National Library of Medicine pada tahun 2010 menyebutkan bahwa menurut penelitian yang mereka lakukan terhadap 221 orang dewasa yang mengalami gangguan kecemasan, menghirup aroma minyak lavender juga membantu mereka tidur lebih lama di malam hari. Worth to try!


    Clary Sage

    Lilin aromaterapi clary sage dapat membantu kamu untuk menaikkan suasana hati menjadi lebih baik dari sebelumnya. Pas banget nih, untuk kamu yang pusing karena habis berdebat sama pasanganmu! Selain itu menurut TheMeltCo, aroma clary sage juga dapat meningkatkan kreativitas dan intuisi kamu, lho! Aroma yang dikeluarkan juga dipercaya dapat meningkatkan kepercayaan diri. Ingin melakukan presentasi di hadapan atasanmu besok? Nyalakan lilin ini sebelum kamu tidur malam ini. Dengan begitu, kamu bisa lebih percaya diri untuk mengekspresikan diri dan memercayai pikiran terdalammu.


    Kayu Manis

    Merasa burnout? Atau kamu sedang lelah atau sakit kepala? Lilin aromaterapi varian kayu manis ini merupakan opsi yang tepat untukmu, karena kayu manis dipercaya dapat menyegarkan diri akibat kelelahan. Selain itu, aroma kayu manis juga dapat meningkatkan memori ketika kamu sedang mengerjakan sebuah tugas. Menurut BrainHQ, sebuah penelitian kecil menunjukkan bahwa mencium kayu manis dapat meningkatkan kinerja beberapa jenis tugas yang membutuhkan daya pengingat. Wow!




    Pepermin

    Merasakan hilang fokus karena terlalu banyak distraksi di luar pekerjaan? Lilin aromaterapi varian pepermin ini jawabannya! Aroma pepermin dapat membangunkan pikiranmu dan membuat kamu menjadi lebih fokus. Selain itu, untuk Cosmo babes yang merasakan nyeri ketika sedang datang bulan, aroma pepermin juga dapat meringankan rasa sakit, lho! Di samping itu, aroma pepermin juga dapat meredakan nyeri ketika otot kamu sedang terasa tegang.


    Kamomil

    Pernah mengalami kecemasan yang berlebihan? Nah, lilin aromaterapi varian kamomil ini pilihan yang paling tepat untuk mengatasinya! Aroma kamomil merupakan aroma yang baik ketika kamu ingin menjalankan proses penyembuhan diri karena dapat mengontrol kecemasan dan meringankan ketegangan yang kamu rasakan dalam diri. Pada awalnya, kamomil adalah ramuan obat kuno yang telah digunakan sepanjang sejarah di Mesir kuno, Yunani dan Roma. Digunakan untuk berbagai tujuan pengobatan, kamomil lalu menjadi minyak esensial yang terus tumbuh selama bertahun-tahun hingga sekarang menjadi salah satu pilihan paling populer untuk relaksasi. Sekarang ini, lilin kamomil dapat kamu gunakan ketika kamu sedang merasa cemas karena dapat membantu kamu menjadi lebih rileks.


    (Haninadhira Husaini / VA / Image: Dok. AntonioGuillem on Unsplash)