Beauty

Jenis dan Fungsi Kuas Makeup Yang Wajib Diketahui Pemula

  by: Fariza Rahmadinna       29/12/2021
  • Dalam dunia kecantikan, ada tiga tipe orang : orang yang memiliki banyak kuas makeup, orang yang memiliki sedikit kuas makeup, atau orang yang sama sekali tidak memiliki kuas makeup. Sooo, which one are you? 

    Sebenarnya, untuk apa makeup brushes digunakan? Berapa banyak kuas makeup yang dibutuhkan, serta bagaimana cara menggunakannya? Sebagai informasi awal, peralatan ini bukan hanya sekadara pelengkap tapi bisa mengoptimalkan hasil riasan wajah.

    Menurut seorang makeup artist bernama Kristine Cruz, menggunakan kuas makeup yang salah dapat merusak keseluruhan tampilan riasan wajah. Cruz menjelaskan, setiap kuas makeup diciptakan khusus untuk menargetkan area wajah tertentu. Sedikit membingunkan? Okay, misalnya kamu menggunakan kuas makeup yang terlalu besar untuk mengaplikasikan eyeshadow, hal ini akan membuat tampilan riasan mata menjadi tidak rapi dan tidak terkesan natural



    Dalam artikel ini, Cosmo akan membantu kamu (terutama pemula) untuk mengetahui dan memahami jenis-jenis kuas makeup dasar, dan bagaimana cara menggunakannya. Keep scrolling!



    1. Kabuki brush


    (sephora.co.id)


    Kabuki brush paling sering dikenali dengan gagangnya yang pendek dan gemuk, serta bulunya yang sangat padat, tegas, datar atau berbentuk kubah. Kabuki brush sintetis dapat digunakan untuk mengaplikasikan liquid foundation atau body makeup untuk hasil medium-to-full coverage. Tetapi, kepadatan kuas membuatnya sempurna untuk mengaplikasikan bedak atau mineral foundation untuk hasil full-coverage.

    Cara menggunakan kabuki brush: Karena kabuki brush memiliki bulu yang padat, cukup aplikasikan dengan tekanan ringan agar produk bisa merata dengan baik dengan kulit. Gunakan ujung bulu pada kabuki brush untuk mengambil produk, lalu swirl dan buff untuk meratakan produk ke seluruh wajah. 


    2. Stippling brush


    (zoevacosmetics.eu)


    Stippling brush dikenal dengan serat duo-nya, yang berarti kuas makeup ini dikemas dengan dua jenis dan panjang bulu yang berbeda untuk membuat kuas lebih padat di bagian bawah dan lebih halus di bagian atas.

    Jika kamu menginginkan hasil foundation yang lebih lembut dengan efek airbrush, stippling brush adalah pilihan yang tepat. Karena hasil akhirnya yang lebih ringan, kuas ini juga ideal untuk mengaplikasikan tinted moisturizer, cream blushes, dan liquid highlighters tanpa mengacaukan produk di bawahnya. 

    Cara menggunakan stippling brush: Dip stippling brush ke dalam liquid makeup, atau usapkan stippling brush ke stick cream atau bedak, lalu swirl perlahan ke wajah kamu. 


    3. Foundation Brush


    (sociolla.com)


    Menggunakan foundation brush dapat memberikan hasil flawless dan airbrushed finish. Selain itu, mengaplikasikan foundation dengan brush dapat menghasilkan coverage yang lebih tinggi. Namun, hasil ini tergantung pada jenis foundation yang kamu gunakan. Ini karena, tidak semua foundation akan cocok dengan brush, jadi itu sangat tergantung pada jenis foundation kamu di sini.

    Cara menggunakan foundation brush: Untuk aplikasi foundation yang sangat halus, mulailah dari tengah wajah (pipi dan T-zone) dan aplikasikan foundation ke luar dengan sapuan halus dan merata untuk mencegah adanya garis riasan kasar di sekitar tepi rahang dan garis rambut. Jika Anda menggunakan mineral foundation, swirl dan gosok bulunya untuk meratakan produk ke seluruh wajah. 


    4. Concealer brush


    (sephora.co.id)


    Anggap concealer brush adalah foundation brush dengan versi yang lebih kecil. Jenis brush ini ideal untuk menargetkan area kecil dan spesifik pada wajah kamu, seperti untuk mengaplikasikan concealer pada area bawah mata, pada jerawat dan bekas jerawat, atau pada lipatan samping hidung. 

    Cara menggunakan concealer brush: Oleskan ujung brush ke dalam sedikit concealer, lalu aplikasikan pada area wajah tertentu yang kamu inginkan, dan blend...blend...blend.


    5. Powder brush


    (revolutionbeauty.com)


    Jika masalahmu adalah cepat berminyak di area T-zone dan creasing di area bawah mata, izinkan Cosmo memperkenalkan produk yang akan menjadi sahabat kamu: Setting powder atau bedak tabur. Dan untuk mengaplikasikan bedak tabur, kamu memerlukan powder brush

    Jenis brush ini memiliki ukuran yang bervariasi dari yang kecil hingga besar. Powder brush biasanya memiliki bulu yang panjang, padat, dan halus. Brush ini dimaksudkan untuk membaurkan bedak tabur atau powder foundation

    Cara menggunakan powder brush: Gunakan ujung brush untuk mengambil bedak tabur atau powder foundation — tap tap — lalu usapkan pada area T-zone atau di bawah mata. 


    6. Bronzer / blush on brush


    (sephora.co.id)


    Bronzer dan blush on cukup mirip sehingga kamu mungkin berpikir menggunakan satu brush untuk semuanya, ya, tetapi siapa yang punya waktu untuk membersihkannya di antara setiap step makeup (dan jangan berani-berani berpikir untuk menggunakan hanya satu brush dan tidak membersihkannya). 

    Pada dasarnya, jenis brush untuk kedua produk makeup ini sama. Bronze atau blush on brush dikenali dengan bulu panjang dan halus serta berbentuk kubah untuk mengaplikasikan bronzer atau blush on secara merata. 

    Cara menggunakan bronzer / blush on brush: Ketika berbicara tentang bronzer dan perona pipi, cara kamu menggunakan brush hampir lebih penting daripada brush itu sendiri. Untuk bronzer, sapukan kuas secara perlahan dengan membentuk pola “3”, mulai dari dahi, memotong tulang pipi, lalu bergerak mundur dan turun ke rahang. Untuk perona pipi, sapukan produk dengan gerakan memutar perlahan pada bagian atas pipi dan ratakan ke tulang pipi.


    7. Contour brush


    (sociolla.com)


    Kuas ini terbilang sangat berbeda dengan jenis kuas makeup lainnya, contour brush memiliki bentuk miring dengan bulu lembut dan padat untuk memudahkan kamu menciptakan dimensi wajah yang halus. 

    Cara menggunakan contour blush: Swirl brush ke dalam bedak kontur, tap..tap, lalu sapukan brush dengan lembut di bawah tulang pipi untuk membuat kontur wajah yang terlihat alami. 


    8. Highlighter brush (tapered highlighting brush)


    (luxiebeauty.com)


    Bentuk highlighter brush memengaruhi level glow yang kamu inginkan. Gunakan tapered highlighting brush atau fan brush dengan bulu yang panjang untuk efek glow yang lebih menyebar, atau gunakan brush dengan bulu pendek dan panjang untuk membuat efek glow yang super-bright dan opaque.

    Cara menggunakan tapered highlighting brush: Swirl kuas di atas powder face highlighter, tap off the excess, lalu sapukan kuas dan ratakan dengan lembut di atas tulang pipi, tulang alis, cupid’s bow, dan di mana pun cahaya secara alami mengenai wajah kamu. 

    Ingin efek glow yang lebih pigmented? Semprotkan kuas dengan setting spray terlebih dahulu untuk meningkatkannya.


    9. Fan Brush


    (zalora.co.id)


    Sama seperti namanya, bentuk kuas ini menyerupai kipas tangan. Bulu pada fan brush ini menyebar dan rata untuk memberikan siluet yang sangat berbeda. Jenis brush ini tersedia dalam ukuran yang lebih besar dan lebih kecil. 

    Cara menggunakan fan brush: Lakukan dengan gerakan dari sisi ke sisi (bayangkan: wiper kaca depan mobil). Gunakan fan brush berukuran besar atau sedang untuk menghilangkan sisa bedak atau fallout di bawah mata, bisa juga untuk mengaplikasikan highlighter di sepanjang tulang pipi. 


    10. Eyeshadow shader brush


    (makeupforever.com)


    Oke, terlepas dari namanya yang terdengar ekstra, eyeshadow shader brush sebenarnya adalah kunci untuk mendapatkan tampilan warna yang pigmented dan merata pada kelopak mata kamu. Jenis kuas ini umumnya datar, membulat di ujungnya, dan padat sehingga dapat mengambil banyak produk eyeshadow untuk hasil warna yang terkonsentrasi. 

    Cara menggunakan eyeshadow shader brush: Setelah mengambil produk eyeshadow, pat atau press eyeshadow ke kelopak mata, dengan lembut swirl kuas di sekitar tepinya untuk membaurkannya. Kamu juga bisa menyemprotkan setting spray terlebih dahulu untuk memperdalam opasitas pigmen eyeshadow, atau untuk mendapatkan warna glitter eyeshadow yang lebih nyata. 


    11. Eyeshadow blending brush


    (sociolla.com)


    Eyeshadow blending brush dimaksudkan untuk membaurkan warna eyeshadow sehingga memberikan hasil akhir yang benar-benar natural, rata dan menyebar ke bagian yang diinginkan. Kuas ini dikenal dengan bentuknya yang meruncing dan bulunya yang lembut dan halus untuk membantu kamu blend, blend, blend. 

    Cara menggunakan eyeshadow blending brush: sapukan bulu-bulu halus pada eyeshadow blending brush pada lipatan kelopak mata dengan gerakan wiper untuk menghasilkan warna eyeshadow yang tipis, rata, dan menyebar. Sementara itu, lakukan gerakan swirl atau memutar di sekitar tepi mata saat bertransisi warna atau memadukan beberapa warna di atas satu sama lain.


    12. Pencil brush


    (kariscosmetics.com)


    Pencil brush dapat melakukan banyak hal: Smudges out eyeliner, untuk mengaplikasikan eyeshadow di garis bulu mata, membantu membaurkan dengan tepat di bawah bulu mata, dan masih banyak lagi. Ketika kuas lainnya terlalu besar atau terlalu fluffy, ambil pencil brush dengan bulu yang kaku, padat, dan runcing — terutama jika kamu berencana untuk membuat smokey eye atau blended-out shadow.

    Cara menggunakan pencil brush: Setelah mengaplikasikan eyeliner, gunakan ujung kuas yang runcing untuk sedikit membaurkannya dengan lembut. Kamu juga bisa menggunakan pencil brush untuk mendapatkan pigmen yang intens di area yang lebih kecil di sekitar warna, seperti sudut dalam dan luar mata. 


    13. Smudge brush


    (elfcosmetics.com)


    Bulunya yang pendek dan super padat membuat brush ini ideal untuk mengaplikasikan pigmen tepat di tempat yang kamu inginkan, and then smudging it out. Karena bulunya lebih lebar dan rata daripada pencil brush, smudge brush ini lebih baik digunakan di sepanjang garis bulu mata atas dan bawah.

    Cara menggunakan smudge brush: Ambil produk eyeshadow dengan kuas dan sapukan di sepanjang garis bulu mata untuk mendapatkan garis smokey yang tebal, atau gunakan untuk membaurkan dan finishing eyeliner kamu. Here's what I mean: Aplikasikan kohl atau pencil liner, lalu gunakan kuas untuk membaurkan sudut eyeliner ke arah luar. Kemudian, gunakan kuas yang sama untuk kembali ke eyeliner dengan warna eyeshadow yang serupa. Ini dimaksudkan untuk merapikan warna di bawahnya sehingga riasan matamu menjadi lebih seimbang.


    14. Eyebrow Brush


    (sephora.com)


    Beberapa dari kamu mungkin menyikat alis dengan spoolie atau sisir sebelum menggambar alis, dan FYI: eyebrow brush bisa melakukan tugas ini. Umumnya eyebrow brush memiliki dua sisi, satu sisi dengan spoolie dan sisi lainnya dengan bulu yang rata dan miring, untuk membantu kamu menggambar alis menggunakan produk gel alis atau powder. 

    Cara menggunakan eyebrow brush: Gunakan sisi spoolie terlebih dahulu untuk menyikat dan membentuk alis, lalu gunakan sisi lainnya untuk menggambar dan mengisi alis. Jika tanpa sengaja kamu menggambar dan mengisi alis dengan terlalu banyak produk, gunakan spoolie untuk menyisir alis agar tampilan alis terlihat lebih natural. 


    (Fariza Rahmadinna/KIS/Image: Doc. Laura Chouette on Unsplash)