Love & Sex

Ingat, Jangan Lakukan 5 Hal Ini Setelah Putus!

  by: Giovani Untari       20/12/2021
  • Meski saat ini kondisi hatimu mungkin sedang dalam keadaan tidak baik-baik saja (virtual hug!), tapi satu yang pasti babes bahwa ada beberapa ‘aturan’ tak tertulis yang sebaiknya kamu ikuti setelah putus cinta.

    Cara ini sebenarnya bertujuan untuk membuat batasan lebih tegas antara status barumu dengan mantan pasanganmu. Dan tentu saja, untuk membuat perasaanmu menjadi lebih baik dan tertata kembali paska putus.




    Jadi meski pun sedang patah hati, ini dia 5 hal yang jangan kamu lakukan setelah putus:


    Kesalahan No. 1: Menelpon mantan setiap kali kamu memikirkannya

    Apabila kamu selalu memikirkan mantanmu setiap tujuh menit sekali, Cosmo masih bisa memaklumi hal ini.Sangat sulit memang untuk melupakan begitu saja kenangan soal si dia.


    Apalagi jika hubunganmu dan si dia sudah terjalin dalam jangka waktu yang lama. But girls, kalau kamu sampai di tahap menelpon si mantan setiap tujuh menit sekali maka ini saatnya kamu berubah dan berhenti melakukannya.


    Kesalahan No. 2: Mengunggah sesuatu / status yang memperlihatkan kondisi emosionalmu saat ini di media sosial

    Postingan seperti quotes, lirik lagu, scene film, foto, atau apapun yang memperlihatkan kondisi emosionalmu yang sedang down berpotensi menunjukkan bahwa kamu tidak bisa dan tidak ingin move on dari si mantan!

    Jadi saat kamu sangat ingin mengunggah hal seperti ini, ulangi mantra ini: media sosial bukan diary pribadimu dan jangan biarkan si mantan merasa ‘menang’ setelah kalian putus.




    Kesalahan No. 3: Memotong rambut

    Hal yang selalu Cosmo katakan dari dulu dan sampai seterusnya adalah: pergilah ke salon saat kamu sudah bisa berpikir jernih. Hal ini mencegah kamu bersikap impulsif ketika memotong rambut dan pulang dengan gaya rambut yang aneh. Ujung-ujungnya bukan menjadi sosok yang baru, kamu malah merasa sedih dan menyesal dengan apa yang kamu lakukan.

    It’s okay untuk memberikan waktu pada dirimu, dear! Setelah perasaanmu sudah jauh lebih baik maka inilah saatnya untuk membuat perubahan baru dalam dirimu. (Tak hanya salon, ini artinya kamu juga sebaiknya menghindari dulu tattoo parlors, promise?).




    Kesalahan No. 4: Langsung mencoba “berteman baik” dengan si mantan

    Ada beberapa orang yang langsung mencoba untuk berteman baik dengan si mantan paska putus. Mengubah status dari mantan kekasih ke teman baiknya. 

    Tapi coba tanyakan pada dirimu sendiri, apakah kamu benar-benar tidak masalah dan bisa bersikap santai jika nanti mendengar mantanmu menceritakan tentang gebetan barunya? So, pikirkan baik-baik soal keputusan ini ya.


    Kesalahan No.5: Buru-buru menjalin hubungan serius dengan pria baru

    Tidak ada yang salah dengan keinginan menjalin hubungan baru setelah putus kok. Tetapi Cosmo hanya tidak ingin kamu menjalani hubungan percintaan yang terlalu cepat dengan pria lain, hanya untuk melupakan mantanmu.

    Sembuhkan luka di hatimu dan setelah merasa benar-benar siap, maka baru carilah pasangan baru. Jangan sampai kamu kembali sakit hati karena salah memilih pasangan. Atau sebaliknya... kamu malah menyakiti hati orang yang tulus padamu.






    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh penulis / Alih bahasa: Giovani Untari / Images: Dok. Ron Lach from Pexels, Inga Seliverstova from Pexels, Marko Klaric from Pexelsft).