Beauty

Sering Tidur Dengan Rambut Basah? Ini Tips Agar Rambut Tidak Rusak

  by: Astriana Gemiati       21/12/2021
  • Jika kamu belum pernah mendengar, "Jangan pernah tidur di tempat tidur dengan keadaan rambut basah kuyup," kamu mungkin tidak hidup cukup lama. Pakar rambut—dan nenek kami tercinta—bersumpah bahwa melakukan dosa ini bisa merugikan kita dalam jangka panjang. Dari ketombe yang ditakuti hingga masuk angin, tidur dengan rambut basah tampaknya tidak menawarkan apa-apa selain banyak kerugian. Tapi, ini tidak perlu terjadi setiap saat.


    Tidur dengan rambut basah dapat memberikan rambut ikal yang lembut dan halus saat kamu bangun—kelebihan yang diinginkan hingga dapat diperdebatkan ini layak untuk dicoba. “Mencuci rambut dan mengikatnya erat-erat sebelum tidur, dengan harapan bangun dengan rambut ikal yang siap di salon, semuanya menyenangkan dan baik hingga menyebabkan kerusakan pada batang dan kutikula rambut kamu,” jelas Dr Geetika Goel, Clinic Dermatech.




    "Karena tidak ada manfaat yang didukung secara ilmiah dari tidur dengan rambut basah, anggap saja itu lebih merusak daripada kebaikan. Pertama-tama, kelembapan semalaman dapat membuat kulit kepala kamu menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan jamur, memicu iritasi kulit, gatal-gatal, serta rapuh. Plus, kelembapan dapat menyebabkan selubung akar luar rambut mengembang, hingga membuatnya rapuh dan lebih rentan terhadap kerusakan," tambahnya.



    Di sisi lain, Dr Navnit Haror, Pendiri, Derma Miracle Clinic, berpendapat bahwa tidur dengan rambut basah dapat memberikan banyak manfaat, asalkan dilakukan dengan cara yang benar. Namun, ia juga menyatakan bahwa hal itu dapat membuat rambut kamu berisiko terkena infeksi jamur. "Tidur dengan rambut basah dapat meningkatkan risiko terkena infeksi jamur, ketombe, dan kulit kepala yang gatal. Jamur Malassezia—yang tumbuh subur dalam kelembapan—bertanggung jawab atas kondisi seperti eksim, dermatitis, dan alopecia (rambut rontok)." 



    Lantas, bagaimana cara tidur yang benar dengan rambut basah?

    Saat rambut kamu dalam kondisi basah, rambut berada dalam kondisi yang paling rentan, dan tidur di atasnya dapat menyebabkan rambut kusut dan rusak. "Mulailah dengan menggunakan sisir bergigi jarang untuk menghilangkan kusut dan kusut. Oleskan krim penata rambut, serum, atau minyak pada rambut untuk bantu melindunginya. Selanjutnya, putar rambut kamu menjadi sanggul dan kencangkan dengan ikat rambut. Letakkan handuk di atas kepala dan biarkan di tempat selama setidaknya 15 menit untuk menyerap kelebihan air. Lepaskan handuk dan sanggul sebelum menyentuh tempat tidur, "saran Dr Navnit.




    Hari-hari kamu sudah terlalu lelah untuk mengeringkan rambut sebelum tidur, kemungkinan kamu akan bangun dengan kerutan aneh, setengah ikal, dan satu sisi dihaluskan dengan sisi lainnya yang lurus. "Cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan mengeringkan rambut dengan handuk sebelum tidur. Jika kamu tidak punya waktu untuk melakukannya, gunakan kondisioner tanpa bilas atau semprotkan air saja. Sisir rambut kamu dengan jari dan buat sanggul longgar dengan buat kepangan kecil dan ikat dengan karet gelang lembut sebelum kamu tidur," tambahnya. Menurut Dr Geetika, blow dry ringan di kulit kepala atau mengoleskan masker rambut semalaman juga dapat membantu. Tukar sarung bantal katun kamu dengan sarung bantal sutra untuk menghindari kusut, gesekan, dan kerusakan.






    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.in  / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: Dok. GIPHY, Freepik.com )