Celebrity

Penasaran Seberapa Besar Harta Kekayaan Ratu Elizabeth II? Intip!

  by: Alvin Yoga       30/12/2021
  • Ratu Elizabeth II sangat kaya. Sungguh, ia punya beberapa istana, beberapa tiara berlian yang mewah, seluruh Hyde Park (LOL), setiap angsa yang ada di Inggris (tak bohong, like, literally), dan sebuah gereja kasual yang K-A-Y-A. Tapi, kalau-kalau kamu penasaran, seberapa besar sebenarnya kekayaan yang ia miliki di bank? Jawabannya: Membingungkan, karena setumpuk kekayaan yang "dimiliki" oleh sang Ratu sebenarnya merupakan milik "Royal Firm". Jadi, ini saatnya untuk mencari tahu apa saja yang ia miliki. Apakah berpotensi membuatmu terngaga-nganga? Bisa jadi.


    Pertama-tama: “ROYAL FIRM” adalah sebuah kerajaan bernilai US$28 miliar

    Menurut Forbes, "the Firm"—yang sebenarnya merupakan "Monarchy PLC"—bernilai kurang lebih US$28 miliar. Penjelasan singkat mengenai aset-aset mereka: The Crown Estate menyimpan US$19.5 miliar, Buckingham Palace bernilai kurang lebih US$4.9 miliar, the Duchy of Cornwall menyimpan US$1.3 miliar, the Duchy of Lancaste menyimpan US$748 juta, Kensington Palace bernilai kurang lebih US$630 juta, dan the Crown Estate Scotland menyimpan US$592 juta.



    Tapi tak seluruh uang tersebut merupakan milik anggota kerajaan Inggris! Beberapa di antaranya merupakan milik British Treasury. Mari kita lihat penjelasan dari Crown Estate sebagai contoh, ya.

    The Crown Estate secara teknis merupakan milik ratu atau raja yang memerintah (dalam hal ini, Ratu Elizabeth II) selama masa pemerintahan mereka, tetapi bukan milik pribadi mereka juga bukan milik pemerintah. Alih-alih, akun ini diurus oleh sebuah dewan khusus di luar kerajaan. Menurut Forbes, the Crown Estate menghasilkan keuntungan sebesar US$475 juta tahun lalu, dan keluarga kerajaan mendapatkan 25 persen dari keuntungan tersebut (jumlah ini diketahui sebagai Sovereign Grant), sedangkan sisa 75 persennya masuk ke dalam British Treasury.


    Jadi, yeah: Sang Ratu *memang* mendapatkan uang dari institusi kerajaan secara keseluruhan—namun sejujurnya nilainya agak kurang relevan karena ia juga memiliki seperangkat aset yang sepenuhnya terpisah dan hanya menjadi miliknya.


    Sang Ratu memiliki US$500 juta dalam aset pribadinya

    Aset tersebut termasuk tetapi tidak terbatas pada investasi pribadi yang “sebagian besar saham blue chip Inggris”, koleksi seni yang sangat besar, koleksi perhiasan yang sama besarnya, dan real estat—termasuk Sandringham House dan Balmoral Castle.


    Plus, Sang Ratu mewarisi seluruh kekayaan ibunya

    The Queen Mother meninggalkan kurang lebih kekayaan bernilai £70 juta pada Sang Ratu, termasuk banyak karya seni yang bernilai tinggi. Walaupun menurut BBC, Yang Mulia Ratu memutuskan untuk memberikan beberapa karya seni penting yang ditinggalkan ibunya pada the Royal Collection, di mana mereka akan "dipercayakan pada negara".

    Dan bicara soal warisan kekayaan, mendiang suami Sang Ratu, Pangeran Philip, dikatakan meninggalkan kekayaan bernilai £10 juta, termasuk sederet koleksi lukisan oleh Edward Seago dan juga 3000 buku.




    Sang Ratu memiliki koleksi prangko yang sangat mahal

    Menurut the Sunday Times, Sang Ratu memiliki the Royal Philatelic Collection, yang bernilai £100 juta dan terdiri dari prangko Inggris dan Persemakmuran Inggris.


    Muncul klaim bahwa ia berusaha untuk menyembunyikan kekayaannya

    Kembali pada Februari 2021, The Guardian merilis sebuah laporan mengejutkan bahwa Ratu Elizabeth II "berhasil melobi pemerintah untuk mengubah rancangan undang-undang untuk menyembunyikan kekayaan pribadinya yang 'memalukan' dari publik." Rupanya, hal ini terjadi pada tahun 1970-an dan "menempatkan tabir rahasia atas kepemilikan saham dan investasi pribadi Ratu hingga setidaknya tahun 2011."

    Namun menurut the Sun, seorang juru bicara dari Istana Buckingham menutup laporan ini, dengan mengatakan "setiap pernyataan bahwa kerajaan telah memblokir undang-undang sama sekali tidak benar."

    Hmmm. Penasaran, deh! Anyway, kesimpulannya, Sang Ratu kaya raya. Apakah kamu iri dengan kekayaannya?


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Alvin Yoga / Image: Dok. Cosmopolitan US)