Lifestyle

Mengenal Tren “That Girl” yang Ramai di Tiktok

  by: Haninadhira Husaini       24/12/2021
  • Pernahkah kamu melihat video yang muncul di For You Page TikTok kamu yang memperlihatkan kehidupan yang aesthetic dan dreamy—di mana seseorang bangun pagi dengan rambut yang (sudah) rapi dan senyum manis terukir di wajahnya (dengan seluruh deadline ini, howww, gurl??), dilanjutkan dengan kegiatannya menyeduh kopi dan menikmati sarapan "cantik". Yup, itu adalah tren baru di TikTok, “that girl”. Lalu, seperti apakah sebenarnya tren “that girl” ini? Simak!


    Apa itu tren “that girl”?

    “That girl” bukanlah sebutan untuk seseorang yang terkenal secara spesifik, namun merupakan sebuah tren di TikTok yang muncul sejak April 2021. Tren ini menunjukkan seseorang, yang kemudian kita panggil sebagai “that girl”, yang menjalankan kehidupan secara seimbang. Sebutan "that girl" diberikan karena sang tokoh yang muncul di video tersebut biasanya memperlihatkan sederet kegiatan yang berfokus pada kesehatan (baik fisik maupun mental) dan menjalani kehidupan secara seimbang antara work life dan personal life, serta memanfaatkan earth tones dan warna netral dalam pengambilan video keseharian mereka. Selain itu, “that girl” juga sering kali meromantisasi kehidupan mereka dan biasanya sudah memiliki perencanaan dalam hidupnya. “That girl” tidak hanya memperlihatkan kehidupan yang sehat (yang tentu kita idam-idamkan di tengah kondisi pandemi ini), tetapi juga memperlihatkan penampilan yang menarik setiap saat (ingat senyum manis ketika baru bangun pagi tersebut?), yang selalu bangun di pagi hari (like, howww?) dan menjalankan semua rutinitas pagi harinya dengan baik. Bisa dikatakan, tren ini seperti melihat kehidupan langsung ketika kamu mencari “Hot Girl Summer Pictures" di Pinterest. Yang terpenting, mereka membuat semuanya terlihat indah dan tenang, mulai dari penggambaran makanan hingga pakaian olahraga yang ditata sempurna dan memiliki estetika minimalis. Wow!



    Lalu, apa tujuan dari tren “that girl”?

    Pengguna TikTok yang mengikuti tren ini biasa membagikan video rutinitas mereka sesuai dengan kriteria “that girl” di atas. Tujuannya: para perempuan tersebut bermaksud untuk mendorong serta menginspirasi para perempuan lain yang ingin menjadi versi terbaik dari dirinya. Yup, tren ini tak cuma ingin memperlihatkan faktor "estetis", namun juga ingin memperlihatkan bagaimana kita bisa mulai menjalankan rutinitas pagi hari yang baik, mulai dari bangun pagi, merapikan tempat tidur, bermeditasi, membuat sarapan smoothies dan avocado toast, bersepeda pagi, lalu diakhiri dengan menulis jurnal dan to-do-list kegiatan di hari itu.

    Tren ini juga mengingatkan kita untuk lebih memperhatikan kesehatan mental, mulai dari lebih banyak baca buku, menyingkirkan mereka yang toksik dari hidup kamu (block mereka dari media sosial, misalnya?), serta menyarankan kita ntuk menjalankan rutinitas sehari-hari yang lebih baik.





    Bagaimana pendapat masyarakat terhadap tren ini?

    
Setelah beberapa lama ada di TikTok, tren ini mulai diikuti oleh para pembuat konten di Youtube dengan judul The Ultimate Guide to Being "THAT Girl”. Namun, tren ini mulai menimbulkan berbagai pro dan kontra. Sebagian dari Youtuber menganggap tren ini dapat menciptakan kehidupan yang lebih positif dan produktif. Mereka menganggap dengan adanya tren ini, mereka dapat mengajak masyarakat untuk menjalankan hidup yang lebih tertata, dan berusaha untuk berkembang menjadi lebih baik. Tetapi, sebagian lainnya menganggap bahwa tren “that girl” seakan memberikan "label" bahwa hidup yang seimbang hanya bisa dicapai ketika kita bisa mengikuti seluruh agenda yang ada dalam video tersebut. Padahal, perjalanan menuju perkembangan diri dan kehidupan yang lebih baik dimulai sesimpel ketika kita mengenal diri kita, dan apa yang kita butuhkan dalam hidup—bukan kehidupan yang penuh "estetika".


    Jadi bagaimana kalau menurut Cosmo babes? Apakah kamu ingin mencoba tren ini?


    (Haninadhira Husaini / VA / Image: Dok. Tara Winstead on Pexels)