Beauty

Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Helix Piercing!

  by: Astriana Gemiati       27/12/2021
  • Jika kamu sedang membaca artikel ini, kemungkinan besar, kamu ingin tahu lebih banyak tentang helix piercing —apa itu, seberapa sakitnya, apakah butuh waktu lama untuk pulih dan sebagainya. Dan, kamu tidak sendirian. Dengan begitu banyak jenis tindikan telinga di luar sana —mudah untuk merasa benar-benar kewalahan dengan semua pilihan. Maksud Cosmo, bagaimana kita bisa tahu bahwa kata 'helix', 'tragus' dan 'daith' adalah jenis tindikan.


    Jika itu adalah helix piercing yang kamu inginkan, baca terus untuk mengetahui dengan tepat apa itu —selain dari struktur DNA, obvs— serta semua variasi yang dapat kamu lakukan dan logistik di balik mendapatkan helix piercing pertama kamu.




    Apa itu helix piercing?

    Helix piercing adalah penindikan yang dilakukan pada tulang rawan bagian atas telinga —tetapi ada berbagai jenis helix piercing. Standarnya dibuat di tulang rawan atas bagian luar, tetapi kamu juga bisa melakukan forward, backward, double atau bahkan triple helix piercing. Siapa yang tahu ada begitu banyak pilihan berbeda yang tersedia?




    Apa itu forward helix piercing?

    First thing’s first —apa yang membedakan forward helix piercing (penusukan heliks ke depan) berbeda dari penusukan ke belakang? Sebenarnya cukup sederhana: ikuti lekukan tulang rawan kamu di sekitar telinga sampai kamu mencapai sisi wajah (yaitu tepat di atas tragus) dan area penusuk ini disebut heliks ke depan. Kamu juga dapat memiliki double atau triple forward helix piercing.



    Apa itu double helix piercing, atau triple?

    Sementara gaya heliks klasik melibatkan penindikan tulang rawan luar atas satu kali, jika kamu memiliki dua atau tiga tindikan di tempat yang sama, tepat di atas satu sama lain, ini disebut tindik heliks ganda dan rangkap tiga. Itu tindikan yang sama, ini lebih mengacu pada nomor yang kamu miliki di telinga yang sama. Masuk akal, bukan?


    Apakah helix piercing itu menyakitkan?

    Editor kami, Sophie, melakukan helix dan forward helix ear piercing di butik penindik Sacred Gold di London. Inilah yang dia katakan tentang pengalaman itu:


    "Saya pernah melakukan penindikan heliks sebelumnya, ketika saya berusia 18 tahun, pingsan di luar ruang tamu dan akhirnya harus membuang cincin logam murahan yang saya pasang (awalnya mengabaikan kulit sensitif saya dan reaksi menyakitkan).


    "Di masa dewasa, saya ingin mendekatinya secara berbeda, dan untuk siapa pun dengan kisah tragis yang sama, saya sangat merekomendasikan mengunjungi gerai tindik profesional untuk mengetahui lebih banyak saran tentang dan bagaimana perawatan pasca tindik.



    "Seluruh prosesnya sangat cepat, dan antisipasi rasa sakit mungkin lebih intens daripada penindikan yang sebenarnya, tetapi pasti ada sedikit cubitan dan kejutan ketika itu terjadi, yang mengakibatkan beberapa tangan tergencet.”


    "Seperti yang saya lakukan pada kedua penindikan sekaligus, mereka mulai dengan heliks ke depan, yang paling tidak menyakitkan dari keduanya, mungkin karena tulang rawannya lebih tipis di sana. Dilanjutkan dengan penindikan ke luar ke heliks yang sama cepatnya tetapi saya merasakan cubitan itu sedikit lebih. Setiap langkah saat mereka melakukannya, mereka selalu mengajak berbicara, hal ini untuk memastikan agar kamu merasa nyaman.




    Hal-hal yang perlu kamu ketahui

    Berikut adalah beberapa tips berguna yang dipelajari Sophie dari pengalaman piercing:

    • Jika kamu ingin mendapatkan beberapa tindikan telinga sekaligus - tentu saja untuk membangun tumpukan anting yang sempurna - kamu harus mengambilnya satu per satu. Sangat penting untuk memiliki telinga yang bebas tindik, sehingga kamu memiliki sisi untuk tidur. Untuk memastikan tindikan baru sembuh dengan benar, kamu disarankan untuk tidak tidur di atasnya selama masa penyembuhan.


    • Kamu dapat mengkonfirmasi penempatan anting-anting sebelum melakukan piercing. Penindik akan menggambar titik di telinga kamu, untuk menyarankan di mana menurut mereka penindikan harus diletakkan berdasarkan anatomi telinga, sehingga kamu dapat memastikan bahwa kamu puas dengan penempatannya sebelum waktu penusukan.


    • Kamu harus menunggu sebelum memasang anting model baru. Kamu dapat memilih anting dengan model stud yang bergaya, tetapi mereka tidak akan menusuk telinga kamu dengan anting sebelumnya, karena mereka menggunakan cicin untuk berputar dan bergerak di dalam lubang dengan lebih mudah, yang berarti mereka bukan perhiasan terbaik yang harus dimiliki selama proses penyembuhan. Kamu dapat menukar anting setelah tindikan sembuh total.


    • Kamu mungkin perlu mengurangi ukuran tindikan. Batang asli yang mereka gunakan bisa lebih panjang atau lebih tebal untuk mengakomodasi penyembuhan, yang kemudian dapat diubah pada janji tindak lanjut dengan penindik.


    • Hindari tindikan baru atau mengganti anting dalam kondisi tindikan masih basah karena ini tidak ideal untuk penyembuhan. Setelah mandi, kamu dapat mengeringkan telinga dengan pengering rambut pada pengaturan terendah. 



    Berapa lama helix piercing sembuh?

    Di sinilah tindikan lobus dan tulang rawan benar-benar berbeda. Meskipun kamu mungkin dapat mengatasi tindik lobus dalam waktu sekitar satu bulan, helix piercing dapat memakan waktu antara tiga hingga enam bulan untuk sembuh. Sayangnya, seperti halnya faktor nyeri, sulit untuk memberikan waktu penyembuhan yang tepat karena setiap orang berbeda. Harapkan area tindik terasa sakit, memerah, dan bahkan membengkak atau berdarah (awalnya). Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu memberikan tindik kamu kesempatan terbaik untuk pemulihan yang cepat - baca terus.



    Bagaimana cara merawat helix piercing?

    Seperti semua tindikan, menjaga kebersihan area di sekitar anting helix adalah cara terpenting untuk menghindari infeksi. Gunakan larutan garam dan kain kasa untuk membersihkan dengan lembut di sekitar area tersebut. Cobalah untuk menghindari cotton buds saat serat berpindah ke tindik. Meskipun kamu mungkin merasa tergoda untuk mulai mengutak-atik perhiasan baru, jangan memelintir atau mengganti perhiasan sampai kamu yakin bahwa tindikan telah sembuh karena ini dapat mencegah proses penyembuhan yang tepat dan bahkan menyebabkan infeksi.




    Apa yang terjadi jika tubuh kamu menolaknya?

    Jika tindikan kamu terasa bergerak, membutuhkan waktu terlalu lama untuk sembuh, atau menunjukkan tanda-tanda infeksi, segera kunjungi ahli penindikan untuk mencari tahu apa masalahnya.




    ( Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.com/uk / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: Dok. Instagram )