Lifestyle

7 Fakta Seru 'The Silent Sea', Series Terbaru Gong Yoo di Netflix!

  by: Giovani Untari       24/12/2021
  • Menutup tahun 2021, Netflix menghadirkan sebuah series sci-fi thriller Korea berjudul 'The Silent Sea' yang siap menemani waktu liburan kita semua.

    Tak sekadar membawa tema yang menarik, The Silent Sea juga ikut diperkuat dengan deretan pemain handal Korea Selatan seperti Gong Yoo, Lee Joon, Kim Sun-young, Lee Mu-saeng, Lee Sung-wook, dll.




    Series ini sendiri akan membawa kita pada petualangan sebuah tim elit yang dikirim ke Stasiun Penelitian Bulan Balhae, di mana tempat tersebut telah ditutup selama lima tahun. Tujuan awal mereka adalah untuk mencari cara agar manusia dapat terus bertahan hidup. Sayangnya, ekspedisi tersebut membuat mereka harus berhadapan dengan berbagai kematian yang misterius dan misi ini pun mulai berubah jalur.

    That sounds so promising, hmmm?



    Bagi kamu yang berencana untuk menontonnya, simak terlebih dahulu yuk 7 fakta seru 'The Silent Sea' berikut ini:


    1. Proyek comeback Gong Yoo ke ranah series

    Sejak meraih kesuksesan melalui drama Korea Guardian: The Lonely and Great God, para penggemar Gong Yoo pastinya sudah begitu merindukan sang oppa untuk bermain kembali di sebuah series. Bahkan, antusiasme pun terasa begitu besar ketika Gong Yoo muncul menjadi cameo dalam serial populer Squid Game

    Kini pria kelahiran 10 Juli 1979 tersebut resmi comeback dalam The Silent Sea. Gong Yoo akan berperan sebagai sosok leader bernama Han Yun Jae yang pemberani, selalu taat pada tugasnya, dan mendahulukan keselamatan anak buahnya.




    2. Merupakan adaptasi dari film pendek ternama

    ICYDK, The Silent Sea diadaptasi dari proyek film pendek milik sang sutradara Choi Hang-Yong yang berjudul The Sea of Tranquility. Film pendek tersebut bahkan sempat mencuri perhatian dalam ajang Mise-en-scène Short Film Festival ke-13 di tahun 2014. Choi Hang-Yong pun kembali duduk di bangku sutradara untuk proyek The Silent Sea

    Tak hanya itu, untuk membuat series ini semakin menarik penulis Park Eun-kyo juga bergabung sebagai penulis naskahnya. Park Eun-kyo sebelumnya pernah meraih penghargaan "Best Screenwriter" untuk film Mother di ajang Asian Film Awards 2010




    3. Menggunakan teknologi canggih!

    Tim produksi The Silent Sea menghadirkan banyak teknologi canggih dan spesial untuk series ini. Salah satunya kehadiran LED full screen dan VFX effect yang digunakan untuk menghadirkan suasana luar angkasa yang sesungguhnya. Sutradara Choi juga menyebut series ini menggunakan lima studio dengan area seluas 8.300 meter persegi. 

    Agar semakin membawa suasana yang real, tim The Silent Sea juga serius membangun Stasiun Balhae yang menjadi salah satu lokasi utama dari serial ini. Segala visual stunning dalam The Silent Sea bahkan menghabiskan waktu penggarapan selama dua tahun pra-produksi dan satu tahun paska produksi. Wow!




    4. Series sci-fi thriller Korea pertama yang berlatar di bulan

    Mungkin sudah ada beberapa film sci-fi Korea yang mengangkat tema luar angkasa, tapi nyaris tidak ada yang secara spesifik berlatar di bulan. “Ada banyak film yang menggambarkan luar angkasa tapi belum ada yang menyajikan berbagai kejadian yang berlangsung di atas permukaan bulan. Kami berharap dapat menghadirkan cerita yang lebih dalam dan luas mengenai umat manusia dan semangat untuk tetap hidup," ujar sutradara Choi Hang-Yong


    Another facts: Demi menggambarkan permukaan bulan secara akurat, staf produksi The Silent Sea pun sampai harus mempelajari data dan gambar dari NASA agar dapat menghasilkan berbagai latar. Big applause!






    5. Diproduseri oleh aktor Jung Woo Sung

    Jika biasanya kita melihat Jung Woo Sung berada di depan kamera sebagai pemain, kini aktor senior Korea tersebut lebih memilih duduk sebagai produser eksekutif untuk The Silent Sea. Perannya sebagai produser eksekutif pun mendapat banyak pujian dari para pemain, salah satunya Kim Sun Young yang berperan sebagai dokter Hong Ga Young.

    “Saya tidak pernah merasakan perhatian yang begitu besar dari seorang produser eksekutif. Dia juga seorang aktor yang hebat, sehingga paham jika ada bagian-bagian yang membuat pemain merasa kurang nyaman. Dia selalumenjaga kami,” tukas Kim Sun Young.




    6. Bae Doona di-casting saat liburan

    Fakta unik lainnya adalah Bae Doona di-casting untuk peran Song Jian oleh produser Jung Woo Sung ketika ia sedang liburan. Karena merasa peran tersebut cocok dengan Bae Doona, Jung Woo Sung sampai rela menunggunya selesai liburan dari luar negeri. Tapi ternyata keduanya sama-sama bertemu di sebuah restoran di Paris dan mereka pun membahas soal serial ini lebih dalam. Jadi bisa dibilang proses casting untuk Bae Doona dilakukan di berbagai negara.

    Karakter Song Jian sendiri merupakan seorang ahli astrobiologi yang diundang untuk menjalani misi penyelamatan umat manusia. Namun ia juga bertekad kuat untuk mengungkap apa yang sebenarnya terjadi di Stasiun Balhae. 




    7. Para pemain harus menggunakan kostum astronot seberat 8,5 kilogram!

    Untuk mendukung peran sebagai tim yang dikirim ke bulan, selama syuting seluruh pemain The Silent Sea juga harus menggunakan kostum astronot seberat 8,5 kilogram! Ini jelas menjadi tantangan tersendiri bagi para pemainnya karena harus membiasakan diri menggunakan kostum tersebut.

    Selain itu, semua pemain juga menjalani training untuk menghadapi situasi dengan kadar gravitasi rendah bahkan mencapai zero gravity. Mereka pun memiliki koreografer yang mengajarkan cara berjalan di luar angkasa layaknya astronot sungguhan. Oh wow~





    Saksikan serial 'The Silent Sea' mulai tanggal 24 Desember 2021 di Netflix.






    (Giovani Untari / Images: Dok. Netflix).