Lifestyle

Bikin Baper! 5 Dating Shows yang Bisa Kamu Tonton di Netflix

  by: Alexander Kusumapradja       30/12/2021
  • Dari zaman The Bachelor hingga Love Island, reality show bertema dating kerap menjadi guilty pleasure tersendiri bagi banyak orang. Acara ini umumnya mengumpulkan sekelompok orang yang awalnya tidak saling kenal di dalam sebuah tempat di mana percikan asmara dan konflik akan timbul dengan sendirinya seiring waktu dan rasanya lumayan seru memikirkan pasangan mana yang akan bertahan dan menjadi one true pairing di akhir episode, terlepas dari apakah hubungan mereka hanya sekadar gimmick atau jatuh cinta betulan.

    Untuk yang ingin menghabiskan waktu dan invest emosi pada cerita cinta orang lain di layar kaca, Netflix memiliki cukup banyak judul reality show bertema dating yang bisa menjadi pilihan hiburanmu. Berikut ini adalah beberapa di antaranya yang bisa menjadi guilty pleasure terbarumu.






    Single’s Inferno

    Dalam dating reality show produksi Korea Selatan ini, 5 pria dan 4 wanita lajang berpenampilan atraktif dan postur ideal bak model terjebak dalam sebuah pulau terpencil yang disebut “Hell Island” di mana cuaca terik 35 derajat celcius sepanjang siang, fasilitas seadanya, dan mereka harus memasak dan mengambil persediaan air sendiri untuk tetap survive, di samping tentunya harus saling tebar pesona dan bersaing untuk merebut hati sosok yang mereka suka. Setiap harinya mereka akan menerima tantangan untuk mendapatkan privilege khusus dan mereka bisa memilih satu orang yang ingin mereka kenal lebih jauh. Kalau cocok dan menjadi pasangan, keduanya bisa terbang dengan helikopter meninggalkan pulau dan bermalam di hotel mewah yang disebut Paradise. Turut menampilkan Kyuhyun Super Junior, Lee Da-hee, Hong Jin-kyung, dan Hanhae sebagai komentator, lewat acara ini kita bisa sedikit melihat bagaimana cara orang Korea Selatan flirting dan coba menjalin hubungan dengan orang yang mereka suka.



    Too Hot To Handle

    Serial original Netflix produksi Amerika Serikat-Inggris ini menampilkan asisten virtual bernama Lana yang memandu game di mana 10 orang dewasa yang punya masalah tidak bisa komit pada hubungan jangka panjang dikumpulkan dalam satu rumah selama empat minggu dan harus mengikuti berbagai misi dan dilarang berciuman, melakukan kontak seksual jenis apapun, atau bahkan memuaskan diri sendiri demi memperebutkan uang tunai sebesar $100.000 yang akan berkurang setiap terjadi pelanggaran di rumah tersebut. Pertama kali tayang tahun 2020 dengan 9 episode, serial ini sudah diteruskan ke musim kedua tahun ini dan bahkan memiliki versi Brasil dan Meksiko yang juga tayang di Netflix.



    Love Is Blind

    30 laki-laki dan perempuan lajang dari Atlanta dikumpulkan dalam sebuah fasilitas kencan buta selama 10 hari di mana para laki-laki tinggal di satu sisi dan para perempuan di sisi yang berseberangan. Satu-satunya kontak di antara mereka hanya boleh dilakukan di pod, yaitu dua ruangan berisi sofa empuk dan dipisahkan oleh dinding kaca dengan tekstur opaque sehingga mereka tidak bisa benar-benar melihat secara jelas sosok di balik kaca. Konsep blind date tersebut dibuat agar kontestan bisa saling mengenal satu sama lain tanpa menilai masing-masing dari fisik semata. Kapan pun mereka merasa yakin, pihak laki-laki bisa melamar perempuan yang ia suka. Bila lamaran disetujui, mereka akan bertunangan dan bertatap muka untuk pertama kalinya lalu pergi ke Playa del Carmen, Meksiko agar bisa makin saling mengenal satu sama lain serta pasangan-pasangan lain yang juga match. Di sini biasanya muncul keraguan apakah mereka tetap yakin mau menikah atau justru bubar jalan.



    Sexy Beasts

    Serial ini juga mengusung konsep blind date yang mempertanyakan apakah kita bisa jatuh cinta dengan seseorang tanpa perlu memandang fisiknya atau tidak? Tapi bedanya dengan acara blind date biasa, di sini setiap peserta akan bertransformasi menjadi monster dengan memakai makeup prostetik untuk menyembunyikan wajah asli mereka dan harus menarik hati pasangan kencan mereka murni dari kepribadian. Yang membuat serial ini menarik diikuti adalah makeup dan kostum yang dipakai benar-benar totalitas sehingga kita seakan melihat cerita fantasi di mana monster dan alien saling berkencan satu sama lain di tempat publik.





    Terrace House

    Pertama kali tayang di Fuji Television tahun 2012 lalu, reality show asal Jepang ini langsung menarik perhatian publik karena dianggap memberikan warna baru pada acara dating dengan pendekatan yang humanis tanpa gimmick atau aturan yang konyol. Dalam setiap season, kita akan mengikuti kisah enam orang yang tak saling mengenal, 3 laki-laki dan 3 perempuan dari latar belakang dan profesi yang berbeda-beda, saat mereka tinggal di bawah satu atap yang sama dan saling bersosialisasi. Beda dengan dating show pada umumnya, para cast tidak dikurung dalam satu tempat selama periode tertentu dan bebas menjalankan aktivitas mereka keluar rumah seperti biasa. Dari yang awalnya tidak kenal, bibit asmara pun tumbuh seiring semakin sering mereka menghabiskan waktu bersama dan saling mengenal. Terdiri dari 5 season yang menampilkan cast yang berbeda-beda, serial populer ini sayangnya terpaksa dihentikan for good karena kasus bunuh diri yang terjadi pada salah satu cast di musim terakhirnya.


    (Alexander Kusumapradja/Image: dok. Netflix)