COSMOPOLITAN PLAYLIST00:00 - 06:00    
NOW PLAYING

Wajib Tahu! Ini Dia Perbedaan Hair Oil dan Hair Serum

BY REDAKSI 30 Dec 2021
Wajib Tahu! Ini Dia Perbedaan Hair Oil dan Hair Serum

Tahukah kamu kalau produk perawatan rambut tidak sesimpel yang dibayangkan? Ternyata, ada begitu banyak jenis produk perawatan rambut yang perlu kamu ketahui dan gunakan selain shampoo serta conditioner untuk hasilkan rambut yang tampak sehat sekaligus berkilau.


Jika kamu baru saja mempelajari berbagai produk hair care, kamu pasti memiliki beberapa pertanyaan, seperti salah satunya “Apakah hair serum dan hair oil memiliki fungsi yang sama?” Dan, tentu saja jawabannya.. berbeda! Meskipun sekilas terlihat serupa, dari segi kandungan, tekstur, fungsi, hingga kepada cara pakainya, kedua produk ini sangat berbeda, lho!


Apa saja perbedaan keduanya? Yuk, simak tiga perbedaan hair oil dan hair serum yang wajib kamu ketahui:


1.Tekstur Produk

Jika kamu memerhatikan, sebetulnya terlihat bahwa kedua produk ini memiliki tekstur yang berbeda, dimana hair serum memiliki tekstur yang lebih cair, sedangkan hair oil cenderung lebih kental. Meski memiliki tingkat kekentalan yang lebih tinggi ketimbang serum, hair oil tidak akan membuat rambutmu terasa berasa berat, karena hair oil memiliki kandungan yang cepat menyerap. Sedikit eksperimen: Coba kamu oleskan sedikit hair oil di punggung tangan dan lihat bagaimana produk yang satu ini dapat menyerap dengan cepat di kulit tanpa meninggalkan rasa lengket.


2. Fungsi dan Manfaat Produk

Dari segi kandungan kedua produk ini terbuat dari dua jenis bahan yang berbeda. Hair oil yang termasuk ke dalam kategori hair care terbuat dari bahan-bahan natural dengan fungsi untuk bantu menutrisi dan menghidrasi bagian dalam rambut, serta kulit kepala. Menariknya lagi, dengan memakai hair oil kamu dapat memperbaiki berbagai permasalahan rambut lho, seperti rambut yang kering, patah, bercabang, dan lainnya.


Berbeda dengan hair oil, hair serum memiliki kandungan bahan silikon seperti minyak mineral dan esensial, sehingga produk rambut yang satu ini lebih dikategorikan sebagai styling products yang membantu melindungi bagian terluar dari rambut dari panasnya alat styling, polusi udara, dan juga sinar matahari. Dengan menggunakan hair serum secara rutin rambutmu akan jauh lebih halus dan terlihat lebih berkilau. 


3. Cara Pemakaian

Setelah mendengar bahwa produk ini memiliki fungsi dan kandungan yang berbeda, tentu tak heran ketika kita mengetahui bahwa keduanya memiliki cara pakai yang berbeda. Untuk hair serum, Cosmo sarankan kamu menggunakannya setelah keramas saat rambutmu masih setengah kering, atau kamu juga dapat mengaplikasikannya di tengah hari guna mengembalikan kilauan sehat di rambutmu.


Untuk cara pengaplikasian dari hair serum itu sendiri, kamu dapat mengoleskannya dari batang ke akar rambut. Oh ya, hindari pemakaian serum rambut ke kulit kepala, karena hal ini dapat merangsang sebum yang dapat menyebabkan kulit kepala menjadi gatal, serta menimbulkan masalah lainnya seperti ketombe.


Sedangkan untuk hair oil, kamu dapat menggunakannya saat sebelum atau sesudah keramas, maupun di malam hari sebelum tidur sebagai night treatment. Cara pengaplikasiannya, kamu dapat mengoleskan hair oil ke seluruh bagian rambut mulai dari akar hingga ujung rambut untuk memberikan nutrisi secara menyeluruh pada mahkota rambut kamu.


(Salsa Meilivia / AG / Image Dok. Priscilla Du Preez, Kyle Smith, Christin Hume, dan Kelly Sikkema on Unsplash).

0 REACTIONS

Comments

Leave A Comment

POST COMMENT
What are you looking for?
Content of the popup
CLOSE