Better You

Trik Menghindari Alasan Tidak Melakukan Diet

  by: Redaksi       3/2/2012
  • Berat badan melonjak lima kilo? Woops, it's definitely time for a diet. Tapi selalu saja ada excuse untuk tidak memulainya. Anda akan langsung mengarang berbagai alasan—"tiada waktu karena lagi deadline!" kerap menjadi yang paling utama—untuk menunda diet. Well, jika hal itu sering Anda alami, Cosmo akan membagikan beberapa cara untuk mengatasi alasan-alasan tersebut..

    "Badan Saya Belum Terlalu Gemuk Kok"

    Banyak sekali wanita yang merasa baik-baik saja dengan berat badan yang berlebihan. Bahkan dalam salah satu survei di Amerika Serikat, ternyata 25 persen wanita yang mengalami berat badan berlebih mengaku tubuhnya masih berada dalam batas ukuran normal. Hal ini menjadi alasan bagi mereka untuk tidak meneruskan program diet. Padahal, persepsi seperti ini sangat berbahaya lho, karena mendorong Anda untuk menjalani gaya hidup tidak sehat yang bisa mengakibatkan obesitas!



    "Saya Tidak Menyukai Rasa Lapar Ketika Diet"

    Cosmo tidak heran sih bila salah satu alasan Anda membenci diet adalah karena rasa lapar yang sering timbul sebab tuntutan mengonsumsi makanan cair. Well, perasaan lapar sepanjang hari karena kekurangan makanan memang sangat menyebalkan. Namun sebenarnya diet tidak melulu mengharuskan Anda kelaparan kok. Anda bisa lho memilih versi rendah kalori dari makanan yang biasa Anda konsumsi sehari-hari, seperti nasi merah dan menu yang dipanggang (bukan digoreng).

    "Saya Tidak Bisa Menghindari Makanan Favorit"

    Jika Anda merasa tidak bisa hidup tanpa makanan kesukaan Anda, ya kenapa dihindari kalau begitu? Anda tetap bisa kok mengonsumsi cokelat atau ice cream, hanya saja dalam porsi yang lebih sedikit dibandingkan biasanya. Anda juga bisa lho mengambil satu hari dalam seminggu untuk menjadi "cheat day", yaitu satu hari untuk memanjakan lidah sebagai hadiah. Lagipula makanan lezat rasanya akan lebih nikmat bila Anda tidak mengonsumsinya setiap hari, kan?



    "Diet Itu Mahal"

    Seringkali terdapat kesalahpahaman bahwa makanan sehat itu mahal harganya. Namun hal ini terjadi karena pemilihan yang tidak tepat. Masih ada kok alternatif menu diet yang murah, semisal buah-buahan segar. Selain itu, memilih sumber protein yang rendah lemak seperti tempe dan tahu bisa membuat Anda menekan biaya dan malah berhemat.

    "Percuma, Setelah Diet Saya Akan Kembali Gemuk!"

    Jika Anda merasa kalimat di atas cukup familiar, maka itu hanya karena Anda tidak menjaga pola makan setelah berhasil mengecilkan lingkar pinggang. So, ubahlah pola pikir Anda. Carilah pola diet yang bisa Anda terapkan seumur hidup, seperti mengurangi porsi makan serta mengonsumsi jumlah protein yang seimbang, karbohidrat kompleks, dan lemak yang sehat. Dengan begitu, Anda tetap bisa menjaga berat badan dan tetap sehat. (Calvin Hidayat/SL/Image: doc. Google)