Better You

5 Trik untuk Menjaga Berat Badan Pasca Diet

  by: Redaksi       15/2/2012
  • Harus Anda akui bahwa usaha untuk menurunkan berat badan memang tidak pernah mudah. Dibutuhkan dedikasi penuh ketika berolahraga dan menjaga asupan makanan demi mengurangi timbunan lemak. Namun tanpa disadari—setelah kerja keras Anda tersebut berhasil—seringkali banyak kebiasaan buruk pra-diet malah dilakukan kembali. Well, hasilnya membuat berat badan kembali bertambah seperti semula, bahkan membuat Anda tambah gemuk! So ladies, jika Anda tidak ingin mengalami hal seperti itu, berikut beberapa cara yang bisa Anda aplikasikan untuk menjaga berat badan pasca diet.

    Selesaikan Masalah yang Menyebabkan Anda Overeating

    Sangat penting lho untuk mengetahui alasan kenapa Anda bisa makan secara berlebihan. Seringkali keadaan tidak stabil karena stres, bosan atau perasaan sedih menjadi penyebab utama kenapa makan dijadikan sebagai pelarian. So, solusi paling tepat untuk mencegah Anda overeating dalam keadaan emosional adalah mengonsumsi makanan dengan penuh kesadaran.



    Ganti Isi Toples Snack Anda

    Jika Anda termasuk orang yang suka ngemil dan sulit untuk menyingkirkan toples berisi kue-kue manis yang penuh dengan kalori dari meja kerja Anda, maka salah satu trik yang bisa Anda lakukan adalah dengan segera menyingkirkan isi makanan tersebut, dan menggantinya dengan snack yang lebih ramah dengan lingkar pinggang, seperti biskuit gandum atau buah-buahan kering.

    Makan Dalam Porsi Mini Tapi Sering

    Rasa lapar bisa menjadi tantangan terbesar untuk mempertahankan bentuk tubuh ideal yang sudah berhasil Anda miliki. Untuk mengatasinya, coba deh untuk makan lebih sering setiap tiga atau empat jam sekali. Dengan mengubah pola makan, maka metabolisme tubuh pun akan terbantu untuk lebih maksimal, sehingga gula darah tetap terkontrol dan rasa lapar pun bisa terkendalikan.



    Jangan Malas Bergerak

    Salah satu masalah yang paling sering dihadapi setelah berhasil menguruskan badan adalah malas untuk berolahraga lagi. Apalagi bila Anda pekerja kantoran yang memiliki waktu sangat terbatas. Well, jika Anda ingin cara yang gampang untuk menggantikan olahraga, cobalah untuk bergerak sesering mungkin. Berjalan-jalan setelah menyantap dinner bisa menjadi solusi sederhana yang cukup membantu.

    Perbanyak Konsumsi Protein dan Sayuran

    Mulai sekarang, perbanyaklah konsumsi makanaan berprotein tinggi seperti ikan, putih telur, tempe atau tahu, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Protein mampu membantu pembakaran lemak dengan lebih cepat dibanding karbohidrat dan bisa meningkatkan kualitas otot untuk menunjang tubuh ideal Anda. Sedangkan sayuran dan buah akan membantu Anda untuk membuang racun dari tubuh.

    (Calvin Hidayat/SL/Gambar: Dok.Google)