Career

Dibenci Rekan Kerja Karena Kritik

  by: Redaksi       17/2/2012
  • Dear Cosmo,

    Saya sadar benar bahwa saya termasuk ke dalam kategori wanita yang terlalu perfeksionis. Makanya tidak jarang saya mengomentari hasil kerja rekan yang saya rasa memang kurang baik. Tapi saya heran kenapa mereka malah jadi tidak suka dengan saya dan selalu membicarakan hal-hal buruk tentang saya di belakang. Padahal sebenarnya niat awal saya baik supaya hasil kerja mereka menjadi semakin baik ke depannya, namun mereka malah jadi membenci saya. Apa yang harus saya lakukan Cosmo? Apakah saya harus berbohong untuk memuji hasil kerja mereka yang sebenarnya memang tidak baik?

    Thanks
    Vinny, 26 tahun

    Answer:

    Dear Vinny,



    Terkadang memang niat baik diterima dengan tidak baik oleh orang lain. Ada beberapa hal yang perlu Anda ingat saat menyampaikan pendapat atau pun kritik.



    Pertama, apakah rekan atau teman Anda benar meminta pendapat Anda? Terkadang silent is gold. Untuk sesuatu yang bukan urusan Anda, diamkan saja. Banyak di dunia ini yang tidak sesuai kehendak atau mengusik Anda, tapi jangan jadikan semua menjadi urusan Anda sehingga membebankan Anda. Prioritaskan hidup Anda.

    Kedua, jika memang mereka menanyakan pendapat Anda, sampaikan dengan lebih lembut dan hati-hati. Misalnya, "Kalau menurut pendapat saya, hasil kerja Anda/ kamu akan lebih baik jika..." Ingat, tidak ada orang yang senang direndahkan, karena itu dari pada Anda fokus pada kekurangannya atau kelemahannya, lebih baik Anda memberikan masukan yang bisa membuatnya lebih baik.

    Ketiga, apakah benar mereka membenci Anda? Ataukah perasaan Anda sendiri? Jika memang Anda sudah menelaah apa yang Anda perbuat, jika memang Anda merasa terlalu 'pedas' terhadap mereka, tidak ada salahnya meminta maaf. Lalu katakan bahwa Anda berniat baik tapi penyampaian Anda memang salah. Dengan demikian Anda akan dinilai sebagai pribadi yang bukan cuma bisa mengkritik saja, tapi juga bisa menerima kesalahan diri sendiri.

    Berbohong bukanlah hal yang fun dan fearless. Dengan nasihat di atas, pasti Anda menjadi pribadi yang menyenangkan.

    All the best ya, Dear.

    Fira Basuki