Better You

Laugh More and be Healthier

  by: Redaksi       21/2/2012
  • Ingin cara simple untuk lebih sehat? Then start to laugh, yes laugh! Tertawa memang hal sepele dan biasa dilakukan sehari-hari. Setelah tertawa, kita menjadi lebih relaks dan muncul perasaan senang. Ini juga merupakan suatu ungkapan ekspresi ketika suatu hal lucu atau gembira terjadi. Tapi tahukah Anda tertawa punya efek lebih bagi kesehatan? Berikut beberapa dampak positif menarik yang terjadi dalam tubuh ketika Anda tertawa.

    Pernapasan Lebih Sehat

    Ketika tertawa, secara tidak sadar Anda juga menghirup napas lebih dalam. Hal ini mengakibatkan oksigen yang masuk ke dalam paru-paru juga menjadi jauh lebih banyak dibandingkan ketika bernapas biasa. Bagi Anda yang punya penyakit pernapasan seperti asma, terapi tertawa lebih sering juga bisa diterapkan lho.



    Less Stress

    Tertawa menyebabkan beberapa hormon pemicu stres yang diproduksi tubuh berkurang sehingga otomatis Anda akan merasa jauh lebih relaks. Tidak hanya itu, turunnya hormon stres juga berdampak pada meningkatnya imunitas atau daya tahan tubuh.

    Melancarkan Peredaran Darah

    Dengan tertawa, detak jantung Anda berdenyut cepat sehingga aliran darah juga menjadi lebih cepat. Selain itu, peredaran darah menjadi lebih bersih karena pergantian darah kotor menjadi darah bersih berlangsung cepat.



    Mencegah Penyakit

    Diyakini dengan lebih sering tertawa, dapat mencegah berbagai penyakit serius seperti stroke dan gagal jantung. Nah, karena tertawa membuat kondisi tubuh dan mood menjadi lebih tenang. Jadi ucapkan selamat tinggal pada pikiran stres yang menjadi salah satu pemicu utama penyakit tersebut.

    Menurunkan Berat Badan

    Yup Anda tidak salah baca ladies! Tertawa memang bisa membantu untuk melangsingkan badan. Terbukti jika tertawa sebanyak seratus kali dalam sehari, kalori yang terbakar sama dengan bersepeda statis selama 10 menit. So it's actually not that hard, right? (Ika Krisnawardhani/FT/Image: doc. Google)