Better You

Buat Keputusan Tanpa Rasa Sesal

  by: Redaksi       21/2/2012
  • Pasti Anda pernah merasa kesulitan untuk mengambil keputusan, kan? Apalagi bila keputusan itu punya dampak besar dalam hidup. Tanpa ada pertimbangan yang matang, Boom! Tak ada jalan lain untuk memutar keadaan. Untuk itulah Cosmo ada di sini untuk memberi Anda guideline yang berguna supaya tak lagi dilema saat berada di tengah pilihan sulit.

    Jangan Terlalu Terburu-buru

    Jika Anda masih ragu menentukan pilihan, mungkin menunda dan membiarkan berpikir satu malam akan menjadi pilihan yang bijak. Sebuah penelitian menemukan bahwa pikiran bawah sadar bisa membantu Anda menganalisa varian yang ada, dan kemudian membawa Anda pada satu pilihan. Tapi ingat, jika terlalu lama menunda juga punya arti kalau Anda sebenarnya tidak nyaman dengan pilihan yang ada. Sebaiknya mulailah pertimbangkan untuk mencari alternatif pilihan.



    Ada Baiknya Diskusikan dengan Orang Terdekat

    Untuk menemukan solusi yang lebih baik, amat penting untuk mendiskusikannya dengan sahabat, orang tua, atau siapapun yang Anda percaya. Mendengarkan solusi dari sudut pandang berbeda bisa membantu Anda untuk mencari perspektif yang baru. Pikirkan baik-baik kepada siapa saja Anda hendak meminta saran karena semakin beragam opini yang Anda terima malah akan membuat Anda terjebak dalam banyak pilihan.

    Lakukan Dalam Keadaan Relaks

    Tak sedikit yang salah mengambil keputusan karena sedang berada dalam kondisi gugup, stres, hingga emosi. Jadi akan lebih baik untuk menenangkan diri terlebih dahulu seperti menikmati secangkir kopi hangat atau mengikuti kelas yoga misalnya. Jauhkan diri dari pengaruh alkohol. Well, mana mungkin Anda bisa berpikir jernih saat berada di bawah pengaruhnya?



    Pertimbangkan Konsekuensi Jangka Panjang

    Ada beberapa keputusan yang bisa menguntungkan Anda dalam jangka waktu singkat, tapi apabila di jalani ke depannya alih-alih berubah jadi batu sandungan buat Anda. Cari tahu lebih dulu segala kemungkinan yang bisa saja muncul dari keduanya, sehingga paling tidak Anda punya solusi apabila berjalan di luar ekspektasi.

    Ikuti Kata Hati

    Memang ketika Anda membuat keputusan yang simple seperti memilih menu lunch atau menentukan busana apa yang Anda pakai ke kantor, bukanlah perkara besar. Namun, apabila Anda dihadapkan pada pilihan sulit, akan lebih baik bila Anda turut menyertakan kata hati saat mempertimbangkan sisi baik dan buruk. Menuruti pilihan yang membuat hati merasa nyaman akan menghindarkan Anda dari penyesalan yang lebih besar di kemudian hari. (Calvin Hidayat/SW/Image: doc. Google)